Wednesday, July 8, 2009

[ac-i] Nasyid Lintas Agama



Radar Kediri
[ Rabu, 08 Juli 2009 ]
SMA Kristen Petra Wujudkan Universalitas Seni
Punya Grup Nasyid Lintas Agama

Masyarakat mengenal nasyid sebagai salah satu seni olah vokal bernuansa islami. Namun, seni itu ternyata menembus batas agama. Seni tersebut juga ada di SMA Kristen Petra. Tak hanya mendengar, mere­ka juga belajar nasyid.

IKA MARIANA, Kediri

---

Sore itu, gedung sekolah di Jalan Medang Kamulan, Kelurahan Balowerti, tersebut terlihat lengang. Maklum, pada minggu ini anak sekolah masih menikmati libur kenaikan kelas. Hanya ada beberapa pekerja yang sedang membenahi bagian depan sekolah.

Namun, sayup-sayup terdengar suara nyanyian. Itu datang dari ge­dung bagian selatan. Tidak ha­nya suara seseorang, suara ber­irama tersebut keluar dari be­berapa orang. Sesekali, mere­ka bersahut-sahutan.

Ternyata, suara itu bersumber dari gedung perpustakaan. Alunan suara terdengar semakin keras ketika koran ini berada di pintu masuk. Di dalam perpustakaan tersebut, ada lima siswa. Mereka sedang bera­kapela. Yaitu, suatu teknik bernyanyi tanpa iringan musik. Mereka melantunkan lagu nasyid milik grup asal Malaysia, Raihan. Judulnya adalah Assalamualaikum.

Kelima remaja itu adalah Kho­lifatun Ida Atkha, Elya Destiara, Anggi Aditia, Muhammad Rambo Muslim, dan Yohanes. Mereka adalah personel grup nasyid SMA Kristen Petra Kediri yang bernama Alhamdulillah Petra Nasyid.

Beberapa kali nyanyian mereka terhenti. Kemudian mereka tertawa pelan. Ternyata mereka mener­tawakan kesalahan sendiri. Ada yang lupa lirik. Ada juga yang lu­pa nada. ''Yah, lupa lagi liriknya...ulang-ulang,'' teriak Kholifatun yang akrab disapa Yuni.

Alhamdulillah Petra Nasyid yang beranggotakan sepuluh orang tersebut sore itu sedang berlatih. Sebenar­nya, grup nasyid tersebut baru terbentuk sebulan lalu. Para pelajar itu bergabung demi mengikuti even School Nasyid Contest dalam Hon­da-KoMu Radar Kediri School Con­test pada 3 Agustus mendatang.

Keikutsertaan mereka membuat panitia terkejut. Sebab, jarang ada se­kolah berlatar belakang agama Kristen yang punya grup nasyid. ''Di sekolah kami, ada yang muslim kok. Termasuk saya. Tapi, anggota grup nasyid ini juga ada yang Kristen,'' lanjut Yuni yang juga koordinator Alhamdulillah Petra Nasyid.

Perbedaan agama tidak menja­di masalah besar bagi grup itu. Bagi mereka, seni universal. Sia­pa pun bisa menikmati dan belajar. Seni tak membedakan suku, agama, ras, dan golongan. Seni justru bisa me­­numbuhkan persatuan dan membuat hidup lebih menyenangkan.

''Saya suka menyanyi apa pun. Nasyid kan salah satu seni vokal juga. Jadi, tidak ada salahnya mempelajari nasyid,'' ungkap Yohanes, satu-satunya anggota grup yang beragama Kristen.

Terbentuknya grup nasyid tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pengurus sekolah. ''Kami se­lalu mendukung semua kegiatan yang bisa menunjang dan mengembangkan bakat dan kemampuan siswa. Termasuk mengikuti kontes nasyid ini. Menurut saya, nasyid adalah salah satu seni vokal yang bagus. Tidak ada salahnya belajar,'' papar Kepala SMA Kristen Petra Kediri Setiani Daryulina. Kebetulan, dia mengajar seni budaya, termasuk musik.

Mendapat dukungan, Yuni sebagai pencentus ide membuat grup nasyid makin bersemangat. Karena itu, dia mengajak teman-te­mannya untuk bergabung. (ib)


Kenapa BBM mesti naik? Apakah tidak ada solusi selain itu?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment