Monday, October 25, 2010

[ac-i] “Pentas Ilmu di Ranah Budaya”

Undangan Peliputan & Siaran Pers

Peluncuran & Bedah Buku: Pentas Ilmu di Ranah Budaya

Sabtu, 30 Oktober 2010

Sejumlah penulis menorehkan untaian-untaian karya yang dipersembahkan khusus bagi Prof. Dr. Edi Sedyawati dan dikompilasi ke dalam buku berjudul "Pentas Ilmu di Ranah Budaya". Buku ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dan kecintaan yang mengalir dari kalangan arkeolog, geolog, sejarawan, seniman, budayawan, murid, rekan dan kolega kepada Prof. Dr. Edi Sedyawati, seorang tokoh yang gigih memperjuangkan kemajuan kebudayaan Indonesia.

Edi Sedyawati, adalah salah satu budayawan Indonesia, yang sejak tahun 1961 sudah ikut memperkuat misi kesenian Indonesia ke berbagai negara. Ia juga seorang penari dan pengamat tari klasik Jawa. Ia mencapai gelar doktor melalui lima tahun penelitian yang disajikan dalam disertasi berjudul "Pengarcaan Ganesha Masa Kadiri dan Singhasari: Sebuah Tinjauan Sejarah Kesenian". Sebuah disertasi yang hampir tanpa cela, demikian dikatakan Prof. Dr. R. Soekmono, arkeolog sepuh UI. Atas disertasinya ini, Edi Sedyawati dinyatakan lulus dengan yudisium magna cum laude.

Saat menjabat sebagai Direktur Jenderal Kebudayaan, Edi Sedyawati mampu mengekspresikan kecintaannya terhadap kesenian dan kebudayaan melalui terobosan kebijakan dan program kerja, di antaranya penyelenggaraan Art Summit, sebuah agenda seni budaya dengan skala internasional, pembentukan sistem kebudayaan terpadu hingga penyusunan draft RUU Kebudayaan.

Kini, di usianya yang ke 72, Edi Sedyawati tetap enerjik dan gigih dalam konsistensi kemajuan kebudayaan. Ia pun sempat memperjuangkan jabatan Penilik Kebudayaan, sebuah jabatan bagi mereka yang bertugas mendata dan melaporkan  perkembangan serta temuan-temuan baru di sebuah daerah. Edi Sedyawati ingin jabatan ini tidak dihapuskan, mengingat pentingnya riset di dalam perkembangan budaya di setiap daerah. Dalam upaya memperjuangkan jabatan itu, ia mengadakan pelatihan guna memberi substansi pengetahuan tentang benda-benda budaya kepada para peserta pelatihan, termasuk memberikan tambahan kemampuan kebahasaaan kepada para peserta yang masih kurang di bidang ini. Upaya ini ia lakukan sampai ke tingkat Bappenas, namun jabatan Penilik Kebudayaan masih tetap dinilai tidak diperlukan lagi oleh pemerintah.

Apresiasi yang tertuang dalam Buku "Pentas Ilmu di Ranah Budaya" ini, akan diluncurkan dan dibedah oleh Prof. Dr. Mundardjito dan Dr. Seno Gumira Aji Darma pada Jam 10.00 – 14 WIB, Hari Sabtu, 30 Oktober 2010 di Galeri Nasional, Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta Pusat.

Pada acara peluncuran dan bedah buku tersebut, beberapa kegiatan seni di antaranya Pentas Tari dan Pameran Koleksi Seni Rupa dan Arsitektur juga akan digelar.

Konfirmasi kehadiran rekan-rekan Pers dan informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat menghubungi:

Yuke Ardhiati
Hp. 0811 800 075, dan email: yuke_ardhiati@yahoo.com

Tri Wurjani
Hp. 0815 8665 8280, dan email: demplon1@yahoo.com

Salam,
Indiah Sari Kasmadi
M: 0813-8566-9951
M: 0819-3215-0579
E: namasayaindi@yahoo.com
E: indiahsari.kasmadi@gmail.com

CEO - PT SMART IDEA
JAKARTA
Sent from my BlackBerry® smartphone

------------------------------------

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/artculture-indonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/artculture-indonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
artculture-indonesia-digest@yahoogroups.com
artculture-indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
artculture-indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

No comments:

Post a Comment