Friday, May 21, 2010

[ac-i] Penghargaan Guru Kesenian dan Siswa Berprestasi Kesenian Provinsi Jawa Timur

 

Penghargaan Guru Kesenian

dan Siswa Berprestasi Kesenian

Provinsi Jawa Timur


Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dan Pengembangan Kesenian "Taman Budaya" Jawa Timur, bekerjasama dengan Dewan Kesenian Jawa Timur menyelenggarakan pemilihan Guru Kesenian Berprestasi dan Siswa Berprestasi Kesenian.


Latar Belakang


  1. Bahwasanya kesenian bukanlah sesuatu yang diajarkan hanya sebagai pengetahuan teoritis belaka, melainkan juga sebagai sarana untuk menumbuhkan kreativitas, mengolah rasa dan kehalusan jiwa serta sebagai sarana pendidikan karakter agar memiliki kepekaan terhadap persoalan kemanusiaan dan kebangsaan yang multikultural.

  2. Kesenian bukan hanya sebatas persoalan ketrampilan teknis berkesenian, tetapi harus juga dipahami sebagai sarana penyeimbang untuk melatih mengendalikan emosi, menghormati adat istiadat dan mengajarkan budi pekerti bahkan juga kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup serta semangat juang dan kebangsaan.

  3. Dalam lingkup pendidikan formal di sekolah, para peserta didik sebaiknya juga mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan ekspresinya dalam berkesenian, atau menjadi apresiator yang baik, dan bukan hanya mendapatkan pelajaran kesenian di dalam kelas saja.

  4. Kesenian juga harus dipahami secara menyeluruh, minimal dalam hal konsep dan pemahamannya, dan bukan dipersempit menjadi salah satu bidang kesenian saja sesuai dengan bidang kesenian yang kebetulan dikuasai oleh guru kesenian yang bersangkutan.


Tujuan


  1. Menumbuhkembangkan semangat cinta kesenian di kalangan guru dan siswa sebagai sebuah sarana untuk pendidikan karakter.

  2. Memberikan motivasi kepada guru kesenian dan siswa untuk mengembangkan potensinya masing-masing dalam bidang kesenian.

  3. Menciptakan keseimbangan antara olah rasa, olah pikir dan olah raga.

  4. Menemukan talenta dan potensi lokal di kalangan guru kesenian dan siswa.

  5. Mendorong terciptanya ketahanan budaya bangsa dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.



Batasan Peserta


  1. Yang dimaksud dengan Guru Kesenian adalah guru yang mengajarkan mata pelajaran kesenian di sekolahnya masing-masing, baik sebagai guru tetap maupun guru dari bidang mata pelajaran lain yang bertanggungjawab atau mengajar kesenian atau sebutan lainnya yang sejenis.

  2. Guru Kesenian yang dimaksud adalah guru yang secara tetap mengajar kesenian di sekolah dan bukan tergolong mengajar secara temporer.

  3. Siswa, adalah peserta didik dari tingkatan SD, SMP dan SMA, atau yang sederajat.


Syarat Peserta


  1. Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Dinas dan/atau telah ditetapkan mewakili Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

  2. Mengirimkan formulir pendaftaran yang dilengkapi dengan bukti-bukti penunjang yang diperlukan.

  3. Mengirimkan karya tulis bagi guru kesenian dan siswa SMA


Kriteria Penilaian


  1. Bagi Guru


  1. Sejauhmana pemahaman guru kesenian mengenai hakekat kesenian, apakah hanya sebatas pengetahuan teoritis, sebagai ketrampilan teknis, ataukah lebih luas dari itu.

(Penilaian melalui karya tulis yang dibuat guru)

  1. Apa saja yang dilakukan guru kesenian di sekolahnya terkait dengan tugasnya mengajarkan kesenian (dinilai melalui kuisioner dan wawancara).

  1. Apakah punya inovasi dan/atau kreativitas dalam mengajarkan kesenian (sebutkan bentuk-bentuk kongkritnya).

  2. Apakah ada sanggar kesenian di sekolah

  3. Apakah pernah/sering menggelar acara-acara kesenian di sekolah

  4. Apakah pernah mendatangkan narasumber seniman/pakar kesenian dari luar, baik sebagai narasumber rutin atau temporer.

  5. Apakah pernah/sering menugaskan siswa menyaksikan pertunjukan dan/atau acara-acara kesenian di luar sekolah.

  1. Sejauhmana guru-guru kesenian berinteraksi dan/atau mengikuti perkembangan dunia kesenian di masyarakat.

  2. Apakah guru juga aktif mendorong siswa-siswanya meraih prestasi dalam bidang kesenian? Baik prestasi dalam lomba, pergelaran atau publikasi di media massa.

  3. Apakah guru kesenian memiliki aktivitas dan/atau prestasi dalam bidang kesenian.


  1. Bagi Siswa


  1. Sejauhmana pemahaman siswa mengenai hakekat kesenian, apakah hanya sebatas pengetahuan teoritis, sebagai ketrampilan teknis, ataukah lebih luas dari itu.

(Penilaian melalui karya tulis yang dibuat siswa, kecuali siswa SD dan SMP tidak diwajibkan)

  1. Apakah siswa sering berinteraksi dengan guru keseniannya dalam mengembangkan pengetahuannya tentang kesenian.

  2. Apakah siswa menjadi anggota (lebih-lebih sebagai pendiri atau aktivis) sanggar kesenian di sekolahnya.

  3. Apakah siswa mampu menghasilkan karya seni tertentu? (Apakah pernah mendapatkan penghargaan atau kejuaraan).

  4. Apakah siswa pernah/sering terlibat dalam acara-acara kesenian di sekolah? Sebagai apa?

  5. Apakah siswa pernah/sering menghadiri acara-acara kesenian diluar sekolah?

  6. Apakah siswa terlibat dalam kegiatan kesenian diluar sekolah?



Tahapan Penilaian


  1. Penilaian dilakukan melalui hasil seleksi dan/atau ditunjuk mewakili tingkat masing-masing kabupaten/kota.

  2. Setiap kabupaten/kota mengirimkan nama-nama peserta yang terdiri dari 2 (dua) orang guru kesenian dan 1 (satu) siswa SD, 1 (satu) siswa SMP dan 1 (satu) siswa SMA atau yang sederajat.

  3. Peserta (item 2) mengisi kuesioner yang disediakan oleh panitia Provinsi.

  4. Peserta membuat karya tulis mengenai esai kesenian (kecuali SD dan SMP) dengan tema: " Kesenian Menurut Saya", dengan judul bebas.

  5. Item (2-3-4) diterima panitia tingkat provinsi paling lambat tanggal 18 Juni 2010, ke alamat

sekretariat Panitia Pemilihan

Guru Kesenian dan Siswa Berprestasi Kesenian

Provinsi Jawa Timur

d/a UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian 'Taman Budaya' Jawa Timur

Jl. Gentengkali 85 Surabaya, telp/facs: 031 5342128

email: media_jatim@yahoo.co.id


  1. Pengumuman hasil nominasi oleh Tim Penilai Provinsi berdasarkan verifikasi, dilakukan pada tanggal 22 Juni 2010, melalui telepon, facs, email, dan website: www.brangwetan.wordpress.com

  2. Nominasi peserta terdiri dari:

  1. 20 (dua puluh) guru kesenian.

  2. 20 (dua puluh) siswa SD

  3. 20 (dua puluh) siswa SMP

  4. 20 (dua puluh) siswa SMA

  1. Peserta yang terpilih sebagai nominasi akan diundang ke tingkat provinsi pada tanggal 27 – 29 Juni 2010.

  1. Peserta katagori Siswa (SD, SMP dan SMA) melakukan presentasi karya dan wawancara di depan Tim Penilai

  2. Peserta katagori guru kesenian melalui tahapan wawancara di depan Tim Penilai.

  1. Pengumuman Guru Kesenian dan Siswa yang berhak mendapatkan penghargaan, dilakukan pada tanggal 29 Juni 2010.


Penerima Penghargaan


Penghargaan akan diberikan kepada:

  1. Lima (5) orang guru kesenian

  2. Dua (2) siswa SD atau sederajat

  3. Dua (2) siswa SMP atau sederajat

  4. Dua (2) siswa SMA atau sederajat


Bentuk Penghargaan


  1. Piagam Penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk semua nominator

  2. Piagam Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, kepada peserta terpilih.

  3. Peserta terpilih mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000,-.


Waktu Penghargaan


Penghargaan kepada Guru Kesenian dan Siswa Berprestasi Kesenian akan dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Oktober 2010.





LAMPIRAN


FORMULIR PENDAFTARAN

PENGHARGAAN GURU KESENIAN

DAN SISWA BERPRESTASI KESENIAN

PROVINSI JAWA TIMUR



Kabupaten/Kota: …………………………..


N a m a :

Tempat, tanggal lahir :

Jenis Kelamin :

Agama :

Alamat rumah :

Telp, rumah, HP :

Asal Sekolah ;

Alamat Sekolah :

Telp, facs, email :


Riwayat Pendidikan : ……………………………..

……………………………..

……………………………..

Riwayat Pekerjaan (bagi guru)

: ……………………………..

……………………………..

……………………………..

Masa Kerja (bagi guru): ………… tahun


Pengalaman Berorganisasi Kesenian di sekolah/luar sekolah:

………………………

………………………

………………………

………………………

………………………


Pengalaman mengelola/aktif di Sanggar:

………………………

………………………


Pengalaman Kekaryaan : ………………………

………………………

………………………

………………………

………………………


Pengalaman Pertunjukan/Pameran:

………………………

………………………

………………………

………………………

Pengalaman Menyelenggarakan Pertunjukan/Pameran:

………………………

………………………

………………………

………………………

Pengalaman Mengikuti Forum Dialog, seminar dll:

………………………

………………………

………………………

………………………


Penghargaan/Kejuaraan yang diraih (sertakan piagam atau sertifikatnya):

………………………

………………………

………………………

………………………


Pengalaman dimuat di Media Massa (sertakan kliping atau rekaman, kalau ada):

………………………

………………………

………………………

………………………


Pengalaman Membimbing Teman Sejawat/Siswa:

………………………

………………………

………………………

………………………


Catatan:

  • Sangat dianjurkan menyertakan bukti-bukti fisik dari data-data tersebut di atas.



Keterangan


  1. Masa Kerja adalah masa kerja sebagai guru pada jenjang, jenis, dan satuan pendidikan formal tertentu. Bukti fisik dari komponen ini berupa Surat Keputusan, Surat Tugas, atau Surat Keterangan dari lembaga yang berwenang (pemerintah/pemerintah daerah, penyelenggara pendidikan, atau satuan pendidikan)


  1. Organisasi adalah keikutsertaan guru/siswa dalam organisasi kesenian baik di dalam sekolah atau di luar sekolah


  1. Pelatihan adalah kegiatan pelatihan di bidang kesenian yang pernah diikuti oleh guru/siswa dalam rangka pengembangan dan peningkatan kompetensi berkesenian baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi, Nasional, maupun Internasional


  1. Kekaryaan adalah suatu produk karya seni yang diciptakan oleh guru/siswa bisa berupa karya tari, musik, drama/teater, patung, lukis, sastra, film, atau karya seni lainya.


  1. Pertunjukan dan Pameran adalah kegiatan guru/siswa yang terkait dengan peran guru dalam kegiatan pementasan dan pameran baik sebagai kreator, penyaji/player, maupun penyelenggara di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, nasional, dan internasional.


  1. Penyelenggara pertunjukan atau pameran adalah kegiatan yang diikuti oleh guru dalam penyelenggaraan pertunjukan atau pameran baik di tingkat internasional, nasional, propinsi, kab/kota, kecamatan.


  1. Forum dialog adalah kesertaan guru/siswa terhadap kegiatan seminar, semiloka, sarasehan, diskusi, dan sebagainya baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, nasional, maupun internasional.


  1. Penghargaan/Kejuaraan adalah prestasi yang pernah diraih oleh guru/siswa dalam mengikuti lomba atau festival, serta penghargaan lain yang masih relevan dengan pembinaan atau pelestarian, serta kegiatan sejenisnya.


  1. Pembimbingan teman sejawat adalah guru/siswa yang memberikan bimbingan kepada teman sejawat bisa berupa instruktur, membimbing teman, membimbing siswa dalam bidang kesenian.





__._,_.___
Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment