Tuesday, March 30, 2010

[ac-i] Menyimak Musik bersama Slamet Abdul Sjukur di Salihara

 

Menyimak Musik bersama Slamet Abdul Sjukur di Salihara

Melanjutkan Forum Menyimak Musik Klasik-Kontemporer (FM Klakon) bulan Maret 2010, Komunitas Salihara menggelar Forum Menyimak Musik Klasik-Kontemporer (FM Klakon) Bagian Kedua setiap hari Sabtu di bulan April 2010 ini. Narasumber bulan ini adalah Slamet Abdul Sjukur seorang komposer dan pengajar musik ternama di Indonesia. Anda yang tertarik, silakan daftarkan diri anda. Program ini terbuka untuk umum dan gratis.

FORUM MUSIK / MUSIC FORUM
Menyimak Musik Klasik hingga Kontemporer (FM KlaKon) Bagian II

Fasilitator: Slamet Abdul Sjukur
Serambi Salihara
Terbuka untuk umum

Pendaftaran selambatnya 02 April 2010, melalui dita.salihara@gmail.com

Sabtu, 3 April 2010, 16:00 WIB
Memperkenalkan Berbagai Instrumen Musik (1):
Peter and the Wolf – Sergei Prokofiev

Sabtu, 10 April 2010, 16:00 WIB
Memperkenalkan Berbagai Instrumen Musik (2):
Carnaval des animaux – Camille Saint-Saens

Sabtu, 17 April 2010, 16:00 WIB
Memperkenalkan Berbagai Instrumen Musik (3, tamat):
Young Person's Guide to the Orchestra – Benjamin Britten

Sabtu, 24 April 2010, 16:00 WIB
Musik Panjang yang Tidak Membosankan dan Mudah Diingat:
Bolero – Maurice Ravel

Anda tak perlu pintar memasak atau menjadi ahli gizi untuk menikmati makanan. Begitu pula untuk meresapi musik, tidak ada yang mengharuskan anda mesti tahu teorinya. Kalau anda punya minat, itu sudah cukup. Itulah awal segalanya. Jika analogi dunia makanan itu diteruskan: dengan lidah masing-masing, anda tentu akan tahu bedanya "rendang" dari "gudeg", sampai akhirnya bisa merasakan soto "yang enak" dan soto "yang kurang pas". Anda bisa belajar banyak dari "mendengarkan" pengalaman. Mendengarkan dengan "rasa" dan ingin tahu. Dalam astronomi, Carl Sagan dan Stephen Hawking bisa membuat masyarakat awam ikut tertarik pada misteri benda-benda langit, dan Bill Bryson dengan bahasanya yang sederhana bisa membuat kita sadar sebagai bagian sejarah kehidupan. Maka Slamet Abdul Sjukur (komponis dan "guru asongan"—menurut istilah yang ia ciptakan sendiri), lewat serangkaian kuliah dalam FM KlaKon (Bagian II) di setiap hari Sabtu (16:00 WIB) bulan April ini, akan membangkitkan minat kita pada musik yang luput dari perhatian budaya kasat-mata dan budaya omong.

Slamet Abdul Sjukur lahir tahun 1935 di Surabaya. Studi musik di Conservatoire National Supérieur de Musique de Paris in 1962–1963 di bawah bimbingan Olivier Messiaen dan Madame de Chambure dan di École Normale de Musique de Paris from 1962–1967. Dan pernah belajar singkat kepada Pierre Schaeffer dan grupnya Groupe de Recherches Musicales Paris 1968. Ia mengajar di Institut Kesenian Jakarta 1976-1987. Dan sejak tahun 2000 menjadi guru besar di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta.

Program ini disponsori oleh Hivos.

http://www.facebook.com/event.php?eid=101975003171411


Lebih bergaul dan terhubung dengan lebih baik.
Tambah lebih banyak teman ke Yahoo! Messenger sekarang!

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Do More for Dogs Group. Connect with other dog owners who do more.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment