Tuesday, August 11, 2009

[ac-i] JALAN REMAJA 1208: Sekolah Kehidupanku @ Kineforum Agustus '09

 

Jalan Remaja 1208 adalah sebuah program refleksi yang dibuat oleh Yayasan Kampung Halaman, untuk Hari Remaja Internasional, yang jatuh pada tanggal 12 Agustus. Jalan Remaja 1208 dibuat untuk menyuarakan sikap dan cara pandang remaja Indonesia ke publik yang lebih luas, melalui media berbasis komunitas yang mereka produksi selama program Jalan Remaja 1208. Program yang akan diselenggarakan tiap tahunnya ini diharapkan dapat mengangkat sejumlah persoalan yang dihadapi oleh remaja Indonesia. Selain itu, karya-karya yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi cerminan bagi khalayak umum akan kondisi dan perkembangan remaja Indonesia setiap tahunnya.

Tahun ini, Jalan Remaja 1208 memilih tema Sekolah Kehidupanku. Sebuah tawaran, jalan baru bagi remaja Indonesia untuk memaknai arti sekolah dan belajar yang lebih luas dari sistem pendidikan formal. Menjadikan kehidupan diluar sekolah sebagai sekolahan yang sesungguhnya. Dalam Sekolah Kehidupanku, remaja didorong untuk mengalami bukan hanya mempelajari. Belajar menganalisa persoalan dari pengalaman keseharian yang sangat lokal di komunitas, untuk kemudian menelusurinya sampai pada konteks yang lebih luas. Dengan itu diharapkan mereka dapat memahami posisi dirinya di tengah komunitas lokal, Indonesia dan dunia Internasional.
Selain mengalami, Jalan Remaja 1208 juga mengajak remaja untuk belajar mendengarkan orang lain dan membangun argumen melalui video komunitas yang mereka produksi. Argumen yang terbangun lewat fakta yang mereka benar-benar alami, yang mampu membuat remaja memiliki sikap (kepercayaan diri) tentang persoalan yang mereka hadapi di komunitas.
Jalan Remaja 1208: Sekolah Kehidupanku dibuat sebagai ruang alternatif untuk seluruh remaja Indonesia dimanapun mereka berada. Khususnya untuk mereka yang selama ini tidak banyak memiliki pilihan untuk menyampaikan pendapat dan sikapnya sebagai remaja di komunitas tempat tinggalnya.

Jadwal Pemutaran :
Kineforum, 12 Agustus 2009
Jam: 16.00 – selesai
info : http://kineforum.wordpress.com/2009/08/11/jalan_remaja_1208/

Info Hubungi:
Atinna Rizqiana
Yayasan Kampung Halaman
Jl. Bausasran DN III No 594, Yogyakarta 55211
T: 0274 7478602
F: 0274 561310
E: mail@kampunghalaman.org
W: www.kampunghalaman.org

Jalan Remaja 1208: Sekolah Kehidupanku
www.jalanremaja1208.org

 

Kineforum

"nonton film-film dari seluruh dunia setiap harinya"

21 TIM, Studio 1

Jln Cikini Raya No 73 -Kompleks Taman Ismail Marzuki-

phone : (021) 316 27 80 / 398 99 634

www.kineforum. wordpress. com

add our facebook & multiply : kineforumdkj@ yahoo.co. id



Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi!
Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment