Tuesday, April 27, 2010

[ac-i] Trs: REMINDER : Gelindingkan pesan dimanapun dan kepada siapapun

 


masyarakat-bebas-bising.jpgMASYARAKAT BEBAS BISING

bebasbising.blogspot.com

 

SIARAN PERS

 

 

Aksi Massal "Menutup Telinga 60 Detik' di Hari Sadar Bising Sedunia 28 April.

 

Jakarta, 28 April 2010 - Memperingati Hari Sadar Bising Sedunia (International Noise Awareness Day) yang diperingati setiap 28 April, Masyarakat Bebas Bising*mengajak masyarakat luas untuk lebih mengenal dan waspada terhadap kebisingan di lingkungan sekitar yang dampaknya semakin mengancam kesehatan. Tidak saja kesehatan telinga atau pendengaran, tetapi lebih dari itu adalah kesehatan mental dan psikologi.

 

"Aksi Massal Menutup Telinga Selama 60 Detik" menganjurkan setiap individu mengistirahatkan sejenak organ pendengaran mereka dari paparan kebisingan. Aksi simbolik ini dilaksanakan pada Rabu, 28 April mulai pukul 14.15 – 14.16. Aksi ini bersifat massal, namun bisa dilakukan oleh masing-masing individu secara mandiri dimanapun mereka berada. Pada saat yang bersamaan, aksi serupa juga dilakukan oleh banyak orang di belahan dunia lain.  

 

Diluar peringatan Hari Sadar Bising Sedunia, untuk mengurangi dampak kebisingan dan resiko penurunan kesehatan pendengaran, Masyarakat Bebas Bising menganjurkan kepada masyarakat luas agar :

 

  1. Memperhatikan suara-suara yang kita ciptakan sendiri dan menghormati hak tetangga untuk memperoleh suasana lingkungan yang damai dan tenang.
  2. Mengecilkan volume radio, televisi serta sistem stereo pribadi.
  3. TIDAK membunyikan klakson kendaraan, kecuali dalam kasus bahaya.
  4. Memakai pelindung pendengaran yang memadai jika harus berada dalam lingkungan yang bising (pabrik, studio, jalan raya dsb)
  5. Mematikan televisi selama makan malam dan percakapan yang tenang.

 

Tentang Masyarakat Bebas Bising

 

Masyarakat Bebas-bising adalah bentuk nyata kepedulian masyarakat terhadap masalah polusi kebisingan yang terjadi di lingkungan sekitar, utamanya di kota-kota besar. Digagas oleh sejumlah pakar dari lintas bidang : pakar kesehatan, sosiolog, pakar tata kota, akustik, seniman, budayawan dan berbagai elemen masyarakat lain. Masyarakat Bebas-bising berupaya memberi informasi seluas-luasnya mengenai kebisingan, serta dampaknya bagi manusia dan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan ada kesadaran bersama untuk menanggulangi masalah kebisingan.

 

Salam hening,

 

Divisi Kampanye Masyarakat Bebas Bising

Jl. Cikini Raya No. 73

Menteng – Jakarta Pusat

T.  021 – 3162780

F.  021 – 31924616

E. bebas-bising@yahoo.com

 

Kontak :

dr. Bulantrisna Djelantik. South East Asia Society for Sound Hearing. 085238971516

dr. Damayanti Soetjipto. Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian. 0811967326

dr. Rony Suwento. THT Komunitas FKUI-RSCM. 08568005044

Slamet Abdul Sjukur. Akademi Jakarta. 021.856.1895



__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment