Saturday, December 19, 2009

[ac-i] Aq di Brunei di sms Mas Amang berita ini! Innalillahi...

 

JAWA POS [ Sabtu, 19 Desember 2009 ]
Pendiri Bengkel Muda Surabaya Meninggal
SURABAYA -Dunia seni Surabaya dan Jawa Timur berduka. Penyair dan teaterawan Bambang Sujiyono, pukul 18.30 tadi malam (18/12) meninggal dunia di kediamannya, Jalan Garuda, Rewwin, Sidoarjo. Seniman 61 tahun itu meninggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya. Tadi malam almarhum langsung dimakamkan di TPU Rewwin.

Di dunia kesenian Surabaya, Bambang banyak meninggalkan ''warisan'' penting. Salah satunya berdirinya Bengkel Muda Surabaya (BMS), wadah berkreativitas bagi para seniman Surabaya. Hingga akhir hayatnya Bambang masih didapuk menjadi penasihat BMS.

Hampir empat bulan ini, Bambang memang keluar masuk rumah sakit. Salah satunya akibat kanker pankreas yang dideritanya. Amang Mawardi, salah satu seniman yang juga sahabat dekat Bambang mengatakan, selama ini Bambang juga menderita beberapa penyakit lain. Terakhir, pria kelahiran Ponorogo, Februari 1948, itu masuk Graha Amerta, RSUD dr Soetomo.

Bagi Amang, sosok Bambang dikenal sebagai pria low profile dan tidak suka merepotkan orang lain. Selama sakit dia meminta pihak keluarga tidak mengabarkan ke teman-temannya. "Keluarganya bilang, beliau tidak ingin merepotkan teman-teman,'' ucapnya.

Banyak hal berharga terkait dunia seni Surabaya dan Jawa Timur lahir dari tangannya tidak diketahui banyak orang. "Beliau selalu berada di balik layar, sehingga namanya tidak banyak diketahui orang awam," jelasnya.

Dari tangan Bambang pula banyak lahir seniman-seniman berbakat dari Surabaya. Bambang juga dikenal sebagai sosok yang menghargai seniman. Hal itu ditunjukkannya, selama 12 tahun ini dia menjadi penasihat tim penghargaan seniman Jatim. (gun/ari)

 


Apakah demonstrasi turun ke jalan itu hal yang wajar?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment