Sunday, December 13, 2009

[ac-i] Eksotisme Wakatobi dan Tanda Tanya Kebudayaan

 

Eksotisme Wakatobi dan Tanda Tanya Kebudayaan
Oleh Diu Oktora

Wakatobi adalah kabupaten di Sulawesi Tenggara yang identik dengan keindahan alam luar biasa. Salah satunya, jajaran karang lautnya merupakan yang terindah di segitiga karang dunia. Kepulauan yang terletak di Perairan Laut Banda ini memiliki spesies binatang laut unik terbanyak di dunia. Jika dibandingkan dengan Kepulauan Karibia di benua Amerika, Wakatobi masih lebih unggul. Di Karibia, jumlah spesies binatang laut unik adalah 200, sedangkan di Wakatobi mencapai 750 spesies. Salah satu spesies unik di Wakatobi adalah kuda laut yang tingginya hanya 2,5 sentimeter.

Sementara itu, di bidang kebudayaan, Wakatobi juga kaya dengan sibol-simbol kebudayaan. Salah satunya adalah upacara Karia'a yang biasa dilakukan oleh suku Buton Wakatobi. Upacara ini sama dengan perayaan sunatan. Namun uniknya, dalam perayaan Karia'a yang diusung bukanlah anak laki-laki yang telah disunat, melainkan anak-anak perempuan yang telah didandani dengan pakaian adat daerah Buton Wakatobi dan hiasan bunga di kepala.

Selanjutnya klik di sini.


Salam,
TM. Dhani Iqbal

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment