Friday, April 16, 2010

[ac-i] UNDANGAN : Pentas Jaipong dan Tari Topeng Indramayu di Festival April

 

Pentas Tarian Rakyat: Jaipong dan Topeng

Sabtu, 17 April 2010
19.30 -22.00 WIB
Sanggar Baru Taman Ismail Marzuki, Cikini
Jakarta Pusat.

Dalam kultur patriarki, masyarakat sering menentukan apa yang baik dan tidak untuk kaum perempuan, termasuk mengontrol tubuh perempuan. Perempuan dianggap obyek dan ditentukan mana yang bisa dan mana yang tidak oleh sistem tersebut. Akibatnya sering terjadi kekerasan terhadap perempuan dan kontrol yang tidak adil terhadap tubuh perempuan. Situasi ini juga merambah ke ranah kesenian dan kebudayaan yang dimiliki masyarakat. Situasi menjadi lebih buruk dengan diberlakukannya Undang-undang antipornografi di Indonesia.

Baru-baru ini telah terjadi penangkapan terhadap penari perempuan yang dianggap melanggar UU antipronografi tersebut dan dianggap telah merusak moral bangsa dan dijerat hukuman penjara.

Pentas tari Jaipong dan Topeng yang digelar dalam Festival April 2010 merupakan bentuk pembelaan terhadap seni rakyat-tradisonal, kebebasan berekspresi dan pernyataan bahwa perempuan mempunyai hak atas tubuh perempuan sendiri.

Penari Jaipong dari Sanggar Tari Mekar Munggaran yang biasa mengamen di lorong-lorong malam Jakarta akan dihadirkan pada acara ini. Selain itu, maestro Wangi Indriya dari Indramayu dengan Tari Topengnya juga akan tampil memeriahkan acara ini.

Kedua tari ini tak hanya terancam punah karena arus budaya modern, tetapi juga terancam dilenyapkan karena stigma negatif yang dihembuskan oleh kuasa politik yang tidak berpihak pada budaya negeri. Padahal perempuan penari tersebut tidak hanya memperjuangkan nafkah keluarga, tetapi juga mengemban peran sebagai penjaga warisan budaya bangsa, peran yang tidak dijalankan secara maksimal oleh pemerintah.

Dewan Kesenian Jakarta turut mendukung acara ini yang merupakan salah satu dari serangkaian acara dalam Festival April yang diselenggarakan oleh Institut Ungu. Festival ini diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan kelahiran tokoh feminis Indonesia, Kartini.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : Nefa Firman di 08159262176.

Salam!

Dimas Fuady
Public Relations Jakarta Arts Council
www.dkj.or.id



__________________________________________________
Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment