Thursday, April 8, 2010

[ac-i] Edmund Burke Feldman dalam Gagasan Fungsi Seni

 

Edmund Burke Feldman dalam Gagasan Fungsi Seni

Berbicara mengenai seni dan segala aktivitasnya, memang tidak akan pernah selesai. Sejarah yang panjang pemaknaan dan perdebatan rumusan mengenai "seni" membuat perbedaan mendasar dan terjadinya dikotomi dalam seni, khususnya dalam seni rupa. Berdasarkan pola pikir atas dikotomi seni rupa, membuat fungsi seni menjadi bermacam-macam, ditempatkan pada posisi pewacanaan yang dinamis. Fungsi seni yang telah dirumuskan tersebut, menjadi media yang berpotensi pada lahan-lahan wisata, pasar, dan identitas. Fungsi seni ini jugalah yang menghadirkan kelas-kelas yang menjurus pada klasifikasi identitas, yang jika dikaji dalam batasan pengertian seni dan berkarya seni, maka menghasilkan pudarnya tentang seni, dalam pemahaman seni untuk seni. Jika sudah terklasifikasi dalam ruang identitas, secara sosial, membawa sekat-sekat perbedaan karya seni.

 

Dalam kurun waktu yang cukup panjang, Edmund Burke Feldman, banyak menggagas pemikiran mengenai seni. Beberapa ide dan pemikiran seni Feldmand, dituangkan dalam karya tulis, yaitu: Varieties of Visual Experience, Thinking about Art, The Artist, dan Compotition Art, banyak diikuti oleh beberapa pemikir seni lainnya. Salah satu pemikiran dan karya tulis yang cukup fenomenal dan banyak dirujuk oleh pelaku seni di Indonesia, tertuang dalam Art As Image and Media. Melalui buku ini Felmand mengklasifikasikan dalam tiga fungsi seni, yaitu: personal functions of art, the social function of art, dan the physical functions of art.


Simak selengkapnya artikel ini di http://indonesiaartnews.or.id/


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Do More for Dogs Group. Connect with other dog owners who do more.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment