Saturday, July 10, 2010

[ac-i] info lomba: call for paper jurnal UI UNTUK BANGSA vol 1

 

Yth moderator

Mohon bantuannya untuk disebarluaskan informasi ini ke sebanyak mungkin kawan mahasiswa program S1 dan Vokasi. Semoga berkenan. Terima kasih :)

Call for Paper Jurnal UI untuk Bangsa Volume 1
(Deadline: 31 Agustus 2010)

Tak pelak lagi, globalisasi adalah sebuah fenomena yang tak dapat kita hindari. Proses transparansi dunia ini telah menyentuh hampir seluruh sisi kehidupan manusia. Segala dinding pembatas yang selama ini membatasi terjalinnya interaksi nampak memudar dan kian menipis. Hal tersebut menyebabkan persaingan individu dalam segala bidang menjadi kian kompetitif. Kita, sebagai salah satu yang terkena dampaknya, pun kemudian memerlukan persiapan yang matang untuk menghadapinya.

Dalam sebuah buku berjudul The World is Flat, karya Thomas L. Friedman, keadaan ini disebut sebagai globalisasi 3.0, yaitu keadaan ketika dunia memasuki masa revolusi teknologi informasi yang memberikan akses kepada tiap individu untuk mengembangkan diri seluas-luasnya sehingga kompetensi menjadi sesuatu yang mutlak dimiliki oleh tiap individu. Perubahan arah dunia ini tentu bukan tanpa masalah. Ketidaksiapan kompetitif individu-individu dalam menghadapinya masih dapat terlihat dari berbagai persoalan yang muncul seperti kemiskinan, lingkungan, ekonomi, sosial budaya, kesehatan, serta ketimpangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagai kaum intelektual muda, sudah seyogyanya mahasiswa memberikan kontribusi dalam menyikapi perubahan tersebut. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan partisipasi konkret dalam menghadapi tantangan global. Melakukan sebuah observasi kritis dan kemudian dituangkan ke dalam sebuah tulisan ilmiah yang memberikan solusi aplikatif adalah salah satu bentuk sumbangsih yang dapat dilakukan. Tindakan tersebut adalah suatu langkah awal dalam pembentukan suatu aksi nasional menghadapi tantangan global.

Oleh karena hal tersebut, Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI 2010 mengundang seluruh mahasiswa Universitas Indonesia untuk turut serta dalam penyusunan jurnal ilmiah mahasiswa bertajuk "UI untuk Bangsa volume 1". Jurnal ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah keilmuan bagi para intelektual muda yang ingin berkontribusi untuk menjadi penggerak peradaban bangsa. Redaksi menanti gagasan Anda untuk memberikan solusi atas permasalahan multidimensional negeri dewasa ini melalui perspektif kompetensi disiplin ilmu masing-masing.

Dua puluh empat tulisan terbaik akan diterbitkan dalam Jurnal UI untuk Bangsa Volume 1 yang terbagi dalam Seri Sosial Humaniora serta Seri Kesehatan, Sains, dan Teknologi. Tiap seri tersebut berisi dua belas tulisan. Selanjutnya, dua seri jurnal UI untuk Bangsa volume 1 akan diluncurkan pada tanggal 25 November 2010 bersamaan dengan seminar nasional yang diadakan di kampus Universitas Indonesia. Selain itu, tiap seri terbitan jurnal akan dicetak sebanyak 500 eksemplar dan didistribusikan secara gratis ke 52 perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia dan lembaga-lembaga kemahasiswaan internal Universitas Indonesia.

Peserta
1. Individu atau kelompok dengan jumlah anggota 2 – 3 orang.
2. Mahasiswa Universitas Indonesia program S1 dan diploma.
3. Masih berstatus sebagai mahasiswa aktif pada semester gasal tahun ajaran 2010 – 2011.

Ketentuan
1. Tema: "Pemberdayaan Kompetensi Intelektual Muda untuk Menghadapi Tantangan Global".
2. Paper belum pernah dipublikasikan sebelumnya oleh institusi tertentu.
3. Tulisan berupa hasil penelitian lapangan, laboratorium, atau kepustakaan.
4. Panjang tulisan antara 8 - 12 halaman kertas A4, spasi 1.5, jenis huruf Times New Roman ukuran font 12 point. Tuliskan abstrak dan kata kunci pada awal makalah.
5. Paper dikirim dalam bentuk softcopy berformat Microsoft Word (.doc atau .rtf) ke alamat e-mail redaksi@uiuntukbangsa.co.cc paling lambat tanggal 31 Agustus 2010.
6. Sertakan pula curriculum vitae penulis yang minimal berisi:
• Nama lengkap
• Tempat tanggal lahir
• Alamat rumah
• Nomor pokok mahasiswa (NPM)
• Nomor telepon/handphone
• Jurusan dan asal fakultas
• Riwayat pendidikan
7. CV dan paper ilmiah dibuat dalam dua file berbeda yang disertakan sebagai attachment e-mail.

Apresiasi
Dalam tiap seri jurnal, akan ditentukan tiga tulisan terbaik dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Terbaik satu @ Rp 2.000.000,00
2. Terbaik dua @ Rp 1.500.000,00
3. Terbaik tiga @ Rp 1.000.000,00
4. Tiap kontributor yang tulisannya diterbitkan akan mendapatkan piagam penghargaan dari redaksi.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik situs resmi redaksi di http://www.uiuntukbangsa.co.cc, atau hubungi contact person di bawah ini:
1. Dimas 081519950517 atau 021 23745370
2. Mega 085655859604.
3. Sulfi 085289471174 atau 08568103049.

Ikuti pula update terbaru dari redaksi dengan add account facebook dan twitter kami di alamat akses sebagai berikut:
1. Facebook di http://www.facebook.com/uiuntukbangsa
2. Twitter follow @uiuntukbangsa

Sumber: http://www.uiuntukbangsa.co.cc

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment