Sunday, May 17, 2009

[ac-i] Download Buku "Ilusi Negara Islam"



Salam,

Kami baru menerima berita dari Mas Ahmad Suaedy Direktur the Wahid Institute, toko-toko yang menjual buku "Ilusi Negara Islam" diteror: akan diserbu, dibakar melalui telepon-telepon tak dikenal.

Di Gramedia pun buku ini belum sempat beredar. Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan buku ini di pasaran. Syukur alhamdulillah, melalui jasa internet, pembredelan dan ancaman untuk sebuah karya tidak akan berhasil sempurna. Kini bagi siapa pun yang ingin membaca buku ini silakan mengunduhnya (download) melalui alamat berikut:

http://www.bhinnekatunggalika.org/galeri.html

-------

Untuk berita peluncuran buku ini Sabtu malam: http://oase.kompas.com/read/xml/2009/05/17/15241171/ilusi.negara.islam.diperbanyak.di.empat.negara


-----

Pers Release Peluncuran buku dan dvd

الحمدلله رب العالمين وبه نستعين على أمورالدنيا والدين
والصلاة والسلام على أشرف الأنبيآء والمرسلين سيدنا مجمد وعلى أله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين ، اما بعد

The Wahid Institute, Gerakan Bhinneka Tunggal Ika, dan The Maarif Institute


Tokoh Islam Moderat Meluncurkan Buku--"Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia," dan dan Seri TV/Video--"Lautan Wahyu: Islam sebagai Rahmatan lil-'Alamin," untuk Mewujudkan Islam sebagai Rahmatan lil-'Alamin

Jakarta, 16 Mei 2009


JAKARTA, INDONESIA (16 Mei 2009)—Tiga tokoh besar Islam moderat meluncurkan buku dan seri video untuk melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia yang santun dan toleran berdasarkan nilai-nilai luhur agama, serta mewujudkan dunia yang aman, damai, dan sejahtera. Program ini juga bertujuan membantu dunia mengatasi krisis kesalahpahaman tentang agama dan kesalahkaprahan pengamalannya yang mengancam kedamaian di mana-mana.

Mantan Presiden Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), bersama mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif (Buya), dan tokoh terkemuka Nahdlatul Ulama, KH. A. Mustofa Bisri (Gus Mus), bersama-sama mengajak dan berusaha mengilhami masyarakat dan para elit untuk bersikap terbuka, rendah hati, dan terus belajar agar bisa memahami agama secara spiritual dan mendalam. Karena dengan cara demikian pemahaman agama kelompok garis keras yang dangkal dan sempit tidak akan bisa menginfiltrasi dan menghasut bangsa Indonesia untuk mengkhianati nilai-nilai luhur ajaran agama serta tradisi dan budaya bangsanya.

"Saya tidak khawatir terhadap non-Muslim atau siapa pun selama mereka terus belajar; yang saya khawatirkan adalah ketika seseorang berhenti belajar dan menganggap kebenaran sudah ada di tangannya dan kemudian menganggap yang lain salah. Sebab, sabda Nabi saw., 'Orang akan tetap baik-baik saja, tetap pandai selama mau belajar. Ketika orang itu berhenti belajar karena sudah merasa pandai, mulailah dia bodoh'," (Gus Mus).

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi salah satu medan pertarungan ideologi yang signifikan. Kelompok-kelompok garis keras telah menggunakan simbol-simbol agama untuk merekrut dukungan umat Islam. Dengan menggunakan bahasa yang sama dengan umat Islam pada umumnya, mereka berusaha meraih dukungan atas nama agama sebanyak-banyaknya. Padahal, makna yang mereka pahami jauh berbeda dari makna yang lazim dipahami oleh umat Islam Indonesia.

Ketiga tokoh ini menegaskan pentingnya melestarikan Pancasila, UUD 1945, dan NKRI, serta nilai-nilai luhur agama yang menjiwai bangunan bangsa dan negara Indonesia, yang kini dibayang-bayangi oleh infiltrasi paham dan aksi-aksi gerakan transnasional yang meresahkan. Demi tujuan ini, mereka menyerukan persatuan dan kerjasama semua pihak dan lapisan masyarakat, karena kebenaran yang tidak terorganisai bisa dikalahkan oleh kejahatan maupun kezhaliman yang terorganisasi.

The Wahid Institute, Maarif Institute, dan Gerakan Bhinneka Tunggal Ika bersama-sama menerbitkan buku Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia, yang merupakan hasil penelitian lapangan dan konsultasi selama lebih dari dua tahun. Penelitian lapangan yang meliputi 24 kabupaten di 17 propinsi ini melibatkan tak kurang dari 30 peneliti yang kebanyakan berasal dari jaringan UIN/IAIN. Mereka telah melakukan wawancara mendalam terhadap 591 responden yang berasal dari 58 kelompok dan organisasi yang berbeda.

Buku ini juga dilengkapi dengan hasil konsultasi dengan para ulama, intelektual, aktivis ormas Islam, para pengusaha, praktisi pendidikan, dan pejabat pemerintahan yang merasa prihatin dengan perkembangan gerakan Islam transnasional di Indonesia. Penelitian lapangan dan konsultasi dengan para tokoh ini berhasil mengungkap asal-usul, ideologi, agenda, dana, sistem, dan jaringan gerakan Islam transnasional dan kaki tangannya di Indonesia. Di samping rekomendasi untuk menghadapi dan mengatasi gerakan garis keras, buku ini juga menyajikan counter teologis atas klaim-klaim telogis mereka.

"Studi ini kami lakukan dan publikasikan untuk mengbangkitkan kesadaran seluruh komponen bangsa, khususnya para elit dan media masa, tentang bahaya ideologi dan paham garis keras yang dibawa ke Tanah Air oleh gerakan transnasional Timur Tengah dan tumbuh seperti jamur di musim hujan dalam era reformasi kita," tulis KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Buku ini adalah salah satu buku yang bisa menggugah kesadaran kita," kata Prof. Dr. A. Syafii Maarif, yang juga merupakan salah seorang narasumber dan penasehat seri televisi Lautan Wahyu.

Sedangkan seri video Lautan Wahyu: Islam sebagai Rahmatan lil-'Alamin adalah hasil interview dengan para ulama dan intelektual dalam dan luar negeri mengenai beberapa aspek ajaran Islam, terutama yang selama ini telah dipahami dan dipraktikkan secara salah kaprah. Seri Lautan Wahyu ini diharapkan bisa membuka pikiran dan hati serta memperluas wawasan tentang ajaran Islam, agar tujuan utama Kanjeng Nabi Muhammad saw. diutus, yakni sebagai wujud kasih-sayang Tuhan bagi seluruh makhluk yang akhir-akhir ini seperti dibantah oleh aksi-aksi beberapa kelompok umat Islam sendiri, bisa terwujud sebagaimana mestinya.

"Pesan al-Qur'an memang luar biasa, sebesar kesadaran manusia sendiri. Kalau kesadaran manusianya barbarian, apalagi (al-Qur'an) hanya dibaca untuk pembenaran berkelahi," ungkap Moeslim Abdurrahman, maka Islam tidak akan bisa menjadi rahmat bagi seluruh makhluk-Nya. Dan, "Setiap dakwah yang bertentangan dengan prinsip-prinsip al-Qur'an (hikmah, peringatan yang baik, perdebatan yang lebih baik), adalah dakwah yang salah. Para ulama dan intelektual wajib mengingatkan pelaku dakwah yang demikian, dan jika mereka menolak maka pemerintah wajib menangkap dan menghukum mereka sesuai dengan aturan yang berlaku," jelas Syeikh al-Akbar al-Azhar, Dr. Muhammad Sayid Thanthawi, salah seorang narasumber dan penasehat program Lautan Wahyu.

Buku dan seri TV/video ini menegaskan pentingnya melestarikan nilai-nilai luhur agama, tradisi dan budaya bangsa yang santun serta toleran, dan sekaligus menyajikan counter teologis atas idiom-idiom dan term-term keagamaan yang selama ini sering digunakan oleh gerakan extremis transnasional untuk merekrut simpati dan dukungan dari umat Islam, seperti dakwah, amar ma'rûf nahy munkar, Khilafah Islamiyah, dan lain-lain. Secara khusus, dalam buku ini juga dilampirkan dokumen SKPP Muhammadiyah No. 149/Kep/I.0/B/2006 yang merupakan keputusan untuk membela diri dari infiltrasi partai politik seperti PKS, dan Keputusan Majlis Bahtsul Masa'il NU bahwa Khilafah Islamiyah maupun negara Islam tidak mempunyai rujukan teologis baik di dalam al-Qur'an maupun hadits. Dokumen-dokumen ini adalah peringatan tegas dan kuat bahwa gerakan transnasional yang mengancam Pancasila, UUD 1945, dan NKRI, serta praktik dan tradisi keberagamaan bangsa Indonesia.

Usaha untuk mengatasai ancaman ini harus dilakukan secara damai dan bertanggung jawab, khususnya melalui pendidikan dan pembinaan kebebasan beragama dan berkeyakinan. Maka tanpa mengesampingkan pentingnya pembangunan ekonomi, pengelolaan pendidikan dan aspek-aspek keagamaan yang mengutamakan tradisi dan budaya bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai luhur agama, dalam jangka panjang merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Buku Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia dalam bentuk e-book dapat diperoleh secara gratis melalui www.bhinnekatunggalika.org



Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment