Sunday, November 15, 2009

[ac-i] Undangan Pameran Tunggal Timoteus Anggawan Kusno

 

PRESS RELEASE

Selasa, 17 November 2009
Pameran Tunggal
"Whats Good Today ?"
Artis: Timoteus Anggawan Kusno
Pembukaan: 19.30 WIB
Pameran berlangsung sampai dengan 17 Desember 2009
ViaVia Travelers Café
Jl. Prawirotaman 30 Yogyakarta
Telp: 0274 386557 | Fax: 0274 372874 | SMS: +62 (0) 8179431514 (Boy)
e-mail: yogya.indonesia@viaviacafe.com
Website: www.viaviacafe.com
Buka setiap hari 07.30-22.00 WIB

Whats Good Today ?

Adalah sebuah proyek pribadi dari Timoteus Anggawan Kusno yang mulai dikerjakan sejak 2 tahun lalu. What's Good Today adalah sebuah konsep tentang bagaimana merespon dan melihat satu hari yang biasa di tempat biasa dengan cara yang tidak seperti biasanya (bisa jadi luar biasa, atau malah biasa saja). Mencoba melihat satu hal baik dari satu hari yang penuh dengan rutinitas, kepenatan dan kepanasan.
Mengeksplorasi beragam bahasa tutur yang dekat dan sederhana, dan memang di sini Timoteus sengaja tidak mengikrarkan gagasannya pada satu bentuk medium tertentu, tapi cenderung mengaplikasikanya dalam bentuk yang lebih beragam dan dekat dengan keseharian.
Yang ingin ditawarkan dan dipamerkan di sini adalah sebuah dialog, melalui serangkaian atmosfir, sebuah mood yang optimis. Dengan melihat kesederhanaan yang ada di sekitaran yang berpotensi untuk bisa diangkat lagi dalam pembentukan wacana yang lebih luas. Dengan mencoba memberi ruang tafsir bagi beragam wacana dan isu yang terjadi di sekitaran tersebut dengan lebih rileks namun juga bukan berarti acuh.
Proyek ini digagas dan dikerjakan oleh Timoteus Anggawan Kusno, yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi serta melibatkan beberapa teman-teman fotografer, yaitu Lindsay Goodrich, Matt Aitken, Doni Maulistya, Deni Yudistira, dan Ratri Nur Wulandari, serta dua teman lain yang sedang menekuni dunia tulis menulis, yaitu Purnawan Ipang (redaktur www.itsmusicboxtoday.com) dan Fajar Marrtha (aktivis zine independen).
What's good today pada tahun-tahun awal secara kolektif dirangkum dalam sebuah blog internet www.whatsgoodtoday.co.nr yang diadmin oleh beberapa teman, yaitu Leilani Hermiasih, kemudian dilanjutkan oleh Rega Ayundya Putri.
Dalam proyek ini Timoteus Anggawan Kusno mengeksplorasi gagasan tersebut dalam beragam bentuk dan medium penyampaian, yang berangkat dari beberapa karya instalasi yang pernah digarapnya, serta benda-benda sederhana yang kerap dijumpai sehari-hari di sekitaran.
Bentuk Karya
Bentuk yang ditawarkan untuk dipamerkan di sini adalah serangkaian benda-benda yang berangkat dari visual yang mewakili gagasan What's Good Today. Bentuk-bentuk sederhana yang disusun untuk membangun kedekatan dan kehangatan, suatu atmosfir positif dan suasana optimis yang intim. Seperti sebuah obrolan minum kopi yang seru dengan seorang kawan lama.
Dalam pameran ini, bukalah detil fotografis secara partial dan teknis yang menjadi focus utama. Rangkaian visual yang memang banyak berangkat dari fotografi tersebut lebih merupakan elemen pembentuk karya ini secara keseluruhan yang memang dibangun untuk menciptakan sebuah atmosfir. Yang ingin dibangun adalah bagaimana mengalami karya-karya yang saling terangkai dalam satu mood dan energy ini bisa dirasakan dan dialami secara holistic.
Pada pembukaan pameran ini pula, seorang kawan lama saya, Gardika Gigih Pradipta akan membawakan eksplorasi komposisi musiknya untuk merespon mood yang saya tawarkan dalam pameran What's Good Today? ini.

¬¬¬ Tuesday, November 17th 2009
Solo Exhibition
"Whats Good Today!"
Artist: Timoteus Anggawan Kusno
Opening: 7.30 PM
Exhibition will be held until 19 Desember 2009

ViaVia Travelers Café
Jl. Prawirotaman 30 Yogyakarta
Ph: 0274 386557 | Fax: 0274 372874 | Mobile: +62 (0) 8179431514 (Boy)
Website: www.viaviacafe.com

What's Good Today?
What's Good Today is a project of Timoteus Anggawan Kusno since 2 years ago. What's Good Today is a way of responding and looking at an ordinary day in ordinary place with unordinary way (can be extraordinary or just ordinary). Its purpose is trying to see one good thing from a day of routine, fatigue, and heat.
Timoteus doesn't show his idea intentionally in a shape of special media, but he explores kinds of languages closely and simple. He tends to put it in different manners close to our daily life.
Dialogue is something that is offered and exhibited here, through series of atmospheres, an optimistic mood. Looking around at the simplicity can be potentially taken for broadening the dialogue. It is also trying to give space for opinions of the happening dialogues and issues.
This project is an idea by Timoteus Anggawan Kusno. In doing this project, he collaborated and involved some photographers such as Lindsay Goodrich, Matt Aitken, Doni Maulistya, Deni Yudhistira, and Ratri Nur Wulandari, along with two writers Purnawan Ipang (redactor of www.itsmusicboxtoday.com) and Fajar Maatha (a zine independen activist).
Earlier, What's Good Today is collectively enclosed in a blog called www.whatsgoodtoday.co.nr , whose administrators were couple friends, included Leilana Hermiasih. It's now continued by Rega Ayundya Putri.
In this project, Timoteus Anggawan Putra explores the idea in various shapes and media. Started from his works and also simple stuffs you can see around in your daily life.
WORKS
This exhibition shows series of works which visually starts representing the idea of What's Good Today? Simple works are arranged to build the intimacy and warmth, a positive atmosphere and intimate optimism. It is just like a nice chat while drinking a cup of coffee with an old friend.
This exhibition doesn't focus on the partial and technical detail of photography. Visual series of photography is an element of this art work to create an atmosphere. Its aim is how to feel the series of works in a mood and energy holistically.
For the opening ceremony, an old friend, Gardika Gigih Pradipta will perform his music composition to respond the mood offered in What's Good Today?

ViaVia Travelers Cafe adalah tempat di mana orang datang dan pergi secara dinamis, bertukar informasi tentang perjalanan dan segalanya, juga bisa bertemu penduduk lokal. ViaVia mengupayakan makanan, minuman, live music, pameran seni rupa, proyek sosial, kursus-kursus singkat, dan jasa perjalanan bagi para pengembara itu dan siapa saja yang datang. Dengan adanya art space yang diciptakannya, ViaVia bisa menjadi corong seni, tanpa mengacaukan konsep dasarnya sebagai kafe, dan justru menarik publik untuk datang dan mengenal karya seni lebih dekat.
Press Release ini dipublikasikan oleh ViaVia Travelers Cafe
www.viaviacafe.com

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment