Wednesday, September 8, 2010

[ac-i] Ikan di meja makan saat lebaran

 

Saat lebaran, kita dalam sekejap bosan memakan daging rendang atau opor ayam. Bahkan ketupat cepat sekali basi. Lalu kita merindukan ikan asin dan sambal terasi. Oh, betapa lezat ikan di saat lebaran. Tapi, pernahkah kita berpikir, siapa gerangan yang menanam ikan di lautan? Pernah suatu hari di pelabuhan rakyat Pare-pare, Sulawesi, saya berdiskusi dengan seorang nelayan. Dia bilang, negeri kita banyak lautnya. Ikan disediakan oleh allah SWT. Tidak ada yang menanam. Tapi, kenapa kita lupa bersyukur? Kenapa kita tidak mendukung nelayan, yang setiap hari berjasa menyebabkan kita nikmat menyantap lezatnya ikan di meja makan? Nelayan di negeri ini tak ubahnya seperti petani. Mereka kadang tidak senikmat kita menyantap hidangan di meja makan.

 

Maka, sebelum kita bersenang-senang makan ketupat di saat lebaran dan berharap rezeki berlipat setelah lebaran, mari sama-sama membaca sajak yang saya tulis pada tahun 2008:

 

ketika kecil emak mengajak makan
di meja makan terhidang nasi ikan
saking semangat lupa berkah doa makan
tandas sudah tinggal tulang ikan

 

ikan dihidang di meja makan
tak tahu jalan datang ikan
emak ngingatkan asal mula ikan
dari laut hingga meja makan

 

tak tau asal mula ikan
perut lapar langsung makan
lambung kembung rakus makan
tak tau siapa menanam ikan

 

ke laut nelayan lupa makan
ke laut nelayan cari ikan
ke laut nelayan tak dapat makan
ke laut nelayan tak makan ikan

: hey, buat siapa ikan di meja makan?

***

 

Akhir kalam, saya, istri (Tias Tatanka) dan keempat anak kami; Bella (12), Abi (11), Odie (6), Kaka (5) mengucapkan: "Selamat Lebaran, Makan Ketupat, Semoga Rezeki Berlipat. Mohon dimaafkan, karena kami sering bikin onar lewat olahan kata di setia e-mail. Terima kasih tak terhingga atas partisipasi teman-teman pada Rumah Dunia serta supportnya pada Penerbit Gong Publishing. Semoga setelah lebaran kita semakin memahami arti hidup ini. "

 

Kepada yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, semoga Allah memberikan kesehatan, keselamatan dan dimudahkan selama dalam perjalanan. Insya Allah.

 

Wass

Gol A Gong dan keluarga

 


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment