Saturday, October 17, 2009

[ac-i] Press Release & Undangan “SENI VIDEO DAN MEDIA BARU” 18 – 21 Oktober 2009 (Launching & Bedah Buku/Penayangan Video)

 





 



Press Release

(17 Oktober 2009)

 

 

Indonesia Visual Art Archive (IVAA) bekerjasama dengan

Krisna Murti dan South Project
Menyelenggarakan serial program
"SENI VIDEO DAN MEDIA BARU"

Sekretariat IVAA, Patehan Tengah 37, Yogyakarta

18 - 21 Oktober 2009

 

 

1. Launching Buku "Esai tentang Seni Video dan Media Baru" karya Krisna Murti

(18 Oktober 2009, jam 19.00, Patehan Tengah 37)

 

... membincangkan media baru seringkali kita lupa bila dalam kehidupan sehari-hari ia sudah dipraktikkan secara kolektif sebagai budaya media (baru). Penggunaan secara fungsional dan sebagai hiburan: TV, video, ponsel, komputer dan piranti lunaknya, games dan internet menjadi contoh biasa di masyarakat. Bahkan kita sering tidak sadar menggunakan mesin ATM atau memeriksa kehamilan memakai perangkat USG (Ultra-Sonography) juga termasuk menjalani budaya 'layar' itu. Yang tidak biasa justru dengan teknologi informasi (TI) dan teknologi media (TM) itu tanpa kita sadari sudah merubah cara kita melihat realitas, meredefinisi kehadiran dan perilaku - meruntuhkan kesepakatan yang dulu pernah menjadi rujukan bersama (Krisna Murti, 2009, hal. 52)

 

Di dalam konteks perkembangan media baru dewasa ini, buku karya Krisna Murti "Esai Tentang Seni Video dan Media Baru (Essays on Video Art and New Media)" dapat diartikan sebagai sejenis tulisan yang langka sekaligus penting. Salah satu sifat kelangkaan buku Krisna Murti justru ada pada tawaran pembahasan media baru – yang kita praktikkan sekaligus mencekam kita dalam hidup sehari-hari – sebagai sebuah tema yang diletakkan dalam dimensi sosio-kultur-historis yang kontekstual dan kritis. Sebuah ajakan untuk pengambilan jarak. Refleksi.

 

Lebih jauh lagi, seperti yang dikerjakan Krisna selama ini sebagai praktisi - seniman (video art), praktik dan wacana media baru sesungguhnya bisa menjadi alat ataupun media dalam pengambilan posisi di tengah konteks situasi dan kondisi kekinian. Terkait misalnya dengan isu-isu demokrasi, partisipasi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Salah satu alasan penting terbitnya buku Krisna ini (dan kemudian membicarakannya) tidak lain merupakan tindakan untuk memahami media baru, dunia yang kita geluti sehari-hari, memeriksa kembali alam pikiran yang mengendap di benak kepala,  bahkan sebuah upaya untuk keluar sejenak dari perangkap stereotip wacana industri, konsumsi dan gaya hidup selama ini.

 

Bagaimana bisa? Apakah tawaran itu? Bagaimana hal ini dijelaskan dan dikerjakan?

 

Indonesia Visual Art Archive (IVAA) bekerjasama dengan South Project dan Krisna Murti mengundang Anda, siapapun juga, untuk terlibat secara asyik di dalam acara diskusi Bedah Buku "Esai Tentang Seni Video dan Media Baru (Essays on Video Art and New Media)" karya Krisna Murti yang diselenggarakan sebagai berikut:

 

Waktu

Hari Minggu, 18 Oktober 2009

jam 19.00 – 22.00 BBWI

 

Tempat

Sekretariat Indonesia Visual Art Archive (IVAA)

Jalan Patehan Tengah no. 37 Yogyakarta

 

Presenter

  1. Ade Tanesia (Combine Resource Institute)
  2. Jompet Kuswidananto (seniman)

3.      Krisna Murti (Penulis Buku "Essays on Video Art and New Media")

4.      St Sunardi (Dosen Magister Ilmu Religi dan Budaya, Universitas Sanata Dharma)

 

Moderator

Pitra Ayu Hutomo

 

 

2. Screening Video Art

Sebelum acara diskusi dimulai, jam 16.00 BBWI, 18 Oktober 2009 ,bertempat di ruang Perpustakaan IVAA,  akan dilakukan screening video:

-        kompilasi 24 video art Amerika Latin "Bolivarian Dream"

-        kompilasi 3 video art South Project (diantaranya Multiple City)

-        kompilasi video art koleksi arsip IVAA

 

 

3. Perpustakaan IVAA: Akses Online Archive dan Pemutaran Video Art

Dipersilakan akses secara online dokumen/arsip koleksi IVAA yang berkaitan dengan tema video art dan media baru. Pemutaran video dan pameran arsip akan terus berlangsung selama 3 hari kemudian (19 – 21 Oktober 2009) setiap hari di Perpustakaan IVAA mulai jam 10.00 – 16.00 BBWI. Setiap pengunjung bisa juga mengakses online archive dan video-video art dari laptop masing-masing selama berada di area Perpustakaan IVAA.

 

Online Archive IVAA bisa diakses di: http://oa.ivaa-online.org/oa/?

Mengenai IVAA bisa diakses di: http://www.ivaa-online.org/home/

Mengenai South Project bisa diakses di: www.southproject.net

 

 

 

Contact person:

Yoshi Fajar Kresno Murti

telp. 0274 – 375247, 0812 15 78398,

email: yoshi.fajar@ivaa-online.org




-

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Celebrity Parents

Spotlight on Kids

Hollywood families

share stories

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment