Sunday, May 17, 2009

[ac-i] Diskusi Buku Kolam di Salihara akan Dihadiri Sapardi



Diskusi Buku Kolam di Salihara akan Dihadiri Sapardi

Diskusi buku puisi berjudul Kolam di Salihara akan dihadiri penulisnya Sapardi Djoko Damono. Diskusi ini akan digelar hari Senin 18 Mei 2009 pukul 19.00 di Serambi Salihara, Pasar Minggu. Dalam diskusi ini Hasan Asphanani seorang seorang penyair dan blogger sastra akan menyampaikan makalah berjudul "Kenapa Mesti Ada Sore Hari? Kajian Ringkas puisi Sapardi Djoko Damono Dari Buku DukaMu Abadi hingga Buku Kolam". Sedangkan Muhammad al-Fayyadl penulis buku Derrida akan membawakan sebuah esai yang mengulas puisi-puisi Sapardi dari tinjuan filsafat dengan judul "Sapardi Djoko Damono dan Ekologi Puisi-puisinya"

Penyair Sapardi Djoko Damono baru-baru ini menerbitkan buku puisi terbarunya, Kolam –empat dasawarsa setelah kumpulan puisinya yang pertama, DukaMu Abadi (1969). Setelah bahasa dan sastra sekadar menjadi bagian dari lautan slogan dan jargon pada paruh pertama 1960-an, Sapardi merebut kembali kata sebagai milik paling asasi dalam penciptaan dan kebebasan. DukaMu Abadi bisa dilihat sebagai titik kelahiran kembali puisi lirik Indonesia. Puisi Sapardi dikenal membawakan lirisisme dan memiliki kelebihan bukan karena kerumitan makna atau keunikan bentuknya, namun karena menggunakan bahasa yang jernih dan sederhana. Kumpulan-kumpulan puisi Sapardi yang lain adalah Mata Pisau dan Aquarium (1974), Perahu Kertas (1983), Sihir Hujan (1984), Hujan Bulan Juni (1994), Ayat-ayat Api (2000), Ada Berita Apa Hari Ini, Den Sastro? (2002), Mantra Orang Jawa (2005), puitisasi mantra-mantra tradisional Jawa dalam bahasa Indonesia.

Sapardi sendiri memandang karya sastra dari dua segi: tematik dan stilistik (gaya penulisan). Dalam hal gaya, katanya, sudah banyak usaha pembaruan di Indonesia. Tetapi dari segi tema, tak banyak sastrawan mampu menghadirkan hal-hal baru. Bagaimana puisi-puisi mutakhir Sapardi mengolah tema dan bentuk pengucapannya sendiri? Adakah ihwal baru yang ditawarkan oleh Sapardi dalam Kolam ini? Ataukah Kolam sekadar reproduksi dan repetisi Sapardi terhadap puisi-puisinya yang dulu?

http://www.salihara.org/main.php?type=detail&module=news&menu=child&parent_id=5&id=34&item_id=707


Akses email lebih cepat.
Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini! (Gratis)

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

Yahoo! Groups

Mom Power

Discover doing more

for your family

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment