Sunday, October 17, 2010

[ac-i] Ceramah Harry Poeze hari ini di Salihara

 

Ceramah Harry A. Poeze
Tan Malaka: Petualangannya Antara Fakta dan Fiksi
Senin, 18 Oktober 2010, 16:00 WIB
Serambi Salihara
Terbuka untuk umum & gratis

Tan Malaka atau Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka adalah sosok pejuang kemerdekaan Indonesia yang militan, radikal, dan revolusioner. Selama hidupnya dia pernah aktif di Partai Komunis Indonesia dan menjabat wakil Komintern di Asia yang berkedudukan di Canton. Ia bukan hanya pengecam yang keras untuk pemerintah kolonial Belanda, tetapi juga pemerintahan Soekarno-Hatta. Meski seorang komunis ia tidak sepenuhnya cocok dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).  Ia pernah mendirikan Partai Republik Indonesia (PARI) dan Partai Murba.

Tan Malaka ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 53/28 Maret 1963. Meskipun begitu, selalu ada yang misterius dalam hidupnya. Sebagaimana kata-katanya, "Bergelap-gelaplah dalam terang, dan berterang-teranglah dalam gelap." Detik-detik kematiannya tetaplah sebuah misteri. Setidaknya ada lima versi kematian Tan Malaka. Sejarahwan Belanda Harry A. Poeze meyakini bahwa Tan Malaka ditembak mati pada 21 Februari 1949 atas perintah Letda Soekotjo dari Batalyon Sikatan, Divisi Brawijaya. Mayatnya kemudian dikuburkan di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kediri, Jawa Timur. Pada 12 September tahun silam, atas petunjuk Poeze, makam yang diduga sebagai tempat peristirahatan Tan Malaka itu dibongkar oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Dalam ceramah ini, Harry A. Poeze selain akan memberikan hasil-hasil penelitiannya yang terbaru tentang Tan Malaka, ia akan menunjukkan beberapa foto dan film, serta rekaman komposisi orang Belanda, Peter Schat, yang diinspirasi oleh Tan Malaka.

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment