Thursday, September 24, 2009

[ac-i] Pameran Foto & Peluncuran Buku "Lintasan Saujana Jiwa" (Soulscape Road) karya OSCAR MOTULOH


Oktober 2009 - Oscar Motuloh.jpg


Ketika banyak fotografer menampilkan suasana bencana atau pasca-bencana dengan konfigurasi mentah, klise, dan harfiah, Oscar Motuloh merekam obyek-obyek sepele namun sarat dengan jejak batin manusiawi yang menyentuh, benturan simbolik ganjil yang dapat membuat orang meneteskan airmata sambil tertawa, atau justru konfigurasi konyol yang menyiratkan parodi getir. Pada foto-fotonya perihal bencana tsunami Aceh atau lumpur Lapindo di Jawa Timur, misalnya, pembenturan tak lazim antara obyek-obyek di sana menyeret kita pada berbagai perenungan dan asosiasi tak terduga—pada pemahaman baru akan realitas. Karya Oscar Motuloh memang menyeret segala benda dan peristiwa kembali ke arah misteri jiwa, semacam ziarah untuk melacak konstelasi tersembunyi dinamika batin manusia.

Oscar Motuloh adalah pewarta foto, fotografer dan kurator fotografi. Saat ini ia memimpin Kantor Berita Foto Antara,  juga Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara. Ikut mendirikan Pewarta Foto Indonesia. Ia mengajar pada Fakultas Film dan Televisi di Institut Kesenian Jakarta, dan dosen terbang di sejumlah perguruan tinggi di tanah air. Ia telah menyelenggarakan beberapa pameran dan lokakarya fotografi serta menerbitkan sejumlah buku fotografi. Oscar juga giat sebagai juri di sejumlah lomba fotografi dan kurator fotografi, di dalam dan di luar negeri.

Pameran tunggal fotografi Lintasan Saujana Jiwa karya Oscar Motuloh ini akan berlangsung sejak tanggal 03 hingga 09 Oktober 2009, tiap pukul 10:00 - 19:00 WIB di Galeri Salihara. Terbuka untuk umum dan gratis.

Acara pembukaan pameran, serta peluncuran buku Soulscape Road, akan diadakan pada hari Jumat, 02 Oktober 2009, pukul 19:00 WIB di Kafe Atap Salihara. Dibuka oleh Goenawan Mohamad, acara ini akan dimeriahkan oleh Nyak 'Ubiet' Ina Raseuki. Jangan lewatkan juga after party gig oleh BLUESCOLLAR: Gugun & Blues Shelter. Terbuka untuk umum, dan gratis. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Ipiet di 0856-4999-0204 atau galeri.salihara@gmail.com, atau kunjungi www.salihara.org atau www.soulscaperoad.com.


Sampai bertemu di Komunitas Salihara!

Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Tel: 021-789-1202.

(Apabila membutuhkan peta lokasi Komunitas Salihara, silakan hubungi Melan di melan.salihara@gmail.com)


No comments:

Post a Comment