Tuesday, July 27, 2010

[ac-i] Rangkaian berita & tanggapan ttg kelakuan buruk Sachiroel Alim anggota DPRD surabaya

 

Berita lebih lengkap dan menarik bisa diklik disini
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3322995

HOME / CASCISCUS / BERITA DAN POLITIK
Dewan Surabaya, Minta Mobil Baru

newbie
 
UserID: 310089
Join Date: Aug 2007
Posts: 41
willibhirawa tidak memiliki reputasi
Thumbs down Dewan Surabaya, Minta Mobil Baru

Jika mengamati berita harian Surabaya Post 28 Januari 2010 (kliping ada dibawah)
Kelakuan Sachiroel Alim Anwar, Ketua Komisi C DPRD Surabaya ini sungguh bisa merusak citra anggota DPR/DPRD dan merusak kepercayaan masyarakat pada lembaga DPR/DPRD

Dimana sering anggota DPRD berteriak2 tentang banyaknya mobil dinas dari berbagai instansi pemerintah yg berada dijalan raya saat bukan jam kantor atau dipakai bukan untuk kepentingan tugas dinas. Dimana anggota DPRD mengatakan bahwa itu menyakiti hati rakyat, karena uang yang dipakai untuk pembelian mobil dinas serta biaya operasional, mulai uang untuk beli bensin, perawatan bengkel dsb, adalah uang negara/ uang rakyat.

Tapi rupanya teriakan2 atau statemen keras dikoran atau ditempat lain itu patut diduga hanya merupakan bentuk pencitraan bahwa seolah2 mereka kritis dan berpikir untuk rakyat. Kenyataannya, meski mereka punya mobil pribadi selain mobil dinas, ternyata untuk mengelabui masyarakat, mereka mengganti plat nomor mobil dinas dengan plat mobil pribadi.

Ironis lagi... adalah berita selanjutnya sebagaimana ditulis harian Jawa Pos 27 September 2009 (kliping ada dibawah kliping berita Surabaya Post).. dimana sebetulnya para anggota DPRD itu sudah punya mobil dinas, dan mereka mengajukan lagi permintaan mobil dinas yg lebih baru lagi.

Begitu belum disetujui oleh pihak pemerintah, Sachiroel Alim dan beberapa anggota DPRD kota surabaya merasa kesal dan marah2. Mereka mengatakan bahwa jumlah Rp.10 milyar untuk pengadaan mobil dinas DPRD itu jumlah yang kecil.

Bahkan Sachiroel Alim sebagai ketua komisi C DPRD Surabaya yang bersuara paling kencang, dan mempertanyakan kenapa anggaran untuk mobil dinas DPRD akan dialihkan menjadi pengadaan mobil ambulans untuk puskesmas. Menurut Sachiroel Alim mengatakan pembelian mobil ambulans itu tidak efektif, karena menurutnya itu hanya akan terkesan jadi kendaraan operasional puskesmas.

Tapi setelah kemudian akhirnya mendapat mobil dinas baru, ternyata dipakai untuk kepentingan pribadi. Untuk menghindari sorotan masyarakat, mobil yang dipakai kebut-kebutan itu diganti plat nomornya dengan plat nomor pribadi.

Kenapa ya akhirnya pengadaan mobil dinas untuk anggota DPRD kota surabaya itu jadi dilaksanakan? Apakah mungkin karena para pegawai dilingkungan pemerintah kota surabaya takut pada ancaman dari para anggota DPRD, karena alokasi anggaran untuk pembangunan daerah, baik di kota/kabupaten harus disetujui oleh DPRD.

Meski sebuah kegiatan itu sangat dibutuhkan masyarakat, tapi jika DPRD tidak menyetujui anggaran untuk kegiatan tertentu, maka otomatis pembangunan untuk kepentingan masyarakat itu tidak bisa dijalankan. Sebagaimana ancaman2 dari DPRD yg dimuat oleh Kompas 13 Nopember 2009, dimana ketua komisi C DPRD Sachiroel Alim Anwar menyatakan siap mempersulit anggaran.

Menurut saya ancaman seperti itu janganlah sering dilontarkan dan dilaksanakan.. atau janganlah sampai karena seseorang merasa sebagai anggota DPRD kemudian bisa seenaknya mengganggu pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat, hanya karena kepentingan atau keinginannya tidak dituruti

Apa yg bisa direnungkan dari contoh kasus ini?
Bukan untuk pemerintah dan warga kota surabaya saja, tapi untuk seluruh warga dan pemerintah daerah diseluruh Indonesia, khususnya juga agar jadi renungan bagi anggota DPR dan DPRD. Janganlah menyakiti hati rakyat dengan perilaku yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dengan mengorbankan kepentingan rakyat. Tapi slogan dan pernyataan yang dibuat seolah berpihak kepada rakyat.
Selain pembangunan di masyarakat akan terhambat, juga bisa menimbulkan apatisme masyarakat sebagai warga negara Indonesia. Hali ini akan membawa kehancuran pada negeri ini
________________________________________
Harian Surabaya Post
Mobil Dinas DPRD Ditilang
Kamis, 28 Januari 2010 | 12:50 WIB
SURABAYA – Mobil plat merah yang dipakai Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Sachiroel Alim Anwar ditilang polisi. Pasalnya, mobil dinas itu diganti nomor platnya dengan warna mobil pribadi. Kini, mobil dinas milik anggota dewan dari Partai Demokrat tersebut tengah menunggu negosiasi untuk dilepaskan.




"Kita tetap sesuai prosedur. Jika memang surat-surat kendaraan memenuhi syarat, tetap akan kita keluarkan. Jadi, silakan diambil tapi suratnya harus lengkap dan ada pernyataan resmi tidak mengulang dan mengganti plat nomor lagi," kata Kasatlantas Polwiltabes Surabaya, AKBP Agus Wijayanto, Rabu (27/1) kemarin.

Dijelaskan, saat itu petugas dari Satlantas Polwiltabes Surabaya menghentikan mobil. Kendaraan jenis Toyota Corolla Altis dengan nomor polisi, L 1049 PP itu melaju kencang di Jalan Raya Panglima Sudirman.




_________________________________________


Jawa Pos 27 September 2009



Pengadaan Mobdin Ditolak Gubernur, Anggota Dewan Nggerundel

--------------------------------------------------------------------------------
SURABAYA - Keputusan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membatalkan pengadaan 50 unit mobil dinas (mobdin) anggota DPRD membuat sejumlah anggota dewan geram. Kekecewaan para wakil rakyat itu lebih ditujukan kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang menolak pengadaan tersebut.

Kalangan dewan yang sudah ngebet naik mobil berpelat merah itu menilai Pakde Karwo -sapaan Soekarwo- lebih mendengarkan keluhan publik secara emosional daripada berpikir secara rasional.

Ketua Komisi C Sachiroel Alim Anwar paling kencang bersuara. Dia menilai Soekarwo tidak melihat persoalan pengadaan mobil itu secara menyeluruh. Padahal, di sisi lain, papar Alim, anggota dewan sangat membutuhkan mobdin tersebut.

Politikus Partai Demokrat itu menyatakan, pemberian mobdin untuk 50 anggota DPRD tersebut bukan sesuatu yang berlebihan. Sebab, kondisi mobdin dewan saat ini yang berjenis Toyota Kijang 1997 dan Isuzu Panther 2002 itu, tutur dia, mengenaskan.

Dia malah menyalahkan publik dan media yang selalu menyorot pengadaan mobdin. Sorotan itu memengaruhi pandangan eksekutif yang awalnya menyetujui penganggaran mobdin, tapi akhirnya berbalik.

Dia mencontohkan, pada 2007 DPRD pernah mengajukan anggaran untuk mobdin. Waktu itu dewan memproyeksikan mobil Toyota Avanza 2007 sebagai tunggangan anyar. Avanza dipilih karena tidak terlampau mahal. Pemkot, tutur Alim, bisa dan mau memenuhi anggaran untuk mobdin tersebut. Namun, karena sorotan publik yang terlampau kencang, rencana itu kandas.

Dana yang telanjur diajukan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2007 tersebut beralih ke pengadaan ambulans untuk 20 puskesmas di Surabaya. Pada praktiknya, papar dia, ambulans itu tidak digunakan secara efektif. Sebab, sehari-hari ambulans tersebut terkesan menjadi kendaraan operasional pelayanan masyarakat.

Padahal sebenarnya pembatalan pengadaan 50 unit Isuzu Panther tersebut tidak berdampak terlalu besar bagi anggota dewan. Apalagi, anggota dewan sebenarnya sudah memiliki kendaraan pribadi.

Ketidakpuasan yang sama dirasakan oleh anggota DPRD Agus Sudarsono. Menurut dia, tidak seharusnya gubernur menolak semua permintaan dewan. Setali tiga uang dengan Alim, Agus mengatakan bahwa dewan sangat membutuhkan mobdin tersebut. Pasalnya, Uang Rp 10 miliar yang dianggarkan oleh pemkot bukan jumlah yang besar.

Agus menganggap alasan gubernur bahwa anggaran itu akan diprioritaskan untuk orang miskin mengada-ada. Uang untuk orang miskin, tambah dia, sudah dianggarkan oleh pemkot. Padahal, kerja dewan sangat berkaitan erat dengan penanggulangan kemiskinan.
willibhirawa is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 06:52 PM   #2
kaskuser
 
pakelit's Avatar
 
UserID: 1411353
Join Date: Feb 2010
Location: TangErang!
Posts: 126
pakelit tidak memiliki reputasi
wah kacaw nih pemerintah!!
pakelit is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 06:59 PM   #3
kaskus addict
 
C-14's Avatar
 
UserID: 442223
Join Date: Apr 2008
Location: Red Devils
Posts: 2,023
C-14  sedang di jalan yg benar
klo rakyat minta mobil baru di kasih g ??



dewan goblok g bs liat rakyat bawahan
C-14  is offline   QUOTE
Sponsored Links

Unread 07-02-2010, 07:50 PM   #4
kaskuser
 
daniera's Avatar
 
UserID: 506750
Join Date: Jul 2008
Location: Wanagalih, Wanalawas
Posts: 248
daniera tidak memiliki reputasi
Nah... Akhirnya yang laen jadi ikutan pengen kan...
daniera is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:14 PM   #5
kaskus addict
 
UserID: 400449
Join Date: Feb 2008
Posts: 1,266
roomeo tidak memiliki reputasi
mobil baru
bini baru


wkkkkkkkkkkkkkkkkkk
roomeo is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:18 PM   #6
newbie
 
UserID: 1198828
Join Date: Nov 2009
Posts: 60
irt3k tidak memiliki reputasi
makin hari negara kita dah tambah aneh ya? tanya knapa?
irt3k  is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:23 PM   #7
kaskus addict
 
ronnygrunge's Avatar
 
UserID: 1117242
Join Date: Oct 2009
Location: jakarta
Posts: 2,175
ronnygrunge tidak memiliki reputasi
dan kemudian rakyat pun menuntut balik..
"apa yg sudah kalian kerjakan utk rakyat?"

kl pertanyaan diatas sdh t'jawab br rakyat rela byr pajak utk ngumpanin mereka yg kampanye ngejar jabatan hanya utk balik modal 'n mndpt fasilitas..
ronnygrunge is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:27 PM   #8
kaskus addict
 
Dark_joger's Avatar
 
UserID: 91226
Join Date: Jul 2005
Location: Bekasi.................!!
Posts: 2,982
Dark_joger  akan menjadi terkenal
dulu sebelum jadi anggota dewan buat modal kampanye bela2in jual tanah, warisan, pinjem utang kanan kiri ampe miskin

sekarang udah jadi anggota dewan ya musti bisa balik modal lah

emang parah kelakuan politisi indonesia
Dark_joger is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:28 PM   #9
kaskus addict
 
devilstorm's Avatar
 
UserID: 1047661
Join Date: Aug 2009
Posts: 1,096
devilstorm  sedang di jalan yg benar
enaknya jadi pejabat...................
devilstorm is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:30 PM   #10
newbie
 
UserID: 1120684
Join Date: Oct 2009
Posts: 36
dopoer tidak memiliki reputasi
Mereka itu kan mencontoh yg di Pusat,ga salah juga sih !
dopoer is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 08:43 PM   #11
newbie
 
doimaster's Avatar
 
UserID: 1391306
Join Date: Jan 2010
Posts: 47
doimaster tidak memiliki reputasi
hmmmm... menurut mereka Ambulance buat puskesmas ga efektif ya... tapi mobil dinas baru efektif...

buat kepentingan rakyat banyak ga efektif.. tapi buat kepentingan kalangan anggota dewan efektif yah.....

hmmmmmm... mending uang nya buat gw aja.... mayan dapet brapa karung gorengan tuh..
doimaster is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 09:09 PM   #12
kaskuser
 
KaskusNextMin's Avatar
 
UserID: 1394149
Join Date: Jan 2010
Location: BPLN Junior
Posts: 272
Blog Entries: 1
KaskusNextMin tidak memiliki reputasi
Sungguh miris

Makin kacau aja kelakuan para pejabat di Indonesia
KaskusNextMin is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 09:12 PM   #13
kaskuser
 
amatintalu's Avatar
 
UserID: 326667
Join Date: Sep 2007
Posts: 393
amatintalu tidak memiliki reputasi
pilih mau jadi kerbau atau kambing
suka nyakitin hati rakyat
amatintalu is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 09:44 PM   #14
kaskuser
 
captain_iann's Avatar
 
UserID: 733785
Join Date: Mar 2009
Location: Ferelden
Posts: 101
captain_iann tidak memiliki reputasi
BEDEBAH!!!
udah jadi dewan, beli mobil aja NGEMIS!!!!
punya duit juga..
BLI PAKE DUIT SENDIRI!!!
captain_iann is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 09:45 PM   #15
kaskus addict
 
abrachelsea's Avatar
 
UserID: 538045
Join Date: Sep 2008
Location: karawaci
Posts: 2,733
abrachelsea tidak memiliki reputasi
Quote:
Originally Posted by irt3k View Post
makin hari negara kita dah tambah aneh ya? tanya knapa?
ts nya aje iri
abrachelsea is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 10:21 PM   #16
kaskus addict
 
gonzalez7's Avatar
 
UserID: 1081341
Join Date: Sep 2009
Location: Ellesmera,Du Weldenvarden
Posts: 2,486
gonzalez7  sedang di jalan yg benar
ya elahhh..
manja amat sihhhhh..
parah lah emang kalo kaya gini mah..
gonzalez7 is offline   QUOTE
Unread 07-02-2010, 10:22 PM   #17
kaskus geek
 
Pitung's Avatar
 
UserID: 8240
Join Date: Sep 2002
Location: United States of Indonesia, State of Independent Sumatra
Posts: 15,997
Pitung  akan menjadi terkenal
sudah tradisi
Pitung is offline  

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment