Tuesday, May 18, 2010

[ac-i] [info] press release 'zona cergam Indonesia' @ Grand Indonesia

 

PRESS RELEASE

Zona Cergam Indonesia
Level One-East Mal, Grand Indonesia 1st floor
21-30 Mei 2010

Salam Budaya,
Cergam aka Komik, kini kondisinya mulai bergairah. Setelah gelombang komik terjemahan mengisi rak-rak buku dan menjadi referensi dominan anak-anak bangsa, kini komik lokal mulai mendampingi produk-produk impor itu dan menjadi pilihan pembaca. Penerbit-penerbit (besar dan kecil) giat mengisi pasar yang menandai "kemeriahan" komik Indonesia.

Komunitas Komik Indonesia (KKI) bekerja sama dengan Grand Indonesia Shopping Town menyelenggarakan Zona Cergam Indonesia, yang berlangsung mulai tanggal 21 hingga 30 Mei 2010. Bertempat di Level One - East Mall, Level 1 Grand Indonesia Shopping Town, ada banyak aktivitas yang dapat ditemukan bagi semua pecinta komik Indonesia dan masyarakat luas pada umumnya. KKI sendiri adalah kumpulan berbagai pelaku, komunitas, dan pemerhati komik Indonesia yang bergabung demi tujuan yang sama.

Acara ini merupakan acara akbar ke-dua bagi Komunitas Komik Indonesia, setelah sebelumnya mendapatkan kepercayaan untuk berpartisipasi pada Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2009. Pada kesempatan tersebut Presiden R.I., Bapak Susilo Bambang Yudhoyono membuka PPKI 2009 dan melewati stand Komunitas Komik Indonesia yang berada di ruang utama.

Tujuan dari Zona Cergam Indonesia adalah membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat, terutama pengunjung Grand Indonesia Shopping Town, akan kekayaan dan perkembangan wajah komik Indonesia sejak 1931 hingga hari ini. Beragam acara komik yang akan berlangsung disana; Pameran Highlight Sejarah Komik, Bazaar Komik, Lomba Komik Strip On The Spot, Workshop komik, Launching beberapa Komik Indonesia, serta acara yang ditunggu dari komunitas komik 'Ngumbar Kokom' (ngumpul Bareng Komunitas Komik).

Pameran Highlight Sejarah Komik adalah inisiatif yang dirintis Komunitas Komik Indonesia untuk mencatat berbagai peristiwa penting dalam perjalanan komik lokal di tanah air. Tahun 1931 dianggap sebagai titik awal kelahiran komik, dengan komik strip Put On (Kho Wang Gie) sebagai pelopornya. Sejak saat itu masyarakat Indonesia, yang masih dalam penjajahan kolonial Belanda, mulai mengenal karya seni anak bangsa. Pada masa itu tidak banyak produk komik negeri asing yang dikenal dan beredar luas di Hindia Belanda, dan merupakan suatu kebanggaan Put On lebih dulu dikenal dibandingkan berbagai komik legendaris asal Eropa dan Amerika (yang bahkan saat itu mungkin belum lahir). Inisiatif ini akan terus diperbaiki seiring termutakhirkannya data yang tersebar di berbagai tempat.

Zona Cergam Indonesia juga akan menjadi tuan rumah bagi peluncuran beberapa karya terbaru dari para komikus dan penerbit. Kemeriahan berbagai peluncuran didukung sepenuhnya oleh Penerbit Curhat Anak Bangsa, Akademi Samali, Cergam Kampungan, www.rautan.com, Cendana Art Media, Pluz+, dan beberapa pihak lainnya. Pengunjung akan mendapat kesempatan untuk berdialog dan tatap muka beserta para komikus, penerbit, serta tim kreatif di belakangnya.

Bagi mereka yang ingin mencoba kemampuan dapat meramaikan Lomba Komik Strip On The Spot dengan hadiah menarik bagi para pemenangnya. Di sini para peserta akan mendapat tantangan untuk membuat komik dengan format strip secara singkat, berdasarkan tema yang akan ditentukan kemudian. Semuanya penuh spontanitas!

Bagi mereka yang ingin menambah ketrampilan, kemampuan, dan wawasan dalam ngomik dapat mengikuti berbagai workshop yang dipandu oleh Akademi Samali. Dalam kesempatan ini peserta akan mendapatkan bekal meningkatkan kemampuan dalam bahasa visual dan teknik bercerita.

Ngumpul Bareng Komunitas Komik (Ngumbar Kokom) menjadi ajang silaturahmi bagi mereka semua pecinta komik. Acara penuh kekeluargaan ini terbuka bagi siapapun pecinta komik lokal. Jika beruntung, Anda dapat bersilaturahmi dengan komikus pujaan Anda.

Selain semua acara di atas, rasanya tidaklah lengkap semua acara jika tidak diramaikan bazaar komik. Pada kesempatan ini pengunjung memiliki kesempatan untuk membeli komik terbaru dengan harga terjangkau. Akan ada banyak judul komik yang sudah langka dan sulit didapatkan di tempat lain, dan mungkin inilah satu-satunya kesempatan yang Anda nantikan selama ini. Bukannya tidak mungkin pula karya-karya klasik, langka, dan lukisan asli komikus ditemukan di sini.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyertakan partisipasinya demi kelancaran dan kesuksesan Zona Cergam Indonesia. Sudah waktunya mata dan telinga masyarakat Indonesia terbuka akan keragaman seni komik lokal.

Berikut jadwal acara Zona Cergam Indonesia

Zona Cergam Indonesia
East Mall, Area Level One, Grand Indonesia Shopping Town 1st floor
Pada 21-30 Mei 2010

-------------------------------
Berikut Jadwal Acara:

Opening Cermony
Jum'at, 21 Mei 2010 Pk 16.00
Press Conference: Grand Indonesia,
Surjorimba (Penyusun Timeline)
-------------------------
Jum'at – Minggu, 21-30 Mei 2010
Pameran Timeline Perjalanan Cergam Indonesia, Bazaar & Lomba
Memamerkan "hi-lite" perjalanan sejarah cergam Indonesia berdasarkan periodisasi
Bazaar Cergam dan Merchandise
Menyediakan produk-produk komik yang unik dan langka beserta merchandise nya
Lomba Komik Strip On The Spot "Tersesat di Grand Indonesia"
----------------------
Sabntu, 22 Mei 2010 Pk 16.00
Launching "Duo Hippo Dinamis"
Penerbit Curhat Anak Bangsa
------------------------------------
Rabu – Kamis, 26-27 Mei 2010, Pk 14.00-16.00 WIB
Workshop
Sesi I (Rabu)
Membuat Komik Digital (Aplikasi Handphone)
Fasilitator: Masyarakat Komik Indonesia
Sesi II (Kamis)
Membuat Komik Curhat
Fasilitator: Sheila Rooswitha (Lala)
------------------------
Jum'at, 28 Mei 2010, pk 16.00
Launching Majalah Cergam "Kampungan" edisi 2
Tim redaksi dan Man
------------------------------
Sabtu, 29 Mei 2010
Pk 13.00 WIB Launching Komik
"Jaka Sembung VS Si Buta Dari Gua Hantu"
Bersama: Djair Warni (Pengarang Jaka Sembung)
Pk 16.00 WIB Launching Majalah Komik Online
www.rautan.com
Presentasi dan Talkshow: tim redaksi, kontributor dan pengamat
---------------------------
Minggu 30 Mei 2010 Pk.16.00
Forum Komunitas
Ngumbar Kokom (Ngumpul Bareng Komunitas Komik)
(Closing Ceremony dan Pengumuman Pemenang Lomba Komik)

Demikian Press Release ini sebagai pemberitahuan sekaligus undangan bagi rekan-rekan sekalian untuk menyaksikan kemeriahan komik Indonesia terkini.

Penyelenggara

Jakarta, 18 Mei 2010
Grand Indonesia & Komunitas Komik Indonesia

__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment