Sunday, October 10, 2010

Re: [ac-i] Kuliah Umum Dato' Seri Anwar Ibrahim di Festival Salihara

 

tks ats undanganx. saya sdg di sumut. cu salihara sukses selalu.

--- On Thu, 10/7/10, Melan Fitri <melunney@ymail.com> wrote:

From: Melan Fitri <melunney@ymail.com>
Subject: [ac-i] Kuliah Umum Dato' Seri Anwar Ibrahim di Festival Salihara
To:
Date: Thursday, October 7, 2010, 8:26 AM

 

Tema ini bukan hanya berangkat dari pengalaman pribadi Anwar Ibrahim sebagai politisi yang mengalami ancaman terus-menerus, terutama dari lawan-lawan politiknya, tetapi juga menyoal hakikat kebebasan secara umum. Bahwa di alam demokrasi, kebebasan individu adalah prasyarat utama yang mesti dipenuhi sebelum menuju kepada negara yang demokratis. Seseorang mesti dijamin untuk menjalankan hak-haknya, misalnya kebebasan berpendapat dan beragama, tanpa ada hambatan dari pemerintah dan individu lain—tapi di saat yang sama ia juga tidak boleh mengancam kebebasan orang lain. Ancaman terhadap kebebasan individu adalah juga ancaman terhadap demokrasi.

Tetapi, demokrasi yang notabene adalah masalah tersendiri dalam masyarakat Melayu yang identik dengan Islam. Demokrasi dicap sebagai hasil kebudayaan Barat, anti-Islam, sementara tamadun Melayu dan Islam mempunyai mekanisme sendiri dalam mengatur hubungan masyarakat dan negara. Dalam konteks ini, Anwar akan menguraikan kekuatan-kekuatan apa saja yang bisa diidentifikasikan sebagai musuh kebebasan dan ancaman terhadap demokrasi. Apakah itu konservatisme beragama, rekayasa pengadilan, pemberangusan pers, dan banyak lagi yang lainnya.

Anwar Ibrahim adalah pemimpin oposisi Malaysia. Ia lahir pada 10 Agustus 1947(1947-08-10) di Cherok Tok Kun, Penang, Malaysia. Karier politiknya yang tertinggi adalah sebagai Wakil Perdana Menteri Malaysia (1993-1998), dan sempat disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Mahathir Mohamad. Tapi kemudian ia menjadi pengecam keras rezim Mahathir. Pada 1999 ia dihukum enam tahun penjara atas kasus korupsi dan setahun kemudian ia dihukum sembilan tahun penjara tersebab kasus sodomi. Tetapi pada 2004 Pengadilan Federal membebaskannya. Pada Juli 2008 ia kembali dirundung kasus sodomi. Ia kemudian kembali ke Parlemen sebagai pemimpin oposisi Malaysia setelah menang telak di Permatang Pauh pada Pemilu 2008. Ia adalah Penasihat Partai Keadilan Rakyat yang diketuai istrinya, Wan Azizah Wan Ismail.

Ceramah bertajuk "Kebebasan dan Musuh-musuhnya" oleh Dato' Seri Anwar Ibrahim (Malaysia) ini akan diselenggarakan di Galeri Salihara, Senin, 11 Oktober 2010, 20:00 WIB. Terbuka untuk umum, dan gratis. Tempat terbatas, pendaftaran paling lambat 10 Oktober 2010 pukul 17:00 melalui dita.salihara@gmail.com atau 0812-8184-5500.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi melan@salihara.org atau dita@salihara.org. Buku program Festival Salihara 2010 bisa diunduh di www.salihara.org.

Sampai bertemu di Komunitas Salihara!

Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Tel: 021-789-1202.

(Parkir terbatas, kami melayani pemesanan taksi di tempat.)


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment