Wednesday, April 28, 2010

[ac-i] Pertunjukan Tari "Janturan Srimpi Neyeng" karya Mugiyono Kasido di Teater Salihara

Epic - Srimpi Neyeng.jpg


Mugiyono Kasido mulai menari sejak usia delapan tahun. Belajar di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Surakarta hingga selesai pada 1988, ia pun melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta. Mugiyono banyak belajar dari maestro tari seperti R. Ng. Rono Suripto (dari Keraton Mangkunegaran Surakarta), Sardono W Kusumo, dan Suprapto Suryodarmo. Ia juga pernah belajar tari Butoh dari Jepang.

Karirnya sebagai koreografer dimulai pada 1992 dengan melahirkan karya Mati Suri yang dipentaskan di Keraton Mangkunegaran Surakarta dan berhasil memboyong penghargaan sebagai Penyaji Terbaik Tari Kontemporer (The Best Performer Creative Dance). Karya-karyanya kini dipentaskan di berbagai festival di berbagai negara seperti Lincoln Center Festival (AS), Kunsten Festival des Arts (Belgia), Goteborg Festival (Swedia), Adelaide Festival (Australia), Hong Kong Arts Festival, In Transit Festival (Jerman), Dancas na Cidade (Portugal),  Asian Contemporary Dance Now (Jepang)
.

Mugiyono juga mengadakan kolaborasi maupun improvisasi dengan seniman dari berbagai negara seperti Kota Yamazaki dan Yukio Waguri (Jepang), Koffi Koko (Prancis), Ria Haggler (Belanda), Daniel Yeung (Hong Kong), dan Polly Motley (AS). Dalam pertunjukannya di Teater Salihara kali ini, Mugiyono akan membawakan karya barunya, Janturan Srimpi Neyeng, berdasarkan syair karya RL Marto Pangrawit. Para penari yang akan tampil dalam pertunjukan ini adalah Hadawiyah, Rusini, Sri Setyoasih (Thing Thong), Wahyu Widayati (Inong), dan Murharti
.

Pertunjukan Janturan Srimpi Neyeng oleh Koreografer Mugiyono Kasido ini akan diselenggarakan di Teater Salihara pada hari Kamis-Jumat, 29-30 April 2010, jam 20:00 WIB. Tiket seharga Rp 50.000,- (dan Rp 25.000,- khusus untuk pelajar/mahasiswa) dapat dipesan melalui 021-789-1202, 0817-077-1913, 0857-193-111-50, 0812-8184-5500, 021-9974-5934, dita@salihara.org, atau secara on-line melalui www.salihara.org.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program Komunitas Salihara lainnya, maupun permintaan peta lokasi Komunitas Salihara, silakan hubungi melan@salihara.org atau dita@salihara.org
.

Sampai bertemu di Komunitas Salihara
!

(Parkir terbatas, kami melayani pemesanan taksi di tempat.)


No comments:

Post a Comment