Wednesday, October 13, 2010

[ac-i] Bersenang-senang dengan gamelan.

            

            Sekolah Seni Jogja, sebuah lembaga kursus ketrampilan seni di Yogyakarta bekerja sama dengan Nartos Silver mengembangkan sebuah wahana wisata yang unik. Wisata Nggamel, demikian mereka menyebutnya. Wisata ini pada prinsipnya hanya mengajak Anda untuk mengalami bermain musik tradisi ini bersama rekan atau keluarga Anda dipandu oleh para instruktur dari SSJ.

 

            Program ini barangkali tidak menarik bagi warga domestik, namun ternyata justru sangay diminati oleh tamu-tamu dari manca negara. Meski baru saja diluncurkan dan belum banyak respon dari agen-agen perjalanan wisata, namun sampai hari ini telah banyak rombongan wisatawan yang menikmati kegiatan sederhana ini. Tercatat antara lain beberapa keluarga dari Belgia, yang rata-rata terdiri dari 5 orang (ayah ibu dan 3 anak) pernah mencoba dengan sangat antusias. Baru-baru ini juga ada rombongan Friendship Force, sebuah klub pensiuanan dari Australia dan New Zeland. Di susul kemudian beberapa aktivis perempuan yang bertamu ke LSM Rifka Annisa dan dijamu dengan tour wisata Jogja termasuk wisata Nggamel di pendapa Narti's Silver Kotagede ini. Tidak hanya bule. Beberapa rombongan mahasiswa dan perkantoran juga pernah mencicipi program ini. Tecatat rombongan yang paling banyak adalah 40 orang dari KPMG Indonesia, sebuah perusahaan jasa Akuntan Publik di Bekasi.

           

Meski tidak semua orang mampu memainkan gamelan sebagaimana alat musik lain yang lebih populer, tetapi dalam wisata Nggamel ini Anda akan diberikan pengalaman memainkan gamelan dengan menggunakan notasi yang sudah disiapkan. Notasi lagu yang dimainkan biasanya lagu2 dolanan atau hanya pola gendhing yang sederhana seperti gendhing lancaran. Melalui program ini, SSJ dan Narti's Silver berharap masyarakat lebih sadar pada kekayaan budaya sendiri dan terbangun untuk mengembangkannya ke depan.


http://sekolahsenijogja.blogspot.com/2010/10/bersenang-senang-dengan-gamelan.html 


SEKOLAH SENI YOGYAKARTA
Acting | Sulap | Gamelan | Tembang Jawa | MC Jawa | Skenario Film | Buku Non Fiksi | Biola | Gitar Elektrik.
http://sekolahsenijogja.blogspot.com

Sindikat Daya Guyub
http://dgprojogja.blogspot.com
http://www.Jali.Tokopedia.com
http://teatergmt.blogspot.com
http://paguyubanslenk.blogspot.com
http://jogjateater.blogspot.com

No comments:

Post a Comment