Friday, January 15, 2010

[ac-i] Kesederhanaan yang Ditafsir Ulang Oleh 5 Perupa di Pameran "Re-Create"

 

Salam Seni,

Hal-hal yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari; tema itulah yang diolah dan disampaikan kembali oleh 5 perupa yang sedang  menggelar karya-karya mereka di Pameran "Re-Create". Laporan kontributor IndonesiaSeni.com dari Bandung berikut semoga bisa memberi sedikit gambaran mengenai pameran yang berlangsung hingga 26 Januari 2010 ini. 

Lima Perupa Menggali Keseharian di Pameran " Re-Create"

Oleh : Muhammad Ashari

Indonesiaseni.com, Bandung - Kepekaan pada hal-hal kecil dan sederhana yang lekat dalam keseharian kadang bisa hilang, ketika hal itu sudah menjadi sesuatu yang begitu biasa ada dalam kehidupan kita. Namun demikian, seringkali kita tidak menyadari, bahwa hal-hal kecil dan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari itu justru dapat mempengaruhi, dan bahkan memberikan perubahan dalam kehidupan. Disadari atau tidak.

 

Maka dari itu, menggali keseharian, menemukan ide-ide kreatif dalam pengamatan terhadap hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, merupakan ide pokok dalam pameran seni rupa bertajuk "Re-Create" yang diisi oleh lima perupa. Kelima perupa itu adalah Wayan Sujana "Suklu", Kiky Rizky Soetisna Putri, Nur Fatiyah Roslan, Toufiq Panji Wisesa, dan Wahdiaman. Pameran yang dikuratori oleh I Wayan Seriyoga Parta ini berlangsung pada 12 – 26 Januari 2010 di Galeri Kita, Bandung.

 

"Hal-hal sederhana itu, seperti pengalaman sehari-hari, ingatan, pengamatan, atau sekadar tatapan, sesungguhnya berperan besar bagi proses kreatif kelima perupa itu," ujar I Wayan Seriyoga Parta, atau kerap dipanggil Yoga ini. Lebih lanjut Yoga berujar, bahwa hal-hal sederhana dari keseharian itu sebelumnya sudah mengalami suatu penciptaan. Lantas oleh kelima perupa itu, 'hal-hal sederhana yang sudah tercipta' ini diadopsi kemudian diolah kembali untuk menghasilkan karya-karya baru. "Oleh sebab itu, mengapa pameran ini bertajuk Re-Create," Yoga menambahkan.....
Selengkapnya bisa dibaca di http://indonesiaseni.com/rupa/peristiwa-rupa/lima-perupa-menggali-keseharian-di-pameran-re-create.html 


Salam,
IndonesiaSeni.com

Portal IndonesiaSeni.com : http://indonesiaseni.com
Follow Us on Twitter at http://twitter.com/IndonesiaSeni
Join Our Facebook : http://www.facebook.com/pages/Indonesia-Seni/184230482524





__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment