Friday, June 5, 2009

[ac-i] Fw: Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, punya banyak kegemaran. Salah satunya mengoleksi lukisan Rudolf Bonnet. [1 Attachment]

[Attachment(s) from BDG KUSUMO included below]

Salam dari milis sebelah, Bismo DG
 
----- Original Message -----
From: awind
Sent: Friday, June 05, 2009 12:42 AM
Subject: [nasional-list] Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, punya banyak kegemaran. Salah satunya mengoleksi lukisan Rudolf Bonnet.

 
 
 
 
 
 
Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, punya banyak kegemaran. Salah satunya mengoleksi lukisan Rudolf Bonnet.


Sedikit yang mengenal Johan Rudolf Bonnet(30 Maret 1895-18 April 1978). Dia seorang warga Belanda yang hampir 40 tahun tinggal di kota Ubud, Bali. Orang tuanya mungkin tak pernah mengira, lelaki keturunan Prancis ini bakal jadi pelukis handal. Maklum turun temurun keluarga bekerja sebagai tukang roti.
 
Bonnet sempat mengenyam pendidikan seni lukis di ibukota Amsterdam dan pernah melancong ke Italia untuk mengembangkan kemampuannya. Setelah sempat berkunjung ke pulau Nias, ia akhirnya memutuskan Bali menjadi tempat pusat karyanya. Di Ubud, lelaki fasih berbahasa Indonesia itu membangun sanggar dan banyak melatih para seniman muda Bali.
 
Harry Kwee, sobat dekat Rudolf Bonnet, menceritakan bahwa Sukarno sangat gandrung dengan hasil kuas pelukis Belanda tersebut. Ia secara khusus meminta Bonnet membuat dua lukisan untuk dipajang di Istana Bogor. Lukisan panen raya, yang memperlihatkan sekumpulan warga memanen padi, terpasang indah di bangunan bersejarah itu.
 
Rudolf Bonnet termasuk sedikit orang berjasa bagi perkembangan kesenian di Bali.
 

 
 



No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - www.avg.com
Version: 8.5.339 / Virus Database: 270.12.53/2156 - Release Date: 06/05/09 06:24:00

__._,_.___

Attachment(s) from BDG KUSUMO

1 of 1 Photo(s)

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment