Wednesday, September 1, 2010

[ac-i] Seri Kuliah Ramadhan Salihara: Soekarno dan Islam



Epic - Soekarno & Islam.jpg

Pembicara: Dewi Candraningrum





Setelah sukses dengan "Voltaire dan Islam" dan "Goethe dan Islam", Seri terakhir dari Kuliah Ramadhan Salihara digelar dengan tema "Soekarno dan Islam".

Soekarno (1901–1970), salah seorang pendiri dan proklamator kemerdekaan Indonesia, memiliki pandangan-pandangan khas tentang Islam. Ia mencoba mencari "api Islam" dan membedakannya dari "Islam Sontoloyo", menggali ajaran-ajaran keislaman yang pro-kemajuan dan memperkuat kebangsaan. Yang lebih penting lagi, Soekarno mencoba mengurai hubungan antara Islam dan Negara; ia membaca pengalaman sekularisme Turki di bawah Mustafa Kemal Attaturk, dan munculnya Wahabi di Kerajaan Saudi Arabia. Ia memiliki pandangan yang tegas terhadap kebebasan beragama, dari isu Ahmadiyah hingga larangan pemaksaan atas nama agama.

Kuliah yang membahas tentang Islam dari sudut pandang Soekarno dengan pembicara Goenawan Mohamad ini akan digelar di Teater Salihara pada hari Sabtu, 4 September 2010 pada pukul 19.00 WIB. Sebelum kuliah, akan disediakan hidangan buka puasa. Untuk mendaftar, silakan hubungi Sdri. Dita di no 0812-8184-5500 atau melalui email di dita@salihara.org.

Berikut adalah jadwal rangkaian Seri Kuliah Ramadhan Salihara:

Sabtu, 21 Agustus 2010, 19:00 WIB
VOLTAIRE DAN ISLAM
Pembicara: Ida Sundari Husen

Sabtu, 28 Agustus 2010, 19:00 WIB

GOETHE DAN ISLAM

Pembicara: Dewi Candraningrum


Sabtu, 4 September 2010, 19:00 WIB

SOEKARNO DAN ISLAM

Pembicara: Goenawan Mohamad


Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program Komunitas Salihara lainnya, maupun permintaan peta lokasi Komunitas Salihara, silakan hubungi melan@salihara.org atau dita@salihara.org.


Sampai bertemu di Komunitas Salihara!


Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Tel: 021-789-1202.


(Parkir terbatas, kami melayani pemesanan taksi di tempat.)



No comments:

Post a Comment