Friday, November 27, 2009

[ac-i] Yang hadir di PPN 3 Kuala Lumpur

 

18 Nopember 2009-SUARA MERDEKA

Gunoto Saparie Tampil di Kuala Lumpur

SEMARANG -  Penyair dari Semarang, Gunoto Saparie akan tampil di dalam Pesta Penyair Nusantara (PPN) III di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara di  Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur, 20-22 November, itu juga diikuti  30 penyair dari Indonesia, serta para penyair dari Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan negara Asia Pasifik. 

"Hubungan kedua negara akhir-akhir ini sedang terganggu. Melalui pertemuan penyair diharapkan  mempererat silahturahmi budaya antara negara-negara ASEAN dan Asia Pasifik," ujar Gunoto, Senin (16/11).

Dikatakan, perhelatan ini tidak hanya menjadi langkah usaha untuk menjalin hubungan budaya yang serumpun, tetapi juga menyorot potensi ruang lingkup lokal.

"Forum seperti ini bagi penyair Semarang juga penting untuk memperkenalkan karya ke lingkup yang lebih luas. Karena selama ini penyair Semarang memang terkesan seperti katak dalam tempurung, " tambahnya.

Melalui pertemuan para ahli dan praktisi bahasa sastra se-Asia Tenggara ini akan memberikan kontribusi pemikiran di tiap kota dan negara dalam mengangkat dunia sastra antarbangsa.

Turut berpartisipasi nama-nama seperti Wowok Hesti Prabowo, Jumari HS, Kurnia Effendi, Dyah Hadaning, Ahmadun Yose Herfanda. Bagi para penyair Indonesia, hal ini sebagai wujud rekonsiliasi yang efektif khususnya hubungan antara Indonesia-Malaysia.  (K16-18)

Catatan : Kecuali Ahmadun YH,nama2 yang disebut koran SM tersebut tak pernah mengirim info ingin hadir kepada panitia, dan memang tidak hadir. Yang hadir dari Jakarta sekitar 5 orang, Bandung 4 orang, Tasikmalaya 1 orang, Jogja 1 orang, Lamongan 1 orang, Lampung 1 orang, Jambi 1 orang, Padang 2 orang,  Pekanbaru 1 orang, Palembang 10 orang, Medan 2 orang, Kepri 4 orang, Aceh 4 orang, Makassar 1 orang dan Balikpapan 1 orang. Semarang 1 orang yaitu Gunoto Sapari.

Yang terbanyak tentu Malaysia. Thailand ada 16 orang dan Brunei 10 orang. Singapura ada 5 orang.


Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment