Tuesday, January 19, 2010

[ac-i] Trs: Rilis Hari Hening Terakhir



----- Pesan Diteruskan ----
Dari: Platform3 <mail.platform3@gmail.com>
Kepada: platform3-members@googlegroups.com
Terkirim: Sel, 19 Januari, 2010 20:14:46
Judul: Rilis Hari Hening Terakhir

poster ewo kecil.jpg

 

Proyek Khusus R. Yuki Agriardi

"Hari Hening Terakhir"

 

22 Januari – 12 Februari 2010

Pembukaan: 22 Januari 2010 pukul 16.00 (dilanjutkan dengan artist's talk)

 

Platform3

Jl. Cigadung Raya Barat no. 2 Bandung 40191

mail.platform3@gmail.com

http://infoplatform3.wordpress.com

Telp/Fax: 022-8252.2652

 

Platform3 dengan bangga mempersembahkan proyek khusus R. Yuki Agriardi, seorang seniman muda asal Bandung. Yuki berkarya memanfaatkan keterampilan tangan dalam menggubah berbagai citra seputar keseharian dan imajinasinya, memori-petualangan kanak-kanak, dan ketertarikannya pada dunia binatang. Dengan latar belakang pendidikan Desain Interior, Yuki berkarya dalam wilayah praktik yang abu-abu, antara seni dan desain.  Ia sendiri memahami karya-karyanya sebagai parodi, atau mungkin candaan, memorabilia, trofi, petualangan, atau dalam istilah pribadinya "hadiah untuk sejarah hidup".  

 

Kali ini Yuki menjelajahi peristiwa letusan Gunung Krakatau. Peristiwa tahun 1883, terjadi saat penjajahan Belanda di Nusantara. Letusan ini disebut-sebut sebagai bencana besar pertama setelah penemuan telegraf bawah laut.  Suara letusannya konon bisa didengar oleh seperdelapan penduduk planet bumi saat itu.

 

Yuki tidak memusatkan instalasinya pada hingar-bingar peristiwa yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa dan kemudian menyebabkan perubahan iklim global itu. Alih-alih, Ia memusatkan perhatiannya pada momen hening sebelum bencana itu terjadi. Dalam risetnya, ia menemukan bahwa sebelum segalanya memuncak, ada momen saat semua makhluk hidup merasakan gejala kekhawatiran untuk berbagai alasan yang tidak jelas.

 

Paduan gambar dan objek Yuki kali ini berusaha menghadirkan momen keheningan: Sesuatu yang ia nyatakan sebagai,  "…momen dimana kita (seharusnya) tidak berpikir apa-apa, tetapi merasakan hampir segalanya".

 

 

---------------

 

 

PLATFORM3 is an initiative space with focus activities on exhibition and artist in residence programs. In holding its activities, PLATFORM3 attempts to develop artist's thematic and artistic ideas through intense discussions. All exhibitions held by PLATFORM3 underline every artist's statement as the most important aspect.

PLATFORM3 is initiated by three curators: Aminudin TH Siregar, Rifky Effendy and Agung Hujatnikajennong; and three artists: J.A. Pramuhendra, Radi Arwinda and Wiyoga Muhardanto. While Heru Hikayat, Herra Pahlasari and Inen work as operational managers.

URL: http://infoplatform3.wordpress.com/


 

 



Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!

No comments:

Post a Comment