Thursday, April 30, 2009

[ac-i] Fw: [mediacare] Kethoprak Tampilkan Identitas Lokal (dan pada akhirnya kebangsaan)



 

Seni dan budaya lokal maupun nasional seperti ini perlu dipertahankan dengan segigih mungkin eksistensinya. Karena banyak wisdom yang terkandung sebagai peninggalan persepsi dan apresiasi keindahan nenek moyang kita.
Jangan sampai seni teater yang indah seperti ini digusur lebur oleh "seni" seperti Tari Perut atau striptease yang sekadar meliuk-liukan aurat perempuan bahenol untuk mendongkrak nafsu pria poligamistis berselera rendah. Jangan kita terbodohi bahwa kemben yang dipakai artis di foto ini karena mungkin memperlihatkan ketiak lalu harus diganti dengan busana hitam legam dari telapak kaki hingga ujung rambut.
mlm
 
Kethoprak Tampilkan Identitas Lokal
Pentaskan Kerabat Kerja Seniman Muda Surakarta, Kethoprak Balekambang Solo.
    Kamis, 23 April 2009 | 20:26 WIB
    Laporan wartawan KOMPAS Indira Permanasari S

    JAKARTA, KOMPAS.com - Kesenian kethoprak mampu tampil membawa dan memperkenalkan identitas lokal dan pada akhirnya kebangsaan.
    Demikian diungkapkan Retnowati dalam sidang untuk mempertahankan disertasinya yang bertajuk Kethoprak Sebagai Identitas, Suatu Kajian Kelompok Kethoprak Arum Budoyo di Juwana Pati, Jawa Tengah, Kamis (23/4). Retnowati mendapatkan gelar doktor di bidang Antropologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia dengan yudisium memuaskan.
    Penelitian dilakukan di wilayah Pesisir Utara Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Pati. Di wilayah tersebut, kethoprak sangat dekat dan menyatu dengan kehidupan masyarakat. Bahkan, berkembang. Selain itu, sebagai kota kabupaten, Pati merupakan kota yang dinamis menghadapi perkembangan dari dalam maupun luar.
     
    Kethoprak jelas bukan fenomena kesenian tanpa arti. Kethoprak mengambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa dalam pentas dan lakon-lakon yang ditampilkan. Kethoprak juga dapat dijadikan sarana belajar dan tuntunan hidup serta usaha pemulihan ketertiban sosial. Terdapat wewaton atau aturan hidup yang diyakini dan dianut bersama.
     
     



    Get your preferred Email name!
    Now you can @ymail.com and @rocketmail.com.



    No virus found in this incoming message.
    Checked by AVG - www.avg.com
    Version: 8.5.287 / Virus Database: 270.12.9/2087 - Release Date: 04/29/09 18:03:00

    __._,_.___
    blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

    -----------------------
    Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
    Recent Activity
    Visit Your Group
    Y! Messenger

    All together now

    Host a free online

    conference on IM.

    Search Ads

    Get new customers.

    List your web site

    in Yahoo! Search.

    Group Charity

    Hands On Network

    Volunteering has

    never been so easy

    .

    __,_._,___

    No comments:

    Post a Comment