Sunday, July 26, 2009

[ac-i] TVRI Tempo doeloe

 

Monday, July 03, 2006

Menuju TVRI Sebagai TV Publik, sebuah artikel

Menuju TVRI Sebagai TV Publik:
TAK KENAL MAKA TAK SAYANG,
TAK SAYANG MAKA TAK MERASA MEMILIKI
Oleh: Maya Fitrianingsih

Takjub pula bila saya mengingat masa lalu. Tiap Sabtu malam, saya yang masih duduk di bangku awal Sekolah Dasar, berbondong bersama kakak, ibu, kadang pula bapak, menuju rumah Lik Kismo, tetangga kami. Di sana kami bertemu beberapa keluarga lain yang punya tujuan sama: menonton ketoprak yang ditayangkan TVRI Jogja (TVRI stasiun Yogyakarta).

Sesekali kami ingin menonton lebih lama. Tak lupa saya membawa kain sarung untuk selimut sehingga waktu acara Dunia Dalam Berita saya bisa tidur dulu tanpa kedinginan. Selepas siaran berita tiap pukul 21.00 WIB itu, kami bisa menonton film, kuis atau hiburan musik. Betapa mahalnya sebuah tontonan televisi, bukan sekadar karena tak punya pesawat televisi tapi TVRI-lah the single fighter televisi saat itu.

Minggu pagi, cerita anak-anak Unyil, klip-klip musik yang dirangkum dalam acara Album Minggu serta seri Little Missy yang saya nantikan. Saya jadi ingat, betapa Little Missy menjadi cerita hiburan yang merogoh emosi penonton, mirip halnya Maria Mercedes yang merebut hati penonton dan mengawali booming cerita telenovela beberapa tahun lalu. Masih ada pula catatan di otak saya pada tayangan yang melegenda seperti Jendela Rumah Kita, Siti Nurbaya dan Sengsara Membawa Nikmat.

Ya, itu sekadar nostalgia yang hanya sesekali saja menyenangkan untuk dikenang. Potret sejarah. Yang berbicara betapa TVRI telah puluhan tahun menemani penontonnya, meninggalkan sebagian jejak-jejaknya dalam ruang memori saya. TVRI telah 43 tahun menuliskan sejarahnya sejak siaran percobaannya pada HUT RI ke-17 di Istana Merdeka hingga seminggu kemudian mulai mengudara lewat siaran langsung pembukaan Asian Games IV (24 Agustus 1962).

Saya tergelitik dan secara tak sadar mencoba membuka ruang nostalgia acara-acara TVRI dan membawa saya untuk mengaduknya bersama pengalaman dan kesan yang saya rasa mengendap pada ruang sadar saya.
***
TVRI sebagai corong pemerintah di masa Orde Baru, siapa pun mafhum itu. Sebelum munculnya televisi swasta, TVRI sebagai media audio-visual satu-satunya, siapa pun tak menyangkal. Tapi, begitu televisi swasta muncul, segera penontonnya berpaling. Tahun 1994, SRI (kini AC Nielsen, salah satu peneliti media), menyatakan bahwa jumlah penonton TVRI tinggal 5 % (Viddy AD Daery, Republika, 1 April 2001).

Selepas tumbangnya Orde Baru, terlihat bagaimana TVRI mulai "mencari bentuk" sehingga acap kita dengar bagaimana upaya TVRI mereposisi diri menuju sistem yang lebih ideal.
Diantara dinamika demokratisasi di segala bidang, Juni 2000, dikeluarkan PP No. 36/ 2000 tentang perubahan status TVRI menjadi Perusahaan Jawatan (Perjan).

Pada perkembangannya UU No. 32/ 2002 tentang penyiaran menyebutkan TVRI sebagai lembaga penyiaran publik atau TV publik. Berdasar pada UU ini pula, TVRI diberi waktu 3 tahun untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian sebelum siap sebagai TV pulik. Akte notaris pendirian PT TVRI (Persero) ditandatangani 15 April 2003 sehingga sempat muncul polemik di masyarakat tentang keberadaan TVRI. Namun, satu yang pasti, TVRI sebagai TV publik efektif berlaku mulai 1 Desember 2005 ini (demikian keterangan yang saya peroleh dari TVRI Jogja).

Ada satu pengalaman yang sempat membuat saya patah arang dan memaki diri sendiri. Waktu itu, masih masa awal TVRI menggunakan slogan "makin dekat di hati". Saya mendapat hadiah/ doorprize dari acara Resensi Buku TVRI Jogja. Setahu saya, bentuk hadiahnya adalah buku. Lain hari, saya coba ambil di stasiun yang sama. Petugas yang berkompeten tak ada, "keluar" tanpa kejelasan urusan apa. Padahal, untuk mengambil hadiah, musti pada yang bersangkutan. Nah, inilah stereotip sosok PNS yang suka "mangkir", begitu pikir saya. Maka, mengalahlah saya. Beberapa hari kemudian, saya datang lagi, tak berubah. Pengalaman yang sama. Sejak itu, saya coba ikhlaskan untuk tidak mengharap lagi hadiah itu. Untung saja, meski rumah saya cukup jauh namun tak berada di pucuk gunung sehingga saya tak terlalu kecewa jika biaya transportasi ke stasiun itu sama dengan harga bukunya. Tak ada kejelasan selepas itu. Toh, kalaupun TVRI akan mengirimkan lewat pos atau meminta konfirmasi ke saya, mereka tahu alamat saya.

Satu hal yang saya rasakan waktu itu, betapa ironisnya pengalaman ini dengan slogan yang mulai didengungkan. TVRI bukannya makin dekat tapi makin jauh di hati.
Setelah beberapa tahun, tepatnya awal Agustus 2005 ini, ketika saya tahu iklan lomba artikel yang diadakan TVRI pusat (Jakarta), saya coba cari informasi selengkapnya di internet, termasuk website TVRI. Hasilnya teramat susah dan untuk sementara pulanglah saya dengan tangan hampa. Saya coba tanya ke TVRI Jogja yang menurut logika saya tentunya tahu informasi itu.

Ternyata asumsi saya keliru. Nyatanya, personel yang mengepalai bagian siaran pun, tidak tahu. Padahal, ke sanalah saya direkomendasikan untuk bertanya. Menggunakan "bahasa pelayanan" atau retorika yang bagus dan simpatik meski sempat bikin kecewa pula ketika saya minta konfirmasinya lewat e-mail. Jadi, saya tunggu via telepon, hasilnya pun belum terlihat hingga beberapa hari. Tapi untunglah, akhirnya saya dapatkan informasinya lewat e-mail dari TVRI pusat (Jakarta). Saya pun tersenyum! TVRI sebagai TV publik! Saya adalah bagian dari masyarakat/ publik itu, tentulah TVRI milik saya pula. Secara tak langsung, orang-orang seperti saya pun turut membiayai TVRI. Inilah bagian dari TVRI sebagai keluarga saya.


Kebijakan untuk mereposisi TVRI sebagai TV publik memang sebuah keniscayaan dan bentuk yang dinilai paling ideal. TVRI sebagai lembaga penyiaran publik dimaksudkan untuk menyuarakan dan melayani masyarakat. PP No. 11/ 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik menyebutkan bahwa lembaga penyiaran publik (seperti RRI dan TVRI) selain menyiarkan informasi-pendidikan-buadaya-hiburan juga berfungsi sebagai identitas nasional, pemersatu bangsa dan pembentuk citra positif bangsa. Siarannya harus independen, netral, tidak komersil dan berfungsi memberikan layanan untuk kepentingan masyarakat.

Tak ayal, TVRI menghadapi banyak tantangan. Selain perjalanan sejarah yang menuntut gerak dinamis, sumber daya dan kemampuan negara dalam membiayainya pun menjadi kendala yang ada di depan mata. Belum lagi keberadaan TVRI diantara belasan TV swasta yang sedang pada posisi puncak. Masih ada pula TV swasta yang ada di daerah. Hingga Juli 2005, tercatat 53 stasiun TV baru, yang sebagian besar adalah TV swasta lokal, mengajukan permohonan ijin siaran ke Komisi Penyiaran Indonesia dan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Bali Post, 28 Juli 2005).

Pada kondisi inilah TVRI dituntut mampu menancapkan diri sebagai pilihan yang didambakan penontonnya. Dengan lebih dari 7000 karyawan dan hampir 400 jumlah stasiun pemancar, menjangkau 82 % penduduk Indonesia, TVRI punya posisi strategis untuk menwujudkan harapan masyarakat.

Penelitian AC Nielsen tahun 2000 telah mengindikasikan bahwa di tengah suasana "mabuk televisi", masyarakat sebenarnya punya kesadaran intelektual untuk lebih kritis menilai tayangan TV. Tak semua penonton televisi merupakan orang yang berorientasi ke kota besar. Artinya, meski TVRI sering diberi stempel "kampungan" tapi tak apalah. Yang lebih penting adalah bagaimana mengemas budaya dan nilai-nilai bangsa. Tinggal yang dibutuhkan adalah kreativitas agar budaya itu lebih membumi dengan kondisi sekarang. TVRI tak perlu mengekor arus TV swasta yang terlampau banyak menjual mimpi dan menempelkan muatan kekerasan, seks dan drama air mata dalam menunya.

Hingar- bingar TV swasta sekarang ini, membuat kita pun mafhum jika TV masih menjadi tempat favorit belanja iklan. Setahun selepas krisis ekonomi tahun 1997, frekuensi belanja iklan di media terus meningkat tahun per tahun, terutama di media televisi. Bahkan, kini, belanja iklan Cina dan Indonesia tercatat sebagai yang tertinggi di antara 12 negara Asia Pasifik (tempointeraktif.com, 28 Januari 2005).

Kondisi pasar yang seakan acuh tak acuh dan lebih mendewakan TV swasta, mengisyaratkan agar TVRI lebih kreatif untuk meraup pasar, tanpa terjebak untuk latah menuruti selera pasar. TVRI bisa membentuk penontonnya, bahkan membentuk selera pasar. Mekaisme televisi sebagai sebuah media, punya kemampuan untuk itu. Artinya, TVRI musti membenahi diri dari sisi program, pengemasan acara dan manajemen pengelolaan.

Saya jadi ingat program-progranm yang ditayangkan TVRI Jogja. Konon, TVRI Jogja selama 2004 dinilai oleh AC Nielsen memperoleh angka rating share tertinggi dibanding TVRI se-Indonesia (tvrijogja.co.id). Jika dihubungkan dengan slogan TVRI Jogja "never ending creative", memang, saya akui bahwa acara dagelan "Obrolan Angkring" ataupun pagelaran "Pangkur Jenggleng" punya penggemar fanatik. Begitu pun dengan infotainment "Plengkung Gading". Berita-berita lokal yang disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, cukup pantas untuk selalu dinantikan.

Namun, fragmen "Mbangun Desa" yang sempat menjadi acara favorit beberapa tahun yang lalu tampaknya musti dibenahi karena terkesan "hanya seperti itu-itu saja" sehingga masyarakat menjadi jenuh. Apalagi ketika produksinya macet sehingga yang muncul hanyalah tayangan ulang.

Berangkat dari pengamatan dan pengalaman bersama TVRI, kiranya "api nan tak kunjung padam" (mengingat slogan "almarhum" Departemen Penerangan yang dulu membawahi TVRI) masih sangat layak menjadi perumpamaan bagi daya juang mewujudkan TVRI sebagai TV publik, TV yang berpihak pada kepentingan masyarakat, selalu dibutuhkan dan dinantikan oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, penting untuk mengupayakan perwujudan slogan TVRI sendiri, "makin dekat di hati". Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak merasa memiliki.

Pada dasarnya, dibutuhkan pondasi untuk bisa menumbuhkan self belonging, rasa memiliki pada masyarakat yang sebenarnya memilikinya. Dengan demikian, tumbuh rasa dekat di hati sebagai syarat utama bahwa TVRI sebagai televisi milik negara dan masyarakat, musti menyempurnakan diri, dimulai dari hal-hal kecil. Kesempurnaan disusun oleh hal-hal yang kecil. Dan kesempurnaan bagi TVRI itu merupakan sebuah paket berisi: program, kemasan dan manajemen pengelolaan. Ketika tak ada lagi kesal di hati, yang ada adalah rasa memiliki maka TVRI akan terus ada di hati. Bravo TVRI! 


Catatan:
ini mah tulisan waktu ada lomba nulis oleh TVRI. Tapi...ini tulisan sebenernya sama sekali belum sreg...aku terburu2x sie buatnya, tapi ya...akhirnya jadinya sejelek ini.
posted by MBOKDHE MAYA @ 8:04 PM


Selalu bersama teman-teman di Yahoo! Messenger
Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Cat Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about cats.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment