Wednesday, March 10, 2010

[ac-i] Mitologi dan Lukisan

 

Artikel baru di http://indonesiaartnews.or.id/

Mitologi dan LukisAN


Salah satu masa dalam sejarah dunia yang dipandang sebagai abad besar umat manusia adalah zaman Yunani purba. Zaman ini dimulai kira-kira tahun 2000 Sebelum Masehi. Ibukota Yunani sekarang bernama Athena. Nama ini berasal dari dewi Pallas Athena, konon pada awalnya ibukota Yunani belum mempunyai nama. Pada saat itulah Pallas Athena berlomba dengan Poseidon untuk memberi nama dan menjadi pelindung kota tersebut. Syaratnya, barang siapa dapat memberikan hadiah yang paling berguna kepada kota tersebut akan dipilih menjadi pemenang.

 

Kebudayaan Mesopotamia (Irak), Mesir, atau Cina dianggap sudah demikian tinggi, tetapi kebudayaan Yunani purba memiliki kelebihan, yaitu adanya gambaran pribadi atau wajah seseorang dalam bentuk patung. Puluhan ribu keping artefak arkeologi dari berbagai situs, umumnya menggambarkan seorang tokoh terkenal pada masa itu. Karena menonjolkan tokoh, maka sejarah kuno Yunani mengandung segi kemanusiaan yang abadi. Hal ini sangat menguntungkan para peneliti masa lampau yang hidup ribuan tahun kemudian.


Simak selengkapnya di http://indonesiaartnews.or.id/


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment