Thursday, April 15, 2010

[ac-i] KPID Jateng Tegur Metro TV dan Global TV

 

KPID Jateng Tegur Metro TV dan Global TV

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah DIY memberikan surat teguran pada Metro TV dan Global TV. Berdasarkan pemantauan dan keluhan dari masyarakat Yogyakarta, tayangan dari dua stasiun ini telah melanggar.


Di dalam salah satu segmen "Metro Hari ini" pada edisi Selasa, 23 Maret 2010 pada pukul 17.30-19.00 WIB terdapat tayangan pengeroyokan mahasiswa terhadap salah satu rekannya dengan pukulan dan tendangan yang cenderung brutal tanpa diblur. Hal ini melanggar UU 32 Tahun 2002 Pasal 36 (5) b tentang penyiaran dan Standar Program Siaran (SPS) No 3 Tahun 2009 Pasal 28 (1) a.


Sedangkan untuk Tayangan pada Global TV "MTV" yang melanggar UU Penyiaran Pasal 36 (5) b dan SPS Pasal 17 (a) dikarenakan memuat adegan 2 wanita penari erotis yang akan dipersiapkan untuk pesta bujang seseorang dengan gerakan-gerakan yang dapat membangkitkan gairah seksual seperti menyorongkan dada serta bokongnya. Red/ST



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masyarakat Anti Program Televisi Buruk (MAPTB)

http://maptb.wordpress.com

"Kami tidak anti televisi, tapi kami anti televisi dengan tayangannya yang buruk, tidak mendidik, tidak beretika, dan hanya memberhalakan rating. Itu saja."


MAPTB?

MAPTB tercetus secara spontan karena didesak oleh keprihatinan akan buruknya tayangan televisi yang ada saat ini. Tayangan yang ada di televisi sekarang,  kami nilai sangat tidak mendidik, tidak beretika, dan hanya meberhalakan keuntungan semata tanpa menimbang dampak negatif yang terjadi di masyarakat.


Kami pun melihat, bahwa usaha melawan kondisi ini sudah dilakukan banyak pihak, tapi sayangnya tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang mengatur masalah ini, tampaknya tidak berkutik menghadapi kekuatan industri televisi yang sangat berkuasa.

Belum lagi ditambah terdapatnya jurang begitu besar antara pihak yang mengkritisi televisi dengan masyarakat konsumen televisi. Diskusi yang ada lebih banyak terjadi di tingkat atas, hanya antara pengamat media dengan pihak televisi, sehingga masyarakat terabaikan dan kehilangan hak untuk didampingi.


Dengan melihat kasus Prita dan Bibit-Chandra, bahwa kekuatan rakyat bisa menang melawan dominasi kekuatan politik dan ekonomi, maka grup ini dibuat untuk melawan program televisi buruk di Indonesia. Karena kami yakin, bahwa bersama-sama melawan tayangan buruk lebih baik dari pada sendiri-sendiri.


Untuk itu, MAPTB berkomitmen untuk mendampingi masyarakat dalam mengonsumsi televisi. MAPTB bergerak dalam ranah melek media atau media literacy, yakni sebuah ajakan untuk memiliki kemampuan memilah, mengonsumsi, dan menganalisis tayangan televisi. Selain itu, MAPTB pun bermain dalam usaha memobilisasi dukungan masyarakat dalam membuat tekanan publik kepada stasiun televisi yang menyiarkan tayangan yang buruk.


Visi

Menjadikan Masyarakat Kritis Televisi


Misi

Mendampingi dan mengedukasi masyarakat agar bisa memilah tayangan, bisa menolak, sampai bisa protes akan tayangan yang buruk


Hubungi kami di: dukung.maptb@gmail.com / dukung.maptb@yahoo.com

Cara gabung di milis MAPTB: kirimkan email kosong Anda ke maptb-subscribe@yahoogroups.com



__________________________________________________
Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment