Tuesday, February 9, 2010

[ac-i] "Something We've Built"

 



Pameran "Something We've Built" karya perupa Hari Prajitno

Bangunan metafora visual itu sebenarnya sederhana. Setidaknya, kerangka dasar pemikirannya tidak datang dari dunia antah berantah yang jauh dari ujung hati dan tempurung kepala sang seniman. Namun Hari Prajitno, sang seniman ini, mampu memberi upaya pembumian atas pemikirannya itu. Bahkan cenderung dengan terang-benderang. Dan terasa datang dari dunia yang sehari-hari, setidaknya bagi masyarakat pedusunan Jawa.

Pada pameran tunggalnya di Museum Dan Tanah Liat (MDTL) di Menayu Kulon no. 55 Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, nuansa "kampung" itu kuat terasa. Begitu masuk ruang pameran yang tak terlalu luas, penonton langsung disergap oleh citra sebuah mangkok raksasa setinggi kira-kira 1 meter. Di bawahnya tertata batu cadas putih. Mangkok itu tersusun dari jalinan batang padi kering yang rapi menutup rapat rangka besi di baliknya.

Selengkapnya, simak di http://indonesiaartnews.or.id/




__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment