Thursday, May 27, 2010

[ac-i] Trs: Undangan Proyek ke-6: Mimi Fadmi [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from Heru Hikayat included below]

----- Pesan Diteruskan ----
Dari: Platform3 Artspace <mail.platform3@gmail.com>
Kepada: platform3-members@googlegroups.com
Terkirim: Kam, 27 Mei, 2010 00:06:57
Judul: Undangan Proyek ke-6: Mimi Fadmi


(Mohon maaf untuk cross posting)

"Monumen, Memori"

Proyek Khusus Mimi Fadmi

30 Mei – 13 Juni 2010

Pembukaan Minggu, 30 Mei 2010 pkl. 16.00 (dilanjutkan dengan artist's talk)

Platform3

Jl. Cigadung Raya Barat no 2 Bandung 40191

E : mail.platform3@gmail.com

http://infoplatform3.wordpress.com

T/F : 022 – 825 22 652

 

Mimi Fadmi merespon tawaran tema "menyoal kolonialisme" dari Platform3 dengan menggarap sejumlah lukisan berbahan cat air pada kertas.  Dalam menggarap lukisan-lukisannya, Mimi sengaja memilih langgam fotografis untuk membangun suatu nostalgia: ia tengah mengenang apa-apa yang diwariskan dari kolonialisme. Pada pendapatnya kolonialisme tidak melulu berupa keburukan. Pada dasarnya kebaikan dan keburukan bukanlah soal apakah yang memerintah kita adalah bangsa "asing" atau bangsa "sendiri". Berikut pernyataan Mimi Fadmi:


"Pameran ini berangkat dari pengalaman inderawi saya dan ayah saya menyangkut wajah kolonialisme Belanda di Indonesia. Wajah tunggal kolonialisme menyematkan segala sifat buruk pada si penjajah, sementara si terjajah adalah korban.


Lalu adakah vibrasi positif dari kolonialisme Belanda di Indonesia? Karya-karya saya dalam proyek ini  memberi tanggapan tentang vibrasi positif tersebut. Ada tiga pendekatan yang digunakan. Pertama, saya meminjam mata ayah saya lewat jepretan kamera yang tersimpan  dalam album foto tua milik beliau. Kedua, pengalaman inderawi saya selama tinggal sebagai seniman tamu di Amsterdam, Belanda. Ketiga, pertemuan imajiner  pada ruang yang sama antara saya dan ayah saya di kampung halaman saya. Semua pendekatan tersebut pada dasarnya adalah pendekatan nostalgik menyangkut pergeseran nilai-nilai budaya dan ekologi yang tengah terjadi."


--
PLATFORM3 is an initiative space with focus activities on exhibition and artist in residence programs. In holding its activities, PLATFORM3 attempts to develop artist's thematic and artistic ideas through intense discussions. All exhibitions held by PLATFORM3 underline every artist's statement as the most important aspect.

PLATFORM3 is initiated by three curators: Aminudin TH Siregar, Rifky Effendy and Agung Hujatnikajennong; and three artists: J.A. Pramuhendra, Radi Arwinda and Wiyoga Muhardanto. While Heru Hikayat, Herra Pahlasari and Inen work as operational managers.

URL: http://infoplatform3.wordpress.com/

__._,_.___

Attachment(s) from Heru Hikayat

1 of 1 Photo(s)

Recent Activity:
blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment