Thursday, October 29, 2009

[ac-i] "Serunya Diary Rame-rame Tujuh Komikus", menjadi ulasan ke 51 buku komik cetak

 

"Serunya Diary Rame-rame Tujuh Komikus", menjadi ulasan ke 51 buku komik cetak.

Selengkapnya ada di:

http://pragatcomic.com/new/index.php?option=com_content&task=view&id=125&Itemid=1


Serunya Diary Rame-rame Tujuh Komikus E-mail
Thursday, 29 October 2009
Image
Cover Antologi 7
Penerbit Curhat Anak Bangsa benar-benar ingin memposisikan sebagai penerbit graphic diary. Setelah menerbitkan komik salah satu pendirinya yaitu TitaLarasati, terus menerbitkan komik Cerita Si Lala karya Sheila, dan terus Cikibawa Waw karyanya Adiputra. Tiga komik dalam setahun, dan dalam rangka setahunnya, CAB mengundang banyak komikus untuk membuat komik curhat secara beramai-ramai. Komikus tersebut selain 3 komikus di atas ada juga Alfie Zachkyelle, Caravan Studio (Afif Numbo, Ijur, & Chris Lie), Motulz, Rhoald Marcellius, Beng Rahardian, dan Azisa Noor. Komik ini saling melengkapi untuk menggambar kehidupan keseharian para komikus. Sebuah karya yang wajib dibaca dan dikoleksi!

 

Cover berwarna putih yang dibuat Sheila Rooswitha dan Harry Martawijaya ini sangat ok. Saya sangat suka gambar mobil di cover belakangnya. Beragam gaya gambar juga dimunculkan dalam bentuk wajah para karakater yang digambar para pengarangnya. Realis, kartun sampai dekoratif akan bermunculan di sini. Dan hanya Rhowald yang membuat karakter kartun berparuh, sementara yang lainnya menggambarkan dirinya sendiri.

Cerita curhat yang terdalam mungkin jatuh ke karya Alfie, dalam 7 halaman berhasil memunculkan curhat untuk penggambaran kisah panjangnya, dibanding karya lain yang ceritanya kebanyakan dalam waktu yang pendek. Beberapa komikus menceritakan pengalamnnya sebagai komikus atau freelance illustrator dalam menghadapi klien. Ada juga kisah Beng dengan komunitas Akademi Samalinya yang terkenal paling aktif dalam membuat acara komik yang menarik. Atau ada perjalanan Tita ke Bangkok, Azisa dengan pengalaman di Bandung Heritage Society, dan kenangan Adiputra dengan rumah yang harus ditinggalkannya. Dan cerita yang paling lucu adalah kejadian di Studio Caravan milik Chris Lie, studio komik yang sudah banyak mengeluarkan karya dengan prestasi internasional. Banyak pengalaman menarik dan seru di sana…

Para komikus ini termasuk yang aktif berkarya, berkomunitas, dan  semuanya mempunyai blog dan portofolio online. Jadi kegiatan mereka bisa dikunjungi di internet dan beberpa komikusnya mencantumkan alamat webnya di buku ini. CAB yang diproduseri Rony Amdani sepertinya sukses terus menerbitkan karya yang ternyata sudah banyak peminatnya.  Curhat Anak Bangsa bisa menjadi acuan dalam membuat penerbitan, disamping beberpa peenerbit komik yang mulai bermunculan terus. Kita tunggu terbitan terbarunya lagi dari CAB… Terbitan buku komik kelimanya.


 
ahmadzeni

Image
Klik cover Bujang Anom untuk melihat katalog komik!

PragatComic.com
Web Pergerakan Cergam Baru.
Selalu Ada Komik Terbaru!


Jatiwangi.Net
Tempat Komunitas Jatiwangi!


__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Hollywood kids

in the spotlight

Their moms

share secrets

Group Charity

GiveWell.net

Identifying the

best non-profits

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment