Sunday, September 13, 2009

Re: [ac-i] Fw: [budaya_tionghua] Batik Indonesia Jadi Warisan Budaya Dunia

 

setuju....
mari kita galakkan pemakaian batik setiap hari jum'at baik itu untuk SD, SMP, SMA, dan PT, juga pegawai lainnya.
karena pengembangan batik bila tidak digalakkan oleh pemerintah masyarakat kita susah, oleh karena itu himbauan dari pemerintah sebagi penting.
dan kita sebagai warga INDONESIA wajib melestarikan budaya bangsa...
ingat kalau bukan kita siapa generasi penerus bangsa yang akan menjadi tongkat estafet pengembangan seni, budaya, sejarah dan warisan lainnya untuk diteruskan kepada generasi penerus kita.......
sekian dan terima kasih.

--- On Tue, 9/8/09, indriasamego@yahoo.com <indriasamego@yahoo.com> wrote:

From: indriasamego@yahoo.com <indriasamego@yahoo.com>
Subject: Re: [ac-i] Fw: [budaya_tionghua] Batik Indonesia Jadi Warisan Budaya Dunia
To: artculture-indonesia@yahoogroups.com
Date: Tuesday, September 8, 2009, 9:11 PM

 

Rasanya pas sekali ide untuk mengenakan batik secara nasional pada 1 oktober nanti. Lebih baik lagi kalau batik tulis yang dikenakan, sambil membantu para pengrajin batik yang umumnya berpenghasilan rendah. Indria samego

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: "::KaNia::" <d_kencanawati@ yahoo.com>
Date: Mon, 7 Sep 2009 19:42:14 -0700 (PDT)
To: FF<femina-friends@ yahoogroups. com>; HW<hanyawanita@ yahoogroups. com>; <artculture-indonesi a@yahoogroups. com>; BiZMart<bisnis-smart@ yahoogroups. com>; <elshintagroup@ yahoogroups. com>; FC<food_combining_ indonesia@ yahoogroups. com>; <Perkebunan@yahoogro ups.com>; <tourismindonesia@ yahoogroups. com>
Subject: [ac-i] Fw: [budaya_tionghua] Batik Indonesia Jadi Warisan Budaya Dunia

 


 

Berita Gembira Buat Bangsa INDONESIA

Batik memang identik dengan Indonesia, tetapi bukan berarti negara lain tidak bisa memproduksinya. Negara tetangga kita, seperti Malaysia, Singapura, bahkan China juga memproduksi batik dengan motif yang cukup beragam. Hal itu ternyata tidak membuat pengakuan dunia internasional terkait batik Indonesia memudar.

Buktinya, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) , akan mengukuhkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Pengukuhan tersebut akan secara resmi dilakukan pada 2 oktober 2009 mendatang di Prancis.

Untuk jenis batik yang akan dikukuhkan sebagai World Heritage adalah batik tulis dan bukan batik printing. Hal itu karena jenis batik printing juga diproduksi di beberapa negara lain. Batik tulis memang hanya diproduksi di Indonesia.

Pembuatannya yang dilakukan secara manual menggunakan canting serta proses pewarnaan yang memakan waktu cukup lama, membuat corak dan kualitas batik tulis sangat istimewa. Harganya juga lebih tinggi dibandingkan dengan batik yang di cetak atau printing. Untuk membuat batik tulis juga membutuhkan keahlian khusus karena tingkat kesulitan pembuatannya yang cukup tinggi.

Untuk jenis corak batik tulis, ada juga beberapa yang hanya diperuntukkan untuk kalangan kerajaan Jawa dan tidak bisa dibuat oleh orang sembarangan. Hal itu terkait filosofi dan status sosial dari si pemakai. Batik bagi masyarakat Jawa, memang bukan hanya sebuah kain bercorak, tetapi juga penggambaran filosofi kehidupan dan warisan budaya leluhur yang harus dijaga.

Untuk mendukung pengukuhan batik tulis Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage), mari kita memakai batik pada 2 Oktober mendatang. Tunjukkan rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki warisan budaya yang luar biasa yaitu batik tulis.

.



Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail. com.

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment