Wednesday, July 22, 2009

[ac-i] Nanti dari Pelabuhan Lamongan bisa tak gendong kemana-mana

 

 Radar Bojonegoro
[ Selasa, 21 Juli 2009 ]
Siapkan 11 Trayek Kapal Antarpulau
LAMONGAN - Meski pelabuhan ASDP di Desa Tunggul, Kecamatan Paciran baru ditarget beroperasi tahun depan, pihak pengelola telah menyiapkan 11 trayek kapal penumpang antarpulau.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lamongan Agus Suyanto mengatakan, trayek-trayek itu adalah Lamongan-Bawean, Banjarmasin, Balikpapan, Batulicin, Makasar, Pontianak, Sampit, Kumai, Maumere, Ende, dan Kupang. "Nantinya pelabuhan ASDP Lamongan itu akan diproyeksikan menggantikan peran pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya khusus untuk melayani kapal penumpang. Sebab pelabuhan Tanjung Perak sudah semakin padat trayek kapalnya, mulai kapal penumpang hingga barang," katanya kemarin (20/7).

Menurut dia, dipilihnya Lamongan sebagai lokasi pembangunan ASDP karena lokasinya dinilai cukup strategis untuk menjangkau berbagai daerah di Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Sehingga, penumpang kapal yang turun di pelabuhan ASDP Lamongan mudah meneruskan perjalanan ke berbagai daerah. "Akses Paciran ke Surabaya juga mudah, jaraknya hanya sekitar 68 km melalui jalan nasional dan sebagian jalan tol," terangnya.

Agus mengungkapkan, sebagian besar dana untuk pembangunan pelabuhan ASDP yang mencapai Rp 170 miliar itu berasal dari APBN. Meski demikian, Pemkab Lamongan juga ikut memberikan kontribusi. "Share pemkab berupa pembebasan lahan seluas 4,5 hektare, studi terminal terpadu, studi amdal, pembangunan terminal terpadu dan pembangunan jalan radial Kota Lamongan ke pelabuhan ASDP," paparnya.

Seperti diberitakan, tahun depan pelabuhan ASDP Lamongan ditargetkan beroperasi. Dari kebutuhan dana Rp 170 miliar sudah terserap Rp 90 miliar untuk 15 kegiatan. Kekurangan dana Rp 80 miliar akan dipakai untuk pembangunan breakwater (bangunan pemecah ombak) untuk pengamanan areal pelabuhan dan keselamatan pelayaran. (feb)

 


Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment