Tuesday, June 22, 2010

[ac-i] Yang beli wayang adalah TKI-apa dia juga diteriaki MALIIIIING????

 

Radar Tulungagung -JAWA POS Grup
[ Selasa, 22 Juni 2010 ]
Sumiran Kebanjiran Pesanan untuk Dibuatkan Wayang Kulit
TKI Malaysia untuk Majikan, Persiapkan Anak Kedua Warisi Keahliannya

Ibarat buah kelapa, makin tua makin bersantan. Itulah gambaran Sumiran, 61, warga Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Trenggalek. Dia usia yang semakin senja, hasil karyanya membuat wayang kulit makin dicari.

Didin Cahya, Trenggalek

---

Rumah menghadap utara di pinggir jalan raya Kedunglurah tanpa sepi dari luar. Di teras rumah sederhana berjajar wayang kulit dengan aneka tokoh. Mulai Pandawa, Punakawan dan Kurawa.

Tak ketinggalan, tumpukan kulit kambing rata-rata berukuran satu meter, sisa potongan kayu serta tetesan bekas cat yang menghiasi lantai teras.

Saat pintu diketuk, muncul laki-laki baya yang berpakaian motif batik. Dialah Sumiran. Segera dia mempersilakan RaTu masuk rumah. "Silakan masuk, ya seperti ini keadaanya," ujar Sumiran kemarin.

Tak perlu diragukan semangat ayah enam anak ini mempertahankan kesenian asli Indonesia. Setiap hari dia mulai membuat anak wayang pukul 08.00 hingga sore hari. Mulai dari memilih kulit kambing, nge-mal atau menggambar dasar wayang, nge-cat dan sebagainya dilakukan sendiri.

Kepiawaiannya membuat anak wayang merupakan warisan dari ayahnya, Kardi. Selama masa kecil setiap hari dia melihat proses membuat wayang. "Saya sering duduk di samping Bapak saat Bapak membuat wayang. Dia menceritakan masing-masing sifat tokoh wayang. Kayak mendongeng dan memberik nasihat, begitu!" kata suami Toini, 55 tahun ini.

Dia usia sekitar 9 tahun, Kardi mengajari Sumiran membuat wayang. Dia mulai dilatih memahat kulit domba, termasuk memberi warna sesuai karakter tokoh.

Waktu terus berjalan, memasuki usia belasan tahun, Sumiran kecil sudah bisa membuat wayang. Tentu timbul rasa bangga. Dia memasarkan hasil karya sendiri.

Di kala semangat tinggi untuk bekerja, kesedihan menghampirinya. Pada 1967 ayahnya meninggal dunia. Hal itu membuat dirinya shock. "Lah bagaimana? Saat itu bapak bekerja keras untuk menghidupi kelurga," ingatnya.

Paska kematian ayahnya, beban di pundak Sumiran semakin berat. Dia diminta meneruskan keahlian membuat wayang. Pada 1968 dia bekerja sebagai instalator di Pabrik Gula (PG) Mojopanggung, Desa Panggungrejo, Kecamatan Kauman, Tulungagung. Di sela-sela waktu luang disempatkan membuat wayang. Itu untuk melaksanakan wasiat bapaknya. "Kadang mendapat pesanan, tapi tidak banyak," jelas Sumiran.

Pada 2004 dirinya pensiun dari PG Mojopanggung. Waktu lebih banyak untuk membuat wayang. Di usia kini, Sumiran sanggup membuat satu wayang dalam waktu dua hari. "Tergantung tingkat kesulitan dan cuaca," paparnya sambil memahat kulit domba.

Jika cuaca panas, dia menyatakan lebih cepat. Karena kulit domba lebih mudah dibentuk serta dipahat. Sebaliknya jika musim hujan datang, Sumiran mengaku sedih. Hal itu disebabkan kesulitan menjemur kulit domba.

Di masa tuanya, pesanan membuatkan wayang terus mengalir. Baik dari Trenggalek maupun luar kota seperti Malang dan Solo. Bahkan tidak sedikit warga Malaysia yang memesan anak wayang buatannya. Biasanya TKI yang membawa ke negeri jiran itu.

Harga jual tiap kulit kambing yang sudah diubah menjadi wayang bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Dalam sebulan dia meraup jutaan rupiah dari keterampilannya tersebut.

Menghadapi masa pensiun membuat wayang, dia sudah mempersiapkan anak keduanya, Dwi Purnomo untuk mewarisi keahlinya. "Kabetulan anaknya juga berminat, jadi tidak ada masalah," terangnya. (din/her)


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment