Tuesday, June 16, 2009

[ac-i] Budaya Melayu Sambas



Pada umumnya budaya Melayu yang ada di Pulau Borneo sebelah barat dalam hal budaya hampir sama dengan Melayu Riau, Melayu yang ada di Malaysia ( Semenanjung, Serawak, Sabah, dan Brunei, hanya saja Puak Melayu Sambas sudah cukup membaur dengan masyarakat Dayak dan Golongan Cina (TiongHoa). Hingga Budaya dan adat istiadat Sambas pun dipengaruhi oleh suku bangsa tersebut.
Melayu yang di Kalimantan Barat atau pulau Borneo bagian barat sudah lama mendiami kepulauan ini, Mereka dibedakan berdasarkan daerah administratif. Oleh karena itu ada Melayu Pontianak, Melayu Sambas, Melayu Sanggau, Melayu Ketapang, Melayu Sintang, dan Kapuas Hulu yang hidup dipedalaman Kalimantan Barat. Perbedaaan ini juga disebabkan pada masa lalu diperintah oleh raja lokal dan perbedaan ini terlihat jelas dari perbedaan loghat bahasa. Dalam hal adat istiadat dan kepercayaan tidak terlalu besar perbedaannya.
Baca lanjut Kunjungi www.osambas.com

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Everyday Wellness

on Yahoo! Groups

Find groups that will

help you stay fit.

Yahoo! Green

Make It Green

Browse ideas that

better our planet

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment