Thursday, May 20, 2010

[ac-i] (ruangrupa) Invitation : "TOKO KEPERLUAN" a solo exhibition by Anggun Priambodo.



 
 
 
 
 
 
 
 
ruangrupa presents

a solo exhibition by Anggun Priambodo

"TOKO KEPERLUAN"

Curated by : Ade Darmawan

Opening :
Friday, 21 May, 2010
5 PM - done

Special performances:
Zeke Khaseli, Harlan Boer, and solo orgen
 
Free adminission & open for public


Exhibition :
22 May - 5 June 2010
Monday - Saturday (11 AM - 9 PM)

RURU Gallery
ruangrupa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6, Jakarta Selatan 12820
t/f: +62 21 8304220
e-mail: info@ruangrupa.org
www.ruangrupa.org


Toko adalah dunia kecil, saya selalu mengingat bentuk dan apa isinya disaat kecil, menelusuri lorong dan memperhatikan benda-benda yang dijual disana, dan saya terkenang hingga kini.Toko adalah pelarian saat saya bosan dengan bentuk sehari-hari. Lalu menyihir kita untuk memindahkan isinya kedalam "ruang" kita.
(Anggun Priambodo)

Anggun Priambodo, setelah menyelesaikan studinya di Institut Kesenian Jakarta, sejak tahun 2000 turut aktif bekerja sebagai perupa di dalam banyak proyek seni bersama ruangrupa. Ia juga dikenal sebagai vokalis dari BANDEMPO, band pop jenaka nan cerdas yang menggabungkan cara benyanyi Adi Bing Slamet dengan hibrida musikal ala Benyamin S.

Ketertarikannya pada medium video, membuatnya di kemudian hari lebih dikenal sebagai seniman video hingga sekarang. Diawali dengan membuat karya video musik bersama partner-nya, Henry Foundation, atas nama The Jadugar, Anggun seterusnya terjun bekerja menjadi sutradara untuk program televisi, iklan televisi dan film pendek. Dalam karya-karyanya ia hampir selalu menggunakan perspektif humor. Anggun senang untuk mempermainkan apa yang ada di keseharian kita, semacam sebuah parodi terhadap kehidupan yang ada di sekitarnya.

Kejenakaan dan luapan imajinasi kenakalan anak kecil menjadi ciri khas dari karya-karyanya, dan menjadi cara Anggun untuk melihat dunia.

Karya-karya videonya sering dipamerkan di berbagai event seni rupa, baik didalam maupun luar negeri. Terakhir karyanya ditampilkan dalam salah satu event seni rupa penting di Asia yaitu "Move On Asia" di Seoul, Korea Selatan pada April 2010 yang lalu. Untuk melihat sekilas karya-karya video Anggun Priambodo, bisa mengunjungi :

http://anggunpriambodo.com/
http://www.youtube.com/user/culapculap

Di pameran tunggalnya yang pertama ini, Anggun akan mengubah ruang pamer RURU Gallery menjadi sebuah toko. Gagasannya adalah bermain-main dengan budaya jual-beli dan kultur berbelanja di mini market. Ia akan mengajak kita untuk berbelanja di tokonya tapi sekaligus juga mengajak kita untuk memikirkan kembali apa saja benda-benda yang sebenarnya menjadi keperluan kita sehari-hari. Ia akan menampilkan bermacam object dagangan dengan instalasi display toko yang serupa mini market di dekat rumahmu dan semuanya dipromosikan, dijual dan bisa dipesan di Toko Keperluan.


 

_____________________________________
r u a n g r u p a
jl. tebet timur dalam raya no. 6 | jakarta 12820
t/f : [021] 8304220 |
www.ruangrupa.org



No comments:

Post a Comment