Friday, July 16, 2010

Re: [ac-i] Release : Komunitas SLEnK pentaskan LENG dalam Festival Titer Jogja 2010

 

Oke jelas saya bantu mas jalidu, ut dari taman budaya


From: Ahmad Jalidu <masjali@yahoo.com>
To: Pak Jemek Yogyakarta <jemekmime@yahoo.co.id>; abraham.poespo@gmail.com; adetanesia@combine.or.id; Afrizal Malna <kebun_anggur@yahoo.com>; agniparamita@gmail.com; Agung Wijaya <azollapinata@yahoo.com>; agunggun_71@hotmail.com; ahidh@yahoo.com; ahmadjalidu@hotmail.com; Aiera <tzzy_dee@yahoo.com>; airetsa_007@yahoo.com; aisyah_hilal@yahoo.com; Andi Seno Aji <asenaji@gmail.com>; Andi Seno Aji <asenaji@yahoo.com>; Adi Akeka <adi.akeka@gmail.com>; Aliaswastika@yahoo.com; andi-yuwono@praxis.or.id; Retno Andini <retnoandini@gmail.com>; andreoul@yahoo.com; Annisa Andriani <dunia_tinta@yahoo.com>; Anggi <sibigos@yahoo.com>; angie_simplicity@hotmail.com; Anindya <little_strawberry7@yahoo.com>; Antarik@gmail.com; Antok <aan.brownies@gmail.com>; anywulan@yahoo.com; Apriyanti <apecantiqa@yahoo.com>; Arahman Ali <dewa01api@yahoo.com>; Putu Fajar Arcana <can@kompas.co.id>; Ardian <ardian.syam@gmail.com>; mahesa arie <denkliks@gmail.com>; adhitia Armitrianto <adhitiaarmitrianto@yahoo.com>; asyifudin@yahoo.com; M Awaluddin <pakcilik_awal@yahoo.co.id>; Ayikkent <jeperskent@yahoo.com>; aziza_lpg@yahoo.com; Yayasan Bagong Kusudiharjo <info@ybk.or.id>; Ida Bagus <ibed_sy@yahoo.com>; Main Terapung Bandung <main_teater@yahoo.com>; Bela Studio <bela_studio@yahoo.com>; BETTAM <itsme_joni@yahoo.co.id>; Black Teater <black_teater@yahoo.co.id>; Seni BUdaya <artculture-indonesia@yahoogroups.com>; Agung Bungsu <gebu_in@yahoo.com>; rumah cabaca <rumahbaca@yahoo.com>; Catur Stanis <caturstanis@yahoo.com>; Buletin Cekidot <cekidot.free@gmail.com>; Chisi <angel_of_luca@yahoo.com>; cool_de_funk@yahoo.com; damar_alto@yahoo.com
Sent: Thu, July 15, 2010 12:47:55 PM
Subject: [ac-i] Release : Komunitas SLEnK pentaskan LENG dalam Festival Titer Jogja 2010

 

* mohon maaf jika tidak berkenan.

Semoga dapat turut disebarluaskan, terima kasih sebelumnya.


Sudut Makam Mbah Kyai Sami

Komunitas SLEnK berpartisipasi dalam Festival Titer Jogja 2010

 

Sebuah situs makam Mbah Kyai Sami di dusun Samirono, yang diurus oleh seorang juru kunci bernama Pak Rebo menjadi saksi kemajuan yang menyakitkan. Makam yang seringkali dijadikan tempat "nenepi" dan ngalap berkah melalui jasa pendoa Pak Rebo itu, kini menjadi bising oleh gemuruh mesin pabrik. Adalah Mbok Senik, penjual bunga, Kecik putrinya yang menjual jasa cinta sesaat dan Bongkrek laki-laki yang keluar dari lingkaran pabrik karena merasa ditindas dan di"hewan" kan . Perjuangan Bongkrek si gali kampung mempertahankan tanah leluhurnya dari terkaman investasi, dan bermacam anomali kegetiran pinggiran kota disaksikan oleh petilasan ini. Namun, siapa yang mampu melawan raksasa ekonomi?

 

Pertanyaan ini diluncurkan melalui drama berbahasa Jawa buah pena Bambang Widoyo SP berjudul LENG. Naskah ini akan dihidupkan dalam panggung oleh Komunitas SLEnK (Suka Lelangen Edining Kabudayan) di Bale Budaya Samirono Catur Tunggal, Depok Sleman pada 21 Juli 2010 jam 19.30 WIB. Pentas yang digarap Sutradara Daru Murdhopo dan Penata Iringan Sugito HS ini adalah salah satu rangkaian dari Festival Titer Jogja 2010 yang digulirkan Taman Budaya Yogyakarta dan Yayasan Umar Kayam.

 

Festival dengan tema "berkunjung di rumah sendiri" ini disikapi oleh SLEnK dengan menyiapkan pementasan di Bale Budaya Samirono yang selama ini bisa dikatakan merupakan basis dari kegiatan Komunitas SLEnK. Komunitas ini, sebagaimana tergambar dalam nama panjangnya, adalah komunitas pecinta kebudayaan, dalam hal ini kebudayaan Jawa. Sejak berdiri 2006 SLEnK memang lebih banyak bergerak di wilayah sastra jawa melalui bermacam diskusi dan pelatihan. Dua tahun terakhir SLEnK banyak mengaktifkan kegiatan di Bale Budaya SAmirono melalui program Kuliah Sore (ceramah kebudayaan bulanan) dan pendampingan Macapatan Jumat Kliwonan bersama warga Samirono. Dengan latar inilah SLEnK memilih Bale Budaya Samirono sebagai tempat pemanggungan.

 

LENG versi SLEnK ini terasa unik karena Daru juga mencoba menggambarkan khas masyarakat urban yang tersusun atas masyarakat dari berbagai wilayah dengan dialeg yang berbeda-beda seperti Jogja, Sukoharjo, Banyumas dan Jawa Timuran yang bisa berdialog dengan baik tanpa saling ketidakmengertian. Pertunjukan ini digelar dengan tiket seiklasnya.


Info : M. Ahmad Jalidu 08562856610 



SEKOLAH SENI YOGYAKARTA
Acting | Sulap | Gamelan | Tembang Jawa | MC Jawa | Skenario Film | Buku Non Fiksi | Biola | Gitar Elektrik.
http://sekolahsenij ogja.blogspot. com

Sindikat Daya Guyub
http://dgprojogja. blogspot. com
http://www.Jali. Tokopedia. com
http://teatergmt. blogspot. com
http://paguyubansle nk.blogspot. com
http://jogjateater. blogspot. com


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment