Monday, February 22, 2010

[ac-i] Museum, museum, museum...

 

Museum, museum, museum...

Di banyak negara maju atau kaya, museum ini selalu mendapatkan tempat yang utama dalam tata kotanya. Serta dipelihara dan didukung oleh pemerintah serta masyarakatnya. Museum dijadikan salah satu landmark atraktif untuk turism. Bahkan sebagai icon kota atau negara.


Peradaban Barat (yang memperkenalkan museum) berakar dari kebudayaan Yunani yang kemudian mengalami pencererahan pada jaman Renaisans. Peradaban Barat, wuss, berteori dikit neh, dibentuk oleh tiga pilar utama, yakni Science (Ilmu pengetahuan)Ethic (Hukum) dan Aesthetic (Keindahan/seni), sebagai penyangganya. Sebagai contoh, kita bisa melihatnya lewat masterplan kota Canberra, Ibu kota Australia.

Simak selangkapnya catatan Dadang Christanto (perupa, tinggal di Australia) yang berbincang tentang museum di http://indonesiaartnews.or.id/


__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment