Sunday, October 18, 2009

[ac-i] MAYAKOVSKY PENYAIR BRUTAL TAPI GENIAL

 

ASAHAN:
 
                 MAYAKOVSKY  PENYAIR BRUTAL
                 TAPI GENIAL
 
Penyair Rusia Mayakovsky (1893-1930) menjalani hidup penuh liku-liku sejarah bangsanya, romantikanya dan kepenyairannya. Pada usia 15 tahun dia sudah biasa keluar masuk penjara karena kegiatan politiknya dan keterlibatannya dengan gerakan Bolsyevisme sebagai gerakan revolusioner.Tapi ahirnya dia bosan dengan kehidupan keluar masuk penjara dan lalu masuk kursus seni lukis sambil mengembangkan bakat besarnya sebagai penyair genial. Di usia  21 tahun dia telah menerbitkan  karya puisinya "Srigala dalam celana"yang dinilai sebagai karya genial dan ia menerima kekaguman yang luar biasa dari teman-temannya sendiri maupun masyarakat sastra Rusia di waktu itu. Mayakovski tergabung dalam kumpulan para seniman Rusia yang menamakan dirinya sebagai aliran futurisme yang ingin meninggalkan keindahan seni klassik Rusia yang diwakili seperti Pusykin, Lermontov dll. Mereka ingin menghirup nafas baru dalam seni dan sastra Rusia dan Mayakovski adalah tokoh terbesar dalam aliran futurisme dan semua mereka mengaku sebagai para seniman dan penyair futurist yang sering mengadakan turni (perjalanan keliling) ke banyak wilayah Rusia ketika itu untuk mempropagandakan dan mengadakan pertunjukan seni sambil memperkenalkan aliran futurisme yang mereka anut. 
 
Pemuda muda belia Mayakovski yang mempunyai tubuh 1.90m, besar, tinggi yang punya pembawaan kasar tapi sangat disukai wanita. Tapi meskipun pembawaannya yang kasar, apabila telah berhadapan berduaan dengan wanita, dia sama sekali tidak agressif dan bahkan sering terpaku tidak tahu apa yang mesti dibuat. Suatu hari ketika dalam perjalanan keliling mereka, Mayakovsky jatuh cinta  yang teramat sangat pada seorang wanita yang juga turut tampil dalam pertunjukan mereka. Teman-teman Mayakovski menggambarkan bagaimana Mayakovski tergila-gila dengan perempuan itu dan berusaha keras menemuinya dan berhasil tapi hasil terahir adalah bahwa perempuan yang digilainya itu sudah punya pacar dan akan menikah segra pada tahun berikutnya. Tak bisa dibayangkan betapa Mayakovsky kecewa dan patah hati. Tapi sebuah karya monumental yang kemudian dicatat dunia, juga lahir ketika itu yang kemudian diberi nama "Srigala di dalam celana". Banyak teman-temannya terutama para wanita  hafal di luar kepala puisi panjang yang ditulisnya itu.
 
Tapi Mayakovsky yang digambarkan bertubuh tegap, besar dan ganteng itu mempunyai kekurangan  di dalam mulutnya. Giginya satu persatu rontok dan dia tidak cukup uang untuk mengunjungi dokter gigi karena masa belia Mayakovsky adalah masa kemiskinannya yang cukup dramatis. Tapi bagi sementara perempuan dan gadis-gadis yang mengenalnya tidak menjadi halangan. Mayakovsky bukan saja terkenal tapi memang karya puisinya memang luar biasa, lain dari yang lain dan mudah menimbulkan kekaguman. Para wanita menyukainya dan dia juga menyukai wanita dan bukan hanya itu, dia hampir-hampir tidak membatasi pilihan, asal mau dekat dengannya semua direnggutnya hingga dia juga mempunyai anak di luar perkawinan.
 
Suatu hari Mayakovsky berkenalan dengan seorang wanita muda yang bernama Elsa yang sangat mengagumi sajak-sajak Mayakovski dan hampir semuanya bisa dihafalnya di luar kepala dan Elsa sangat cinta padanya. Elsa memperkenalkan  Mayakovski dengan keluarganya dan mengundangnya ke rumah mereka. Dan di sini juga Mayakovky mempertontonkan sikap kasarnya yang asli ketika makan minum dan juga dalam berkata-kata. Elsa mempunyai seorang kakak perempuan bernama Lili yang sudah bersuamikan seorang milyuner yang kaya raya yang memberinya hadiah perkawinan sebanyak 30.000 rubel (nilai sekarang sama dengan 350.000 euro). Tapi Lili tidak segera menemukan kegenialan Mayakovsky bahkan yang terkesan baginya hanyalah kekasaran Mayakovsky, namun adiknya, Elsa, berkeras hati meyakinkan bahwa Mayakovsky adalah seorang penyair genial, penyair besar di masa datang. Usaha Elsa tidak sia-sia, pada waktunya, Lili dan suaminya adalah  pengagum kental Mayakovsky dan bahkan kemudian lagi Mayakovsky telah jatuh cinta pada Lili yang telah bersuami. Lili juga seorang wanita yang dilahirkan sebagai wanita yang mempunyai naluri petualang sex yang mempunyai  banyak skandal sex bahkan hingga ia punya suami. Tapi Lili tidak pernah mencintai Mayakovsky meskipun dia tetap mengagumi kegenialan Mayakovski sedangkan Mayakovsky bukan main tergila-gilanya dan mencintai Lili dan bahkan dia pernah mengadakan percobaan bunuh diri karea cintanya yang tak berbalas. Cinta segi tiga antara Elsa yang adik Lili dan Lili serta Mayakovsky merupakan cerita-cerita yang menarik dan mengasikkan tapi juga tragis. Belum lagi hubungan Mayakovsky dengan perempuan-perempuan lainnya. Kesimpulan umumnya adalah bahwa Mayakovsky adalah salah satu dari para manusia genial dan virtuos dunia yang tidak bahagia hidupnya. Ia mengahiri hidupnya sendiri dengan sebuah pistol yang menembus dadanya di tahun 1930. Dan Mayakovsky adalah juga penempuh jalan bunuh diri sepeti juga penyair Rusia terkenal, Esenin. Sedangkan dua penyair Rusia lainnya seperti Lermontov dan Pusykin meskipu mati dalam pertarungan duel yang tidak seimbang yang menyedari dirinya pasti kalah, adalah juga sesungguhnya bentuk bunuh diri.
Berhati hatilah, janga cepat-cepat memilih hidup sebagai manusia genial!
asahan

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Weight Loss Group

on Yahoo! Groups

Get support and

make friends online.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment