Sunday, November 15, 2009

[ac-i] Singkawang, Kota Seribu Pekong

 

Singkawang, Kota Seribu Pekong
Oleh Yonathan Rahardjo

...

Sangat mudah menjumpai tempat ibadah Kong Hu Cu di kota ini. Jumlahnya begitu banyak, baik di dalam kota, di pinggiran kota, dan menuju ke luar kota, seiring dominasi wajah-wajah China, Tionghoa, yang lebih senang disebut warga keturunan. Karena jumlahnya begitu banyak, Kota Singkawang lantas terkenal dengan julukan Kota Seribu Pekong.

Pekong memang ada di mana-mana. Pekong ada di perempatan pusat kota, di pinggir jalan raya dalam kota, di dekat pasar, di dekat perkantoran, di dekat rumah penduduk, di halaman rumah penduduk, di tepi jalan kecil menuju pedalaman, di tengah-tengah lahan kosong berbelukar, di bawah rerimbunan dan rindang pepohonan, di hutan kaki gunung, di leher gunung, bahkan di puncak gunung.

Selanjutnya klik http://wisataloka.com/kultur/singkawang-kota-seribu-pekong/


Salam,
TM. Dhani Iqbal

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment