Sunday, December 27, 2009

[ac-i] Invitation dan Press release Pameran Tunggal Legal Artist Series "Ping Pong Education System" By Anang Saptoto

 

Flyer 2 WEB-FACEBOOK by you.

Legal Artist Series #2 present

 

Ping Pong Education System

Solo exhibition by Anang Saptoto

Opening : Monday, December 28TH, 2009

Dec. 28th 2009 – Jan. 11th , 2010

Venue: Ruang MES 56 | Jl. Nagan Lor No. 17 Yogyakarta 55131

Opening by Agung Kurniawan

 

Ada Instalasi separo meja ping pong dengan seorang pemainnya menghadap tembok yang disorot animasi foto melalui proyektor ditambah instalasi 20 buku yang mengecil berisi foto-foto Menteri Pendidikan dari era Sukarno sampai kabinet Indonesia Bersatu. Buku tersebut menjadi lebih penting karena tertulis statemen misi-misi pendidikan pada setiap jabatan yang diemban mereka, seperti ini isinya:

Potret Prof. Dr. Ir. Sumantri Brodjonegoro (Semarang, 3 Juni 1926 – 18 Desember 1973)

Menteri P dan K dari Kabinet Pembangunan II, Periode: 28 Maret 1973 – 18 Desember 1973

Misi: Memberikan kebebasan membayar SPP untuk anak-anak pejuang dan panti asuhan.

Potret Prof. Dr. Fuad Hassan (Semarang, 29 Juni 1929)

Menteri P dan K dari Kabinet Pembangunan IV, Periode: 28 Maret 1973 – 18 Desember 1973

Misi: Melakukan penyempurnaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, dan pelaksanaan Program Belajar Paket B.

Anang Saptoto tidak setuju dengan hasil kerja sistem pendidikan di Indonesia secara keseluruhan, banyak alasan yang tersusun jadi satu tema serius yang perlu kita setujui pencapaiannya. Dia menemukan pola 'asik sendiri' untuk memahami mekanis mesin pendidikan kita yang memang sudah tampak usang permasalahannya. Secara keseluruhan kemasan artistiknya memberi sebuah inspirasi bagaimana membangun simbol-simbol baru dengan latar belakang sejarah pendidikan kita dengan menggunakan media fotografi, video dan instalasi..

Ping Pong Education System diharap akan menjadi sebuah gerakan konsep personal atau kelompok yang bisa dilakukan oleh siapa saja untuk bisa membahas pertumbuhan pendidikan di Indonesia melalui media seni apapun secara terus menerus tanpa batas.

Biografi Anang Saptoto

Anang Saptoto adalah salah satu penggerak Ruang MES 56, bergabung sejak tahun 2003 sampai sekarang. Selain itu dia juga aktif di Green Map Jogja dari tahun 2003-2009. Green Map Jogja adalah sebuah organisasi jaringan yang memetakan potensi alam dan budaya suatu kawasan. Pada tahun 2009 ini dia baru saja mendapat anugerah Duta Lingkungan Hidup dari Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa, Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Pada awal 2009, Anang Saptoto sempat menyelenggarakan pameran tunggal yang pertama dengan tajuk Awas! Lahan Resapan. Ia juga aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian dan pameran mengenai lingkungan hidup, hak-hak anak, dan kebudaya. Selain aktif sebagai seniman, ia juga kerap bekerja sebagai konsultan fotografi, video, dan desainer grafis dibeberapa organisasi dan lembaga nasional maupun internasional.

Legal Artist Series adalah salah satu program tetap akhir tahun Ruang MES 56 sejak 2006. Program ini khusus ditawarkan bagi seniman muda yang konsisten dengan daya tarik penemuan konsep terbarunya untuk dipresentasikan kepada publik.


http://anangsaptoto.blogspot.com





Ruang MES 56

Jalan Nagan Lor no.17, Patehan Kraton
Yogyakarta 55133 Indonesia
Ph. +62 274 375 131
M. +62 819 0371 5656 | +62 817 915 1155
ourmes56@yahoo.com I www.mes56.com

P PleaseTHINK about the ENVIRONMENT before printing this e-mail | reuse | reduce | recycle




__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment