Thursday, June 4, 2009

[ac-i] Tujuh Bintang Art Award 2009



Tunggu apalagi… kirimkan karya terbaik Anda sekarang juga!

Tujuh Bintang Art Space masih menunggu partisipasi Anda para perupa muda Indonesia dalam Tujuh Bintang Art Award 2009. Proposal karya (keterangan lengkap lihat Kriteria Seleksi) dikirimkan ke Panitia Tujuh Bintang Art Award 2009, d/a Tujuh Bintang Art Space
Jl
. Sukonandi 7 Yogyakarta 55166, Telp. (0274) 545577. Kami tunggu proposal Anda hingga hari Sabtu, 4 Juli 2009, pukul 21.00 WIB (bukan cap pos).

 

Salam Budaya,

Panitia Tujuh Bintang Art Award 2009

 

 

 

Tujuh Bintang Art Award 2009
`THE DREAM'
[The Power of Dream]

Hidup tanpa impian tak layak untuk dijalani. [Plato]

 

Prolog

Inspirasi terbesar bagi seorang genius adalah letupan-letupan mimpi yang sanggup merubah dunia. Bagaimana seseorang bertahan dan melangsungkan visi hidup tanpa bertumpu pada kekuatan impian? Bagaimana impian-impian mampu menciptakan-membangun sebuah ilmu pengetahuan yang melampaui batas kapasitas logika. Dasar sederhananya, kekuatan impian membentuk kuatnya karakteristik pribadi mengada, survival, dihargai, bermartabat karena impian menuntun sekaligus membentuk perspektif berpikir manusia visioner dan berkarakter. Nah, berpijak atas dasar inilah tema `THE DREAM' The Power of Dream di usung sebagai tema yang membingkai penyelenggaraan Tujuh Bintang Art Award 2009 yang diharapkan dapat memicu berbagai perspektif para perupa muda Indonesia dalam menggali sekaligus menjumput inspirasi atas impian yang selama ini menggelisahkan ruang-ruang virtual kita hari ini.

Tujuh Bintang Art Award 2009 merupakan paket program yang didedikasikan pada bagian penting perjalanan dan perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap pemikiran dan karya terbaik perupa muda Indonesia yang telah mendedikasikan segenap kehidupan kreatifnya untuk melahirkan karya terbaiknya. Penghargaan ini disampaikan sebagai bentuk kelekatan relationship yang harmonis antara pihak penyelenggara dengan para perupa muda Indonesia atas dasar pada kwalifikasi karya yang diajukan. Tujuh Bintang Art Award 2009 ini semata-mata bentuk penghargaan yang menandai sebuah pencapaian puncak prestasi para perupa muda dalam proses seleksi ketat yang dilakukan tim juri yang terdiri dari kurator, penulis kritik seni rupa dan pengamat budaya.

Teknis

Tujuh Bintang Art Space mengajak para perupa untuk berpartisipasi merespon tema `THE DREAM' The Power of Dream. Bagaimana kita memaknai kekuatan impian yang membuka berbagai peluang dan kemungkinannya. Para perupa muda diharapkan masih memiliki komitmen dan artikulasi yang beragam sesuai riuhnya globalisasi yang tak bisa disangkal turut memberi pengaruh pada pola pikir, penyikapan, gaya hidup bahkan kepribadian personal.

Hasil dari kompetisi seni visual terbuka ini akan dijaring karya-karya [dengan media bebas] yang akan dipamerkan di Tujuh Bintang Art Space pada 15-30 Agustus 2009. Kompetisi ini juga bertujuan untuk mendapatkan perupa-perupa berbakat dengan mengedepankan kualitas karya melalui penyikapan terhadap sebuah kekuatan impian yang secara nyata memberikan spirit hidup masyarakat dunia.

 

Kriteria Seleksi

1. Kompetisi bersifat terbuka, berskala nasional.

2. Usia maksimal 35 tahun.

3. Peserta perorangan atau kelompok.

4. Jenis dan media berkarya bebas.

5. Karya harus asli, didasarkan pada ide yang orisinal, tidak sedang diikutkan dalam kompetisi yang lain dan bersedia untuk dijual.

6. Ukuran untuk karya 2 dimensi maksimal (P x L) 300cm x 300cm.

7. Ukuran untuk karya 3 dimensi maksimal (P x L x T) 100cm x 100cm x 200 cm.

8. Sedangkan seni instalasi/multimedia menyesuaikan.

9. Selain artistik juga berkait secara integral dengan relevansi tema yang ditawarkan atau berbasis pada kesadaran kreatif dan kecermatan perupa merayakan kekuatan impian pada karya-karyanya.

10. Wajib menyertakan foto karya yang diikutkan pada seleksi tahap pertama, dengan ukuran 10R-glosy, dikirim bersama dengan konsep karya, biodata & foto perupa serta informasi detail karya, diketik rapi. CV 3 tahun terakhir dalam Microsoft Word / Notepad file format.

11. Foto karya 2D/ 3D/ Installation (format cetak dan CD/ JPEG format, 300 DPI, 3000 pixel), lampirkan nama seniman, judul karya, media, dan tahun. Pada setiap foto tulis nama dan nomor file (01, 02, 03, dst). Sebagai contoh : Indra Ideatama 01.jpeg, Indra Ideatama 02.jpeg, dst.

12. Khusus untuk karya 3 dimensi, harap memberikan foto detail karya.

13. Karya video : Format Data AVI-PAL (720 x 576), rancangan display, kopikan dalam CD/ DVD. Gunakan label/ caption di bagian cover dengan nama seniman, judul, durasi, dan tahun.

14. Khusus untuk karya multimedia, harap menyertakan berkas karya pendukung, misal CD interaktif dan sebagainya.

15. Panitia tidak menerima kiriman foto karya dan sebagainya melalui surat elektronik (email).

 

Proses Seleksi

1. Tahap pertama (Seleksi Tertutup)

Seleksi Portofolio pada 5 Juli 2009

Dengan materi seleksi porto folio / foto karya; sehingga sangat diharapkan  foto karya diterima oleh panitia paling lambat tanggal 4 Juli 2009, pukul 21.00 WIB [bukan cap pos]. Akan dipilih 50 nominator dan kemudian diputuskan 20 nominator yang berkewajiban melakukan presentasi karya.

2. Tahap kedua (Seleksi Terbuka)

Dilaksanakan tanggal 10 Juli 2009.

50 nominator mengirim karya secara langsung ke Tujuh Bintang Art Space Yogyakarta dan 20 nominator terpilih wajib mengikuti presentasi karya secara terbuka (berkewajiban memenuhi undangan presentasi dari Tim Dewan Juri)
Tujuh Bintang Art Space menyediakan
akomodasi untuk peserta luar kota.

 

Setiap karya yang masuk dalam pameran adalah yang berhasil melalui 2 tahap penjurian.

 

Dewan Juri

1. Suwarno Wisetrotomo (Kurator, Penulis Kritik Seni Rupa dan Dosen Prog. Pascasarjana ISI Yogyakarta)

2. Kuss Indarto (Kurator Independen)

3. Mikke Susanto (Staf Pengajar FSR ISI Yogyakarta & Kurator Jogja Gallery)

4. Sujud Dartanto (Kurator Independen)

5. Rusnoto Susanto (Kurator Independen, Dosen Luar Biasa FBS Seni Rupa UNJ dan Mahasiswa Prog. Pascasarjana ISI Yogyakarta)

 

Penghargaan

1. Sekitar 50 karya terpilih akan dipamerkan dalam pameran seni visual `THE DREAM' pada 15-30 Agustus 2009 di Tujuh Bintang Art Space Yogyakarta dan Museum Affandi Yogyakarta.

2. Dewan juri akan menetapkan 5 besar karya terbaik dan akan mendapatkan penghargaan berupa uang masing-masing Rp. 5.000.000,00, Tropi serta sertifikat Tujuh Bintang Art Award 2009.

3. Pengumuman 50 nominator pada tanggal 15 Juli 2009 akan diumumkan baik secara personal maupun melalui situs kami.

4. Seniman pemenang kompetisi akan dijadwalkan ikut serta dalam pameran Tujuh Bintang Art Space di masa mendatang.

5. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Hal-hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan ke Panitia Tujuh Bintang Art Award 2009, Jogjakarta.

Terima Kasih

Tujuh Bintang Art Space
Jl
. Sukonandi 7 Yogyakarta 55166
Telp. 62 274 545577 Fax 583377
Mobile. 62 818 027 11 777

Email. info@tujuhbintang.com
Facebook : Tujuh Bintang / eko@tujuhbintang.com

 

Formulir dapat didownload di :

http://blog.tujuhbintang.com

www.tujuhbintang.com

 

 

__._,_.___
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment