Thursday, September 24, 2009

[ac-i] [Inspirasi Blog] "Jajah" Jepang Dengan Produk Indonesia

 


Hello,

Mau lihat bagaimana memakai imajinasi untuk menjajah bangsa lain lewat produknya?

Baca gambarannya di artikel "Dian Manginta's Favorite: Purse Link, Penggantung Tas Yang Praktis & Cantik" di http://cantik40s.blogspot.com/2009/09/dian-mangintas-favorite-purse-link_25.html

Si penulis, Dian Manginta [marketig specialist, WNI] dari header blognya mengaku sebagai seorang nasionalis. Dan isi tulisannya kali ini terlihat sederhana, tentang produk fashion cantik buatan Indonesia. Namun, letak keberaniannya adalah pada ilustrasi orisinal/desain sendiri yang diletakkan dalam postingan tersebut. Di ilustrasi-ilustrasinya seolah-olah produk Indonesia dibuat terhiasi oleh budaya Jepang dan Barat (bahasa Inggris).

Strategi sederhana, namun si pemilik blog menembus alam bawah sadar para pembacanya untuk menguatkan image bahwa produk Indonesia bisa menguasai dunia. Strategi ini banyak dilakukan Korea dan Jepang, belakangan agaknya ingin dipakai oleh tetangga kita. Generasi sekarang harus terus menguatkan imajinasi superioritas Indonesia, seperti yang dilakukan oleh Dian Manginta ini. Ayo, ajak media untuk berpikir bahwa bangsa Indonesia adalah superior dalam hal kemampuan produksi.

Sebelum protes lantaran ngeri semangat chauvinisme, baca dulu artikel "Rage for the Machine" di majalah Time [http://www.time.com/time/asia/magazine/2000/0501/cover1.html]

Bayangkan bila di masa depan produk Indonesia menguasai Jepang, Amerika, Eropa. Hidup kita pasti nyaman. Gak perlu ada orang miskin di Indonesia... YES!


Arigatou!
Amirfm

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Celebrity Parents

Spotlight on Kids

Hollywood families

share stories

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment