Thursday, August 26, 2010

[ac-i] SIARAN PERS: Ceramah Budaya ‘Bledhek Sigar’

 

Kelompok Musikalisasi Puisi 'Bledhek Sigar' dijadwalkan akan memberi ceramah kebudayaan di hadapan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair), di Kampus B, Jl. Darmawangsa Dalam Surabaya pada hari Sabtu, 28 Agustus 2010, pukul 09.00 pagi. 'Bledhek Sigar' dipastikan akan memberikan ceramah kebudayaan dengan caranya sendiri seperti yang biasanya dulu pernah dilakukan.

Adapun Kelompok Musikalisasi Puisi 'Bledhek Sigar' terdiri dari formasi inti Zainuri, Syaiful 'Ipung' Arif dan Hanif Nashrullah. Mereka menyenandungkan syair-syair karya sendiri yang dirasa belum jadi untuk disebut sebagai sebuah puisi. Dalam perjalanannya, sejak terbentuk di akhir 1990-an, Bledhek Sigar pernah menyosialisasikan perlunya bacaan sastra bagi siswa-siswi dengan tampil mengisi jam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sedikitnya 22 SMA se- Surabaya pada tahun 2004 - 2006. Upayanya ini sempat dicekal oleh Kepala Diknas Kota Surabaya karena dianggap melanggar otoritas guru.

Namun sejak itu Bledhek Sigar justru sering diundang di berbagai kampus untuk semacam menjadi dosen tamu dengan cara "genjrang-genjreng" di hadapan mahasiswa, seperti di jurusan Antropologi FISIP Unair, jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya, jurusan Syariah IAIN Sunan Ampel, jurusan Teknik Matematika ITS, serta masih banyak lagi.

Begitulah Dekan FIB Unair, Dr. Aribowo, MA, tampaknya merasa perlu kembali memanggil Kelompok Musikalisasi Puisi 'Bledhek Sigar' untuk menggembleng mahawasiswa barunya dengan memberi wawasan budaya ala Bledhek Sigar. Demikian akhirnya bersama ini sekaligus Kami juga mengundang rekan-rekan jurnalis, pemerhati atau pengamat yang berkompeten di bidang ini untuk turut hadir menyemangati mahasiswa baru FIB Unair.

 

 

Surabaya, 26 Agustus 2010

 

Hormat Kami,

a/n Kelompok Musikalisasi Puisi 'Bledhek Sigar'

Hanif Nashrullah


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment