Saturday, May 23, 2009

[ac-i] Bikin novel dan film di writing camp Rumah Dunia, yuk!



WRITING CAMP RUMAH DUNIA:

"BIKIN NOVEL DAN FILM, YUK!"

RUMAH DUNIA, 26, 27, 28 MEI 2008

 

A.     BELAJAR SAMBIL MENYUMBANG:

Rumah Dunia adalah sebuah pusat belajar jurnalistik, sastra, dan film bagi masyarakat, terletak di halaman belakang belakang rumah Gola Gong seluas 1000 meter persegi, di Komplek Hegar Alam 40, kampung Ciloang, Serang 42118, Banten. Setelah bergulir 7 tahun, kegiatan-kegiatan di Rumah Dunia semakin banyak dan seolah menjadi taman budaya alternatif di Banten. Bahkan menjadi secara nasional dijadikan rujukan komunitas baca yang  progresif. Sesuai dengan kebutuhan itu, kini Rumah Dunia sedang berusaha membebaskan tanah seluas 2873 meter persegi. Lokasinya persis di depan Rumah Dunia, tempat biasa dipergunakan parkir. Jika tanah itu berhasil dibebaskan dengan bantuan sedekah dari teman-teman, akan kami bangun gedung kesenian, WC umum bagi warga, kios jajanan kampung, ruang  pameran, gedung perpustakaan, panggung terbuka, galeri lukisan, dan lapangan basket.

 

Berbagai cara dilakukan untuk membebaskan tanah seluas 2873 meter persegi itu yang  dibatasi hingga 1 Juli 2009. Jika lewat batas waktu itu, pemilik tanah akan menjual ke pihak   lain. Konon, beberapa pengusaha lokal mengincar tanah itu untuk dijadikan kegiatan bisnis bahan material bangunan. Cara pertama yang kami lakukan dimulai dengan "Gerakan Sedekah Untuk  Kemuliaan Rumah Akherat Melalui Rumah Dunia" pada 20 April 2009, yang terus bergulir  dan sudah berhasil mengumpulkan sumbangan seluas 513 meter persegi per-24 Mei 2009. Gerakan ini terus berjalan hingga batas 1 Juli 2009.Upaya lain adalah dibentuknya lini usaha Rumah Dunia, yaitu Gong Media Cakrawala  (GMC) yang bergerak di event organizer, penerbitan, dan film.

 

Untuk mensukseskan upaya pembebsan tanah ini, maka GMC bekerjasama dengan Banten Raya Post, Radio Top FM  Cilegon, Penerbit Gagas Media, Suhud Media Promo, Banten TV, dan Rumah Produksi Indika Entertainment, akan menggelar kegiatan belajar sambil menyumbang berupa pelatihan novel dan fim dalam  acara bertajuk: "Writing Camp Rumah Dunia : Bikin Novel dan Film, Yuk!" yang akan berlangsung pada 26, 27, 28 Juni 2008, bertempat di Rumah Dunia.

 

Cara ini semoga mendapat respon positif dari teman-teman, karena ada timbal  baliknya. Teman-teman menyumbang, tapi mendapatkan sesuatu berupa pelatihan menulis  novel dan pembuatan film dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

 

B.     TUJUAN:

  1. Memberikan wawasan tentang bagaimana sebuah penerbitan buku menerima ide-ide cerita dari penulis.
  2. Memberikan wawasan tentang bagaimana industri perfileman di Indonesia.
  3. Memberikan  tips-tips mudah penulisan novel, skenario film, dan pembuatan film indie.
  4. Memunculkan lagi spirit gotong-royong sebagai warisan leluhur budaya kita.

 

C.     PELAKSANAAN

 

Writing Camp Rumah Dunia ini dilaksanakan pada 26, 27, dan 28 Juni 2009, persis di hari Jum'at hingga Minggu. Kami sengaja mengambil waktu ini, agar aroma week end terasa kuat. Peserta diharapkan check in pada Jum'at sore. Pelatihan ini secara marathon berlangsung, tapi diselingi pentas seni serta ruang berekspresi bagi peserta, sehingga aroma wisata terasa kuat sekaligus menghibur. Belajar dengan metode interaktif serta kemasan seni, insya Allah, akan membuat peserta nyaman, serasa di rumah sendiri dan santai.

 

Semua kegiatan berlangsung di Rumah Dunia dan peserta menginap di rumah-rumah penduduk. Dengan cara seperti ini, peserta akan menemukan lautan ide untuk digarap menjadi ide cerita novel atau film. Selama 3 hari, peserta akan merasakan stimulus secara langsung, berupa interaksi sosial dengan masyarakat. Ini yang membedakan pelatihan di Rumah Dunia dengan di tempat lain, yaitu belajar dengan sentuhan seni. Juga menu-menu makanan khas kampong yang mengundang selera.

 

D.     SASARAN PESERTA

Sasaran peserta workshop adalah: Pelajar, Mahasiswa dan Umum: dibatasi 50 orang.

 

E.      FASILITATOR:

Para pembicara Writing Camp Rumah Dunia ini adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya, terdiri dari:

 

  1. Gola Gong (Penulis Bestseller), Penulis dari lebih 70 novel dan ratusan skenario film, dan pengelola Rumah Dunia
  2. Tim Penerbit Gagas Media, Jakarta
  3. Tim Kreatif Rumah Produksi Indika Entertainment, Jakarta.
  4. Fahri Asiza, penulis scenario sitcom Office Boy di RCTI, pengarang novel dan Pimpinan CreatiFA,  lembaga kreatif pimpinan Fahri Asiza, tim kreatif Kepompong (SCTV), Super Men (SCTV), dan Bukan Romeo Juliet (ANTV). Fahri juga dikenal sebagai pengarang novel produktif. Pernah meraih penghargain sebagai penulis produkstif versi Islamic Book Fair, setahun menulis 24 novel (2005) dan Penulis Cerita Anak Terbaik (IBF 2006) lewat novel "Jas Hujan Buat Abi".
  5. Agres Setiawan, sineas muda lulusan IKJ, praktisi perfileman
  6. Piter Tamba (sutradara Banten TV)

 

F.      KEGIATAN PENDUKUNG

  1. Pentas Musikalisasi Puisi Ki Amuk, divisi musik Rumah Dunia pimpinan Firman Venayaksa (Presiden Rumah Dunia), yang sudah membuat CD album berjudul "Mencari Pelangi" yang diproduseri Jaya Komarodin Cholic
  2. Pembacaan Puisi Toto ST Radik, penasehat Rumah Dunia, peraih penghargaan Penyair Terbaik Komunitas Sastra Indonesia Award pada 1999 dengan antologi puisi "Indonesia Setengah Tiang"
  3. Pantomin Dedi Setiawan, tutor teater Rumah Dunia, peraih penghargaan juara monolog se-Banten 2005, dan juara 2 monolog mahasiswa se-Indonesia di Kalimantan (2006).
  4. Pembuatan film pendek bersama tim kreatif Rumah Produksi India Entertainment
  5. Xpresikan Dirimu, pentas seni dari peserta berupa pembacaan puisi, menyanyi, standing comedi, atau apa saja.

 

G.     PENDAFTARAN DAN KONTRIBUSI

Pendaftaran berlaku sejak dikeluarkannya pengumuman ini hingga 25 Juni 2009. Panitia tidak menerima pendaftaran di tempat (on the spot). Biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu).

 

Dengan biaya itu peserta selain mendapatkan pelatihan, meninap di rumah penduduk, disuguhi menu khas Banten, pentas seni, pembuatan film pendek, kunjungan ke industri Rumah Batik Banten, juga akan mendapatkan souvenir berupa: Seminar kit, Sertifikat, CD album Ki Amuk, Buku "Jangan Gak Mau Nulis Seumur Hidup" karya Gola Gong.

 

Biaya pendaftaran dikirim ke Rekening Panitia di BCA Cabang Serang , No.Rek. 245-00-22-

368, a.n. Asih Purwaningtyas C. Konfirmasi lewat SMS ke nomor 081513310132 (Tias),

085220048902 (Pramita) dan 081906110059 (Ibnu).

 

Tempat Pendaftaran ke Rumah Dunia yang beralamatkan di Komplek Hegar Alam 40, Kampung Ciloang Pintu tol Serang Timur, Serang 42118, Banten, tlp: 0254 – 202861, Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

 

Kontak person : Tias Tatanka (081513310132), Pramitha Gayatri (085220048902), dan Ibnu Adam Avicena (081906110059).  Juga melalui email (reply all) ke : gm_cakrawala@yahoo.com, tiastatanka31@yahoo.com, mita_qt@yahoo.com,   pramita_gayatri04@yahoo.com,    ibnu.aviciena@gmail.com

 

H.     KEPANITIAAN

Ketua Pelaksana: Gola Gong, Kesekretariatan: Pramita Gayatri, Ibnu Adam Avicena, Bendahara: Tias Tatanka, Acara: Toto ST Radik, Firman Venayaksa, Langlang Randhawa, Asep SP, Wahyu Arya Wiyata, Akomodasi: Muhzen Den, Roy Gozly. Umum: Oki Daroki, Juned, Abdul Salam, Dokumentasi: Fery Setiawan, RG Kedungkaban, Aji Setiakarya, Artistik: Piter Tamba, Rimba Alangalang

 

I.        ACARA:

Writing Camp Rumah Dunia dilaksanakan selama 3 hari; Jum'at hingga Minggu secara marathon, tapi diselingi pertunjukan seni yang menghibur. Metodenya interaktif dan dikemas dengan aroma wisata. Acaranya sebagai berikut:

 

JUM'AT, 26 JUNI 2009:

13.00 – 17.00 : Check in dan registrasi peserta. Dihibur oleh pertunjukan Marawis dari

Ponpes SMPIT Daarul Faalah dan Pertunjukkan teater anak-anak Rumah Dunia. Menu minuman bajigur.

19.30 – 20.00 : Wellcome party, makan malam sop kaki dan sate.

20.00 – 21.00 : Pentas Musikalisasi Puisi Ki Amuk pimpinan Firman Venayaksa.

21.00 – 22.00 : Ramah tamah peserta writing camp dengan panitia pelaksana. Ada pemutaran film documenter Rumah Dunia.

22.00 – 05.00 : Istirahat

 

SABTU, 27 JUNI 2009:

07.00 – 08.00        : Sarapan nasi uduk & teh tubruk dengan iringan musik biola Asep SP, relawan Rumah Dunia, sarjana musik UPI Bandung

08.30 – 10.30        : "Cara Mudah Menulis Novel". Tips menulis fiksi dari realitas ke bentuk cerpen dan novel. Peserta bisa mendapatkan cara mudah menulis cerpen dan novel. Pembicara Gola Gong yang sudah menulis 70-an buku.

10.30 – 12.00        : "Ide yang Dibutuhkan Penerbit Buku". Strategi memilih ide yang dibutuhkan penerbit buku dan buka-bukaan dapur redaksi penerbitan buku. Pembicara team redaksi dari Penerbit buku Gagas Media, Jakarta, sebuah penerbit besar dengan produk-produk novel unggulan.

12.00 – 13.00        : Ishoma. Menu makan siang nasi timbel.

13.00 – 15.00 : "Menulis Skenario Itu Gampang". Tip-tip mudah menulis scenario televise. Pembicara dari tim CreatiFA pimpinan Fahri Asiza.

15.00 – 16.00 : Sholat Ashar. Ada kudapan bakso.

16.00 – 17.30: "Bikin Film, Yuk!". Peserta akan mendapatkan tips-tips mudah memindahkan ide cerita (cerpen dan novel) ke dalam bentuk disain program film, disain produksi. Ini adalah tahapan pra-produksi sebelum membuat film. Pembicara: Agres Setiawan, lulusan sinematografy IKJ.

19.30 – 21.00 : Ishoma dan menu makan malam gonjlengan ayam bakar dan nasi liwet.  Peserta dibagi 5 kelompok (masing-masing 10 orang). Setiap kelompok diberi nama seolah sebuah rumah produski dengan crew: Produser, Sutradara, Asisten Sutradara, Penulis Naskah, Kameraman, Editor, Lighting, Soundman, Artistik, Tata Rias. Gonjlengan adalah tradisi makan ngariung ala Banten. Setiap kelompok makannya beralaskan daun pisang.

21.00 – 21.30 : Pembacaan Puisi Toto ST Radik versus Monolog Dedi Setiawan

21.30 – 22.00 : Xpresikan dirimu. Pentas seni dari para peserta

 

MINGGU, 28 JUNI 2009:

07.00 – 08.00 : Sarapan nasi goreng dan teh tubruk, diiringi dengan iringan musik biola Asep SP, relawan Rumah Dunia, sarjana musik UPI Bandung.

08.30 – 10.30 : Simulasi pembuatan film Pendek. Masing-masing kelompok yang sudah dibagi menyiapkan rencana pembuatan film pendek dursai 7 menit; mulai dari scenario dan persiapan produki. Pemain bisa memanfaatkan relawan dan anak-anak Rumah Dunia. Tutor Agres Setiawan (sineas muda lulusan IKJ) dan Piter Tamba (sutradara Banten TV).

10.30 – 12.00 : "Rimba Perfileman Indonesia". Buka-bukaan tentang industri perfleman di Indonesia; bioskop dan televise. Tema-tema seperti apa yang sigemari masyarakat dan diminati produser rumah produksi. Pembicara dari tim rumah produski Indika Entertainment.

12.00 – 13.00 : Ishoma. Makan siang.

13.00 – 15.00 : Syuting pembuatan film pendek. Kamera disiapkan panitia.

15.00 – 16.00 : Sholat Ashar. Ada kudapan jajanan kampong dan bajigur.

16.00 – 17.30 : Proses post-productions (editing). Komputer (program) editing disiapkan panitia. Jika peserta membawa lapton sendiri dengan dilengkapi program/software dipersilahkan.

17.30 – 19.30 : Ishoma dan menu makan malam.

20.00 – 21.00 : Pemutaran Film Pendek karya masing-masing kelompok.

 

J.       PENUTUP

Writing camp Rumah Dunia dengan spirit "Belajar sambil Menyumbang" disebarkan melalui

jejaring social, pertemanan secara personal, lewat komunitas film dan baca, ekstra kurikuler di sekolah, dan UKM di kampus. Semoga mendapat dukungan semua pihak dan berjalan

dengan lancer.

 

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga. Semoga Allah meridhoi

niat baik kita. Insya Allah.

 

 

Tetap Semangat

Serang 24 Mei 2009

Tertanda

 

Gola Gong

Direktur Gong Media Cakrawala

(Event Organizer, Penerbitan, Film)

 

 


__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment