Friday, September 25, 2009

[ac-i] [IndonesiaMembaca] Diskusi "Travel Writing" bersama Hari Kunzru dan Mula Harahap

 

Forum Indonesia Membaca bekerja sama dengan British Council Indonesia, Museum Mandiri dan Toko Buku Aksara menyelenggarakan diskusi "TRAVEL WRITING" bersama Hari Kunzru dan Mula Harahap pada:

Hari/tanggal : Rabu, 30 September 2009
Waktu : 09.30 – 11.30 WIB
Tempat : R. Audio Visual Museum Mandiri Lt. Dasar
Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Kota
(seberang halte transjakarta dan stasiun KA Kota)
Acara ini GRATIS!!! Tersedia doorprize menarik.

Siapakah Hari Kunzru? Kenapa seru mendiskusikan Travel Writing bersamanya? Bagaimana pula tehnik penulisan maupun karakteristik dari artikel perjalanan?

Hari Mohan Nath Kunzru (terlahir di tahun 1969) adalah novelis dan jurnalis asal Inggris, pengarang novel The Impressionist, Transmission and My Revolutions yang telah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa. Hari yang dibesarkan di Essex, merupakan keturunan Inggris dan Kashmir Pandit. Hari menyelesaikan pendidikannya di Bancroft's School, Essex kemudian mempelajari sastra Inggris di Wadham College Oxford lalu memperoleh gelar MA di bidang filosofi dan sastra dari University of Warwick. Saat ini Hari menetap di New York.

Pada tahun 1995 - 1997 Hari bekerja di majalah Wired UK. Sejak tahun 1998 bekerja sebagai travel journalist, dimana hasil liputannya diterbitkan oleh sejumlah surat kabar seperti The Guardian and The Daily Telegraph serta sebagai travel correspondent untuk majalah Time Out dan presenter TV yang mewawancarai banyak artis untuk program seni dan budaya The Lounge di Sky TV. Tak heran pada tahun 1999 dia dinobatkan sebagai The Observer Young Travel Writer of the Year. Salah satu tulisan perjalanannya "It's raining in Honduras" yang diterbitkan oleh The Observer bisa disimak di tautan www.harikunzru.com

Travel writing adalah cabang penulisan yang mencatatkan banyak aspek tentang perjalanan. Umumnya merupakan perpaduan antara reportase, catatan harian dan penyediaan informasi untuk pelancong. Travel writing sering kali diasosiasikan dengan turisme walaupun banyak juga pekerjaan lain yang juga membuatnya seperti misionaris, penjelajah, ilmuwan, peziarah maupun pengungsi.
Kini, travel writing bukan sekedar artikel yang terpampang di kolom perjalanan dalam majalah dan koran maupun esai yang tercantum di antologi, website travel maupun memoir. Mau tahu lebih jauh simak pula obrolan Mula Harahap mengenai hal tersebut.
Mula Harahap memulai karir dengan menulis cerita untuk anak-anak di majalah "Kawanku." Selama 13 tahun menjadi editor penerbit BPK Gunung Mulia dimana terjemahan seri perjalanan Laura Ingalls Wilder merupakan salah satu materi yang harus dieditnya. Lalu mendirikan penerbit buku sendiri yaitu "Komindo Mitra Utama," sekaligus aktif menjadi Sekertaris IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) sejak tahun 1988 sampai 2006. Simak salah satu catatan perjalanannya "Dari Merak ke Bakaheuni" dalam blog http://mulaharahap.wordpress.com.

Informasi selanjutnya hubungi:
library@batavia - Forum Indonesia Membaca
Museum Mandiri Lt. 1
Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Kota
Email: indonesiamembaca@yahoo.com
Tlp: 021-70030093/6
www.indonesiamembaca.wordpress.com
www.indonesiamembaca.multiply.com

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Groups

Auto Enthusiast Zone

Auto Enthusiast Zone

Car groups and more!

Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment